Pengulangan (Loop) pada Python
Pernahkah kalian menghitung angka dari satu sampai seratus? Atau, menulis kata yang sama sebanyak beberapa kali?

Pada bahasa pemrograman Python (Logikanya) kita dapat menampilkan suatu hasil sebanyak beberapa kali dengan menggunakan kode seperti berikut:

print("1")
print("2")
print("3")
...
...
print("100")

Tetapi, menulis Statement sebanyak 100 kali seperti pada contoh diatas bukanlah suatu hal yang cocok bagi bahasa pemrograman. Maka dari itu, Python menyediakan cara yang lebih efisien untuk melakukan hal tersebut yang dikenal dengan istilah Loops (Pengulangan).

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Membuat Suatu Keputusan pada Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Loop pada Python

Kita dapat menggunakan Loops untuk menjalankan Statement sebanyak beberapa kali. Terdapat dua tipe Loops pada Python, yaitu For Loop dan While Loop.

For Loop

For Loop dapat kita gunakan untuk mengulangi suatu urutan. Berikut adalah contoh penulisannya:


for variabel in urutan:
    statement

Pada contoh penulisan diatas, variabel tertuju pada variabel Counter (penghitung). Variabel itulah yang akan diperbarui setiap kali Loop dijalankan. Sedangkan urutan terdiri dari data yang akan diulangi. Sekarang, mari kita lihat contoh kode aslinya:

for angka in range(1, 101):
    print(angka)

Hasil dari contoh kode diatas akan menampilkan angka dari 1 sampai dengan 100. range adalah salah satu fungsi pada Python yang akan membawa nilai awal dan nilai akhir.

Fungsi range juga akan membuat daftar angka secara otomatis dari nilai awal inkuslif, dan nilai akhir ekslusif. Disini, nilai inklusifnya adalah 1 dan eksklusifnya adalah 101.

Jika didalam fungsi range() hanya ada satu nilai, kita asumsikan jika angka awalnya adalah 0. Maka, fungsi tersebut juga akan membuat daftar angka. Jadi, fungsi range(100) dan range(0, 100) juga akan menghasilkan output yang sama.

Parameter ketiga juga dapat dilewati pada fungsi range yang memiliki arti step. Step adalah angka dimana nilai index akan berubah setiap kali loop dijalankan. Secara Default, nilai dari step adalah 1. Berikut adalah contoh parameter dari step:

range(0, 10, 2)

Hasil dari contoh kode diatas akan menjadi seperti berikut:

0
2
4
6
8

Bagaimana jika kita ingin hanya ingin menampilkan angka ganjil dari 1 sampai 10? Disini, kita dapat menuliskannya seperti berikut:

for angka in range(1, 10, 2):
    print(angka)

Hasil dari contoh kode diatas akan menghasilkan output angka ganjil yang ada diantara angka 1 sampai 10 sehingga hasilnya akan seperti berikut:

1
3
5
7
9


While Loop

Sekarang, mari kita bahas tentang While Loop. While Loop dapat bekerja berdasarkan suatu kondisi. Contoh:

while kondisi:
    statement

Contoh diatas akan menjalankan statement di bawahnya secara berulang sampai kondisinya menghasilkan false (salah) - dimana kondisi mewakili kondisi yang harus di cek setiap kali loop dijalankan.

Sedangkan statement tertuju pada suatu tugas yang ingin kita ulang. Perhatikanlah contoh kode berikut:

angka = 0
while (angka < 10):
    print(angka)
    angka = angka + 1 # Menambahkan nilai dari variabel angka dengan 1

Pada contoh kode diatas, kita dapat melihat bahwasannya variabel angka memiliki nilai 0. Jika kita ibaratkan kondisi While Loop diatas dengan bahasa manusia, maka ia akan berkata "Ulangi hal ini sampai nilai dari angka kurang dari 10". Setelah statement print, kita juga memberitahukan program untuk menambahkan nilai hasil dengan angka 1. Hal ini tentu saja hampir mirip dengan step pada fungsi range.

Output dari contoh kode diaas akan menghasilkan angka dari 0 sampai 9:

0
1
2
3
4
5
6
7
8
9


Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Pengulangan (Loop) pada Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Fungsi pada Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar