Membuat Suatu Keputusan pada Python
Sadarkah kalian, segala sesuatu yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan suatu keputusan? Contoh, Apakah Saya Lapar? Jika iya, apa yang harus dimakan? Jika tidak lapar, maka saya harus melakukan pekerjaan apa.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Memprogram Input (Masukkan) pada Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Decision-Making (Membuat Keputusan)

Suatu program juga membutuhkan suatu keputusan. Untuk membuat keputusan pada bahasa pemrograman Python, kita dapat menggunakan Statement Decision-Making (Membuat Keputusan).

Statement Decision-Making pada Python terdiri dari if, if-else dan if-elif. Sekarang, mari kita bahas tentang cara membuat suatu program yang dapat mengambil suatu keputusan.

Statement if

Statement if dapat kita gunakan untuk mengecek jika (if) suatu kondisinya itu benar (true) atau salah (false). Pada bahasa pemrograman Python, untuk menandakan blok kode, kita memerlukan Indentation. Indentation adalah spasi tambahan pada blok kode. Berikut adalah contoh kode dari Statement if dengan Indentation:


if kondisi:
    statement if true

Tanda titik dua : pada Python digunakan untuk membuat kode agar dapat menjadi mudah untuk dibaca dan membaginya menjadi bagian expresi yang berbeda. Sekarang, mari kita pahami lebih lanjut tentang cara penggunaan statement if:

if 10 == 10:
    print("Benar")

Pada contoh kode diatas, statement if memiliki kondisi yaitu 10 == 10 (Angka 10 itu sama seperti 10) yang tentunya akan menghasilkan benar (true). Lalu, jika kondisinya adalah benar, maka program akan menampilkan teks "Benar" pada layar.

Tanda == (sama dengan) adalah operator yang dapat kita gunakan untuk membandingka dua entity. Agar semakin jelas, perhatikan contoh berikut:

if 1 > 10:
    print("Benar")

Pada contoh kode diatas, statement if memiliki kondisi yaitu 1 > 10 (Angka 1 lebih besar dari angka 10) yang tentunya akan menghasilkan salah (false). Maka dari itu, blok kode dibawahnya tidak akan muncul.

Statement else

Statement else dapat kita gunakan bersamaan dengan statement if. Dalam hal ini, ketika kondisi yang ada di dalam if adalah salah (false), maka statement yang ada di bawah statement else akan muncul. Berikut adalah contoh penulisannya:


if kondisi:
    statement if true
else:
    statement if false

Statement else pasti selalu ditulis setelah statement if. Sekarang, mari kita pahami lebih lanjut.

if 5 == 3:
    print("Benar")
else:
    print("Salah")

Pada contoh kode diatas, statement if memiliki kondisi yaitu 5 == 3 (Angka 5 itu sama seperti 3) yang tentunya akan menghasilkan salah (false). Maka program tidak akan menampilkan blok kode yang ada di statement if, melainkan pada blok kode yang ada di bawah statement else. Jadi, outputnya akan seperti berikut:

salah

Statement elif (if-else)

Jika kita ingin mengecek beberapa kondisi sekaligus, kita dapat menggunakan statement elif. Berikut adalah contoh kodenya:

if kondisi1:
    statement
elif kondisi2:
    statement
elif kondisi3:
    statement
else:
    statement

Statement elif pasti muncul setelah statement if dan tidak akan ada jika hanya satu statment. Statement elif juga akan dicek secara berurutan. Kita dapat mengecek berapapun banyaknya kondisi yang kita inginkan, contoh:

if 5 == 4:
    print("Ini Statement if")
elif 4 == 4:
    print("Ini Statement elif")
elif 3 >= 9:
    print("Benarkah")
else:
    print("Coba Lagi")

Dalam blok if-elif, semua kondisi akan di cek dan diuji sampai kondisi yang benar (true) telah ditemukan. Pada kode diatas, kondisi kedualah yang akan menghasilkan benar (true) sehingga outputnya akan menjadi seperti berikut:

Ini Statement elif

Jika semua kondisi elif hasilnya adalah salah (false), maka blok kode yang ada dibawah statement else akan dijalankan.

Kesimpulan

  • Sama seperti manuasia, komputer juga memiliki suatu keputusan.
  • Python menyediakan statement untuk membuat suatu keputusan dengan menggunakan if, if-else dan if-elif.
  • Statement if dapat digunakan untuk menguji satu kondisi, else digunakan untuk memeberitahukan komputer tentang apa yang harus dilakukan jika statement yang diberikan hasilnya adalah benar (true).
  • Untuk mengecek beberapa kondisi, kita dapat menggunakan statement if-elif.

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Membuat Suatu Keputusan pada Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Pengulangan (Loop) pada Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar