Fungsi pada Bahasa Pemrograman Python
Pernahkah kalian membayangkan tentang cara menulis kode yang sama untuk beberapa program yang berbeda tanpa menuliskan kode yang sama secara berulang-ulang? Dalam hal ini, kita dapat menggunakan Fungsi (Function) Python.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Pengulangan (Loop) pada Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.

Fungsi pada Python

Fungsi (Functions) adalah susunan instriksi yang dapat melakukan suatu tugas tertentu dan dapat kita gunakan beberapa kali pada program yang berbeda. Perhatikanlah contoh kode berikut:


angka1 = angka1 + angka2
angka2 = angka3 = angka4
angka3 = angka5 + angka6

Jika kita ingin melakukan penambahan pada variabel seperti diatas, kita memerlukan statement yang sama sebanyak tiga kali.

Function dapat kita gunakan untuk melakukan operasi penambahan seperti diatas tanpa menulis kode yang sama secara berulang-ulang.

Cara Membuat Fungsi Python

Fungsi pada Python dapat ditulis seperti berikut:

def namaFungsi (parameter):
    statement
    return hasil

Disini, def kita gunakan untuk mendeklarasikan suatu fungsi. namaFungsi adalah nama dari fungsi itu sendiri. Suatu fungsi dapat mengambil/tidak mengambil parameter. parameter terdiri dari variabel yang digunakan oleh fungsi, contohnya seperti dua angka yang ingin dijumlahkan. statement adalah operasi yang akan kita jalankan. Terakhir, statement return kita gunakan untuk menampilkan outputnya. Kalian juga dapat untuk tidak menggunakannya jika kalian tidak memiliki nilai yang ingin ditampilkan.

Sekarang, mari kita mulai dengan membuat fungsi yang sangat simple:

def haloSemuanya():
    print("Halo Semuanya")

Itulah contoh kode jika kita ingin membuat fungsi pada Python. Fungsi diatas tidak mengambil parameter dan akan menampilkan teks "Halo Semuanya" setiap kali fungsi tersebut dipanggil.

Jadi, jika kalian ingin menampilkan teks Halo Semuanya sebanyak beberapa kali, kalian tidak perlu menuliskan statement print("Halo Semuanya") secara berulang-ulang.

Sekarang, mari kita lihat contoh fungsi lain yang dapat membawa dua parameter dan menghasilkan suatu hal:

def tambahAngka(angka1, angka2):
    jumlah = angka1 + angka2
    return jumlah

Contoh fungsi diatas akan membawa masing-masing dari dua parameter angka1 dan angka2 serta menyimpan hasil penjumlahan pada variabel jumlah, terkahir adalah menampilkan jumlahnya.

Memanggil Fungsi Python

Sekarang, mari kita lihat cara memanggil dan menggunakan fungsi pada Python. Untuk menggunakan fungsi yang telah kita tentukan sebelumnya, kita harus memanggil fungsi tersebut. Berikut adalah contoh untuk memanggil fungsi pada Python:

namaFungsi(parameter)

Seperti contoh diatas, untuk memanggil suatu fungsi, kita harus menentukan nama dari fungsi dan parameter yang berada diantara tanda buka dan tutup kurung (...).

Sadarkah kalian bahwasannya dari awal pembejaran ini, kita telah mempelajari cara menampilkan suatu hal pada layar dengan menggunakan print(). print() juga merupakan fungsi bawaan (Built-In Function) yang telah dibuat ada (Predefined) pada Python.

Jika kita tidak ingin menggunakan fungsi print(), mungkin kita harus menggantikannya dengan beberapa baris kode Python. Jika tidak ada fungsi pada Python, mungkin kita harus menulis kode yang sama secara berulang-ulang. Mari kita lihat skenario lain:

def haloSemuanya(): # Menentukan fungsi haloSemuanya
    print("Halo Semuanya")

haloSemuanya() # Memanggil fungsi haloSemuanya

Contoh kode diatas akan menampilkan teks Halo Semuanya pada layar. Kita dapat memanggil fungsi sebanyak yang kita mau. Sekarang, mari kita cari tahu tentang cara menggunakan paramater untuk melakukan suatu operasi:

def tambahAngka(angka1, angka2):
    jumlah = angka1 + angka2
    print(jumlah)
    return

tambahAngka(2, 3)
tambahAngka(4, 6)

Disini, kita telah memanggil fungsi tambahAngka dan memanggilnya sebanyak dua kali serta melewati dua angka untuk melakukan operasi penambahan. Hasil dari contoh kode diatas akan menjadi seperti berikut:

5
10


Kesimpulan

  • Fungsi pada Python dapat kita gunakan secara berulang-ulang untuk melakukan suatu tugas tertentu.
  • Fungsi pada Python harus di deklarasikan dengan menggunakan keyword (kata kunci) def.
  • def harus diikuti dengan nama dari suatu fungsi serta dapat memiliki paramater. Badan dari suatu fungsi terdiri dari statement yang ingin dijalankan.
  • Fungsi dapat dipanggil dengan menggunakan nama dari suatu fungsi diikuti dengan tanda buka dan tutup kurung serta beberapa parameter (Jika ada).

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Fungsi pada Bahasa Pemrograman Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Operasi Angka dan String pada Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar