Memprogram Input (Masukkan) pada Python
Pada bagian sebelumnya, kita telah belajar tentang cara menyimpan suatu nilai kedalam variabel serta cara menggunakkannya pada Python. Tetapi, bagaimana jika kita ingin membuat suatu nilai variabel yang diambil dari input pengguna?

Dalam hal ini, kita dapat membuat program dapat menjadi lebih interaktif dan fleksibel. Mari kita bahas lebih lanjut.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Menyimpan Data pada Bahasa Pemrograman Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Fungsi input

Fungsi input() pada Python dapat kita gunakan untuk mengambil masukkan (Input) dari pengguna. Sama seperti fungsi print(), fungsi input() juga merupakan fungsi bawaan (Built-In Function) dari Python. Berikut adalah contoh penulisannya:


inputVariabelKu = input("Masukkan angka: ")

Disini, inputVariabelKu adalah variabel yang dapat menyimpan nilai yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi input() juga dapat menerima input berupa string. Hasil dari kode diatas akan menjadi seperti berikut:

Masukkan angka: 

Disana, pengguna dapat memasukkan suatu nilai kedalmnya. Misal, disini pengguna memasukkan angka 50:

Masukkan angka: 50

Jika kita menambahkan fungsi print(inputVariabelKu) di bagian akhir pada kode diatas, program akan menampilkan nilai dari variabel inputVariabelKu. Contoh:

print(inputVariabelKu)

Hasilnya akan seperti berikut:

50

Tips:
Terdapat beberapa simbol operator dari Python yang perlu kalian ketahui:
  • ==  - Membandingkan dua nilai
  • >= - Mengecek jika suatu nilai yang ada disebelah kiri lebih besar dari atau sama dengan nilai yang ada disebelah kanan
  • != - Mengecek jika suatu nilai yang ada disebelah kiri tidak sama dengan nilai yang ada disebelah kanan
  • % - Mengembalikan pengingat setelah pembagian pada suatu nilai yang ada disebelah kiri dengan nilai yang ada disebelah kanan

Melakukan Penambahan Dua Angka

Bagaimana jika kalian ingin menanyakan pengguna untuk menambahkan dua angka yang berbeda. Dalam hal ini, kalian dapat menanyakan kepada pengguna tentang dua angka. Misal, 5 dan 10. Setelah itu, kalian dapat melakukan operasi penambahan. Contoh 5 + 10 sama dengan 15. Terakhir, memberitahukan hasilnya kepada pengguna, yaitu 15.

Disini, kita dapat melakukan hal yang sama ketika menulis suatu program untuk melakukan penambahan dari dua angka yang berbeda. Sekarang, mari kita tulis sebuah program yang akan menanyakan dua angka yang berbeda dari pengguna kemudian melakukan operasi penambahan dari angka tersebut. Selanjutnya, kita juga perlu menampilkan hasilnya pada layar.

Kita membutuhkan tiga variabel. Variabel pertama untuk menyimpan angka pertama. Misal, variabel angka1. Variabel kedua untuk untuk menyimpan angka kedua. Misal, variabel angka2. Variabel ketiga untuk menyimpan penjumlah dari variabel angka1 dan angka2. Misal, hasil.

Kemudian, kita juga membutuhkan fungsi input() dan print(). Selanjutnya, kita juga membutuhkan operator penjumlahan yaitu + dan operator sama dengan = untuk menyimpan dan menampilkan hasilnya.

Berikut adalah contoh kodenya:

angka1 = int(input("Masukkan angka pertama: ")) # Mangambil input angka pertama
angka2 = int(input("Masukkan angka kedua: ")) # Mengambil input angka kedua

hasil = angka1 + angka2 # Melakukan penambahan dari angka1 dan angka2 serta menyimpan hasilnya

print(hasil) # Menampilkan hasil penjumlahan pada layar

Catatan:
Ketika kita menerima input dari pengguna dengan menggunakan fungsi input(), kita tidak akan tahu bahwa input tersebut string atau angka. Jadi, pada contoh kode diatas, untuk menambahkan dua angka, kita harus menggunakan tipe angka.

Maka dari itu, kita harus mengubah input kedalam bentuk angka. Disini, kita menggunakan int() untuk mengubah integer, dan float() untuk mengubah float.

Bisakah kalian membayangkan hasil output dari contoh kode/program diatas?

Contoh, misalnya disini pengguna memasukkan angka 4 pada input angka pertama, dan angka 6 pada input angka kedua. Maka hasilnya akan seperti berikut:

Masukkan angka pertama: 4
Masukkan angka kedua: 6
10

Keterangan:
  1. Pada baris pertama, program akan menanyakan kepada pengguna untuk memasukkan angka pertama.
  2. Pada baris kedua, program akan menanyakan kepada pengguna untuk memasukkan angka kedua.
  3. Pada baris ketiga, program akan menjumlahkan input pertama dan kedua.

Untuk melakukan pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi matematika lainnya, kita juga dapat menggunakan contoh penulisan kode seperti diatas.

Perlu diingat bahwasanya fungsi input akan menunggu pengguna sampai memasukkan suatu nilai dan menekan tombol enter.

Kesimpulan

  • Disini, kita telah belajar cara menggunakan fungsi input() untuk menerima masukkan dari pengguna.
  • Kita juga telah belajar bagaimana cara memanfaatkan suatu nilai yang tersimpan pada variabel untuk dapat digunakan pada operasi matematika serta menampilkan hasilnya pada layar.

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Memprogram Input (Masukkan) pada Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Membuat Suatu Keputusan pada Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar