Cara Cek Plagiasi Dokumen Jurnal dan Skripsi dengan Turnitin secara Gratis!

Cara cek plagiasi atau plagiat dokumen Jurnal atau Skripsi dengan Turnitin secara Gratis untuk Mahasiswa/Mahasiswi

Cara Cek Plagiasi Dokumen Jurnal dan Skripsi dengan Turnitin secara Gratis!

Dalam dunia perkuliahan, Plagiasi atau Plagiat pasti sudah menjadi hal yang familiar dengan. Pada umumnya, setiap Universitas atau Perguruan Tinggi saat ini mewajibkan para mahasiswa atau mahasiswinya untuk mengecek Plagiasi di setiap Jurnal dan Skripsinya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada mahasiswa dan mahasiswi terhadap banyaknya tugas yang mereka kerjakan - yang seharusnya dengan cara mandiri tapi malah menggunakan cara yang Mainstream yaitu Copas (Copy/Paste).

Salah satu alasan ketika menggunakan cara Copas adalah agar tugasnya dapat cepat terselesaikan, benar bukan? Umumnya, untuk mengecek Plagisi yang disarankan adalah menggunakan Platform Turnitin.

Pada kali ini, penulis yang juga seorang mahasiswa teladan akan berbagi tips serta cara untuk mengecek plagiasi jurnal dan skripsi atau dokumen lainya secara gratis dengan Turnitin. Tapi, hal ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan membutuhkan waktu sektiar 3-5 jam atau kurang dari 12 jam dan hasil cek plagiasi tersebut akan dikirimkan melalui E-mail aktif kita.

Menyiapkan Dokumen untuk Cek Plagiat

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan dokumen atau file yang akan di cek Plagiasinya. Bisa dalam bentuk Microsoft Word (.docx) atau PDF. Tetapi, penulis menyarankan untuk menggunakan Dokumen berformat PDF.

Cek Plagiat

Jika file dokumen sudah dipersiapkan, maka selanjutnya adalah mengunjungi situs Turnitin - Plagiarism Checker. Scroll kebawah sampai kalian melihat tampilan form seperti berikut:

Website Cek Turnitin Gratis!

Lakukan pengisian form sesuai dengan pernyataan yang tertera pada formnya yaitu:

  1. Name - Isi dengan nama kalian (Wajib diisi).
  2. Email - Isi dengan Email aktif kalian, karena hasil plagiasi nantinya akan dikirim melalui email kalian (Wajib diisi).
  3. Paper Title - Isi dengan judul jurnal atau skripsi (Wajib diisi).
  4. Did you subscribe to our Youtube channel? - Pilih Yes saja (Walaupun belum Subscribe, hehe).
  5. File Upload - Silahkan diklik dan pilih File Dokumen yang ingin kalian cek Plagiasinya.
  6. Jika sudah diisi semua, silahkan klik tombol Submit.

Cek Plagiasi dengan Turnitin di situs ini gratis yaa, jadi mohon bersabar jika hasil plagisinya membutuhkan waktu yang agak lama.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Diskusikan

0 Diskusi