Cara Memperbaiki Penggunaan Disk 100% pada Windows 10

9 Cara terbaik untuk memperbaiki atau mengatasi penggunaan Disk (Disk Usage) yang mencapai 100% pada Windows 10.

Cara Memperbaiki Penggunaan Disk 100% pada Windows 10

Bagi kalian pengguna Windows 10 yang mengalami masalah lambatnya kinerja sistem. Maka artikel ini sangatlah cocok bagi kalian. Kalian dapat menggunakan Task Manager yang sudah ada pada Windows 10 untuk melihat informasi mengenai proses manakah yang membuat sistem menjadi Lambat.

Kalian dapat memantau metrik penggunaan Disk atau penyimpanan didalam Task Manager. Jika kalian mengalami masalah penggunaan Disk atau Disk Usage yang sudah mencapai 100%, maka kinerja sistem tentu saja akan menurun dan kalian perlu mengambil suatu tindakan.

Tidak sedikit pengguna yang menggunakan Windows 10 mengeluh karena masalah ini dan mengalami kinerja komputer atau laptop yang lambat.

Disini, penulis akan menunjukkan beberapa metode yang dapat kalian gunakan untuk memperbaiki masalah Disk Usage yang tinggi khususnya pada sistem operasi Windows 10.

Me-Restart Sistem

Menjalankan ulang atau me-Restart sistem biasanya dapat menyelesaikan semua jenis masalah, tidak terkecuali dengan penggunaan Disk yang mencapai 100%. Meskipun bagi beberapa pengguna cara ini tidaklah menyelesaikan masalah, namun apa salahnya jika kalian mencobanya terlebih dahulu.

Kalian dapat menggunakan pilihan "Restart" untuk mulai menjalankan ulang sistem dalam keadaan segar atau Fresh.

Memperbarui Windows 10

Meng-instal pembaruan terbaru biasanya dapat menyelasikan masalah yang ada di Windows 10. Kalian dapat melihat apakah sistem yang kalian gunakan sudah menggunakan versi terbaru atau belum dengan cara masuk ke bagian "Update and Security" pada Pengaturan atau Settings.

Kalian dapat memeriksa pembaruan terbaru dan meng-instal nya jika tersedia dengan cara masuk ke Settings > Update & Security settings > Windows Update.

Mengecek Malware atau Virus

Komputer kalian mungkin saja terinfeksi dengan Malware atau Virus yang menyebabkan penggunaan disk menjadi melonjak tinggi. Jika kalian memiliki perangkat lunak atau Software Antivirus yang berjalan di latar belakang atau Background, seharusnya dapat mendeteksi masalah.

Tidak ada yang sempurna. Jadi, kalian dapat memaksa Antivirus untuk melakukan Scanning pada Hard Drive untuk menemukan Virus atau sejenisnya.

Proses ini biasanya dapat memakan waktu karena penggunaan Disk yang sudah tinggi tetapi mungkin diperlukan untuk meng-identifikasi dan menghapus Software berbahaya.

Menonaktifkan Windows Search

Banyak pengguna yang menyarankan untuk menonaktifkan Windows Search karena dapat menyebabkan penggunaan Disk yang tinggi. Untuk menghentikan atau menonaktifkan sementara fitur Windows Search dan melihat apakah masalah yang kalian alami dapat teratasi, kalian dapat membuka Command Prompt (CMD) dengan menjalankan sebagai Administrator (Run as Administrator), lalu masukkan perintah berikut kedalamnya:

net.exe stop "Windows search"

Perintah diatas berfungsi untuk menghentikan pencarian pada Windows agar tidak berjalan hingga sistem dijalankan ulang.

Jika ternyata Windows Search bertanggungjawab atas penggunaan disk pada Windows 10 yang mencapai 100%, kalian dapat menonaktifkannya secara permanen dengan mengikuti beberapa tahap berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R pada Keyboard, dan ketikkan services.msc lalu tekan tombol Enter;
  2. Akan muncul jendela baru. Pilih Windows Search dan klik dua kali untuk memperbarui propertinya;
  3. Di bawah Startup Type, pilih Disabled dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Menghentikan Service Superfetch

Fitur Windows 10 lainnya yang dapat menyebabkan masalah adalah layanan atau Service Windows Superfetch. Kalian dapat menonaktifkan layanan ini untuk sementara dengan cara yang mirip dengan Menonaktifkan Windows Search, yaitu dengan menggunakan perintah perintah:

net.exe stop superfetch

Untuk menonaktifkan Superfecth Service secara permanen, caranya juga sama seperti menonaktifkan pencarian Windows diatas.

Mengubah Energy Options dari Balanced ke High Performance

Perubahan pengaturan energi ini tampaknya dapat berhasil untuk sejumlah pengguna yang telah mengalami penggunaan disk 100% pada Windows 10. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Tekan tombol Windows pada Keyboard dan ketikkan Choose Power Plan;
  2. Akan muncul jendela Control Panel, klik pada Create Power Plan yang ada di sisi kiri panel;
  3. Pilih High Performance;
  4. [Opsional] Masukkan nama Power Plan, contoh "My Custom Plan 1";
  5. Klik tombol Next, dan terakhir klik tombol Create.

Menonaktifkan Antivirus

Cara lain yang harus diambil ketika mengetahui penyebab di balik masalah penggunaan Disk Windows 10 yang mencapai 100% adalah dengan mematikan Antivirus untuk sementara.

Kalian dapat melihat apakah cara tersebut dapat meningkatkan penggunaan Disk atau tidak. Jika iya, kalian mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengubah paket antivirus. Biasanya, Windows Defender juga dapat menyebabkan masalah dengan meningkatkan I/O (Input atau Output) dan penggunaan jaringan yang dapat menyebabkan penggunaan disk yang tinggi.

Me-Reset Virtual Memory

Virtual Memory atau memori virtual dapat memperlakukan disk seolah-olah itu adalah Random Access Memory (RAM) dan menggunakannya untuk menukar file sementara ketika RAM yang sebenarnya telah habis. Kesalahan di pagefile.sys dapat menyebabkan 100% penggunaan disk pada Windows 10. Solusi untuk masalah ini adalah mengatur ulang atau me-reset pengaturan memori virtual.

Berikut adalah beberapa tahap untuk me-reset Memori Virtual:

  1. Tekan tombol Windows pada Keyboard, ketikkan dan pilih Advanced System Settings;
  2. Akan muncul jendela baru. Pada Tab Advanced, di bagian Performance, klik tombol Settings;
  3. Akan muncul jendela baru kedua, Pada Tab Advanced, di bagian Virtual Memory, klik tombol Change...;
  4. Akan muncul jendela baru ketiga. Disini, pastikan kalian telah mencentang "Automatically manage paging file size for all drives";
  5. [Opsional] Kalian juga dapat menghapus centang pada "Automatically manage paging file size for all drives" untuk memilih No paging file;
  6. Tekan tombol OK pada jendela ketiga dan kedua. Pada jendela pertama, klik tombol Apply kemudian OK;
  7. Restart Windows 10.

Pengaturan diatas dapat menghambat penggunaan Virtual Memory dan dapat meningkatkan Kinerja Disk pada Sistem.

Menjalankan Check Disk

Check Disk atau pemeriksaan disk dapat menunjukkan apakah ada masalah fisik dengan hard drive atau tidak. Biasanya, penggunaan disk yang tinggi menunjukkan bahwa terdapat aplikasi atau masalah logis yang mendorong penggunaan disk, tetapi perlu waktu untuk mengesampingkan kerusakan fisik. Untuk itu, kalian dapat menjalankan Check Disk serta melihat hasilnya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki masalah Disk 100% yang dapat penulis bagikan. Semoga salah satunya dapat memperbaiki masalah yang kalian alami.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Updated: Monday, 08 March 2021

Diskusikan

0 Diskusi