Mengenal Tuple pada Python
Tuple adalah struktur data (sama seperti List) yang dapat kita gunakan untuk menyimpan beberapa nilai. Nilai tersebut dapat berupa tipe yang sama maupun berbeda. Tetapi, jika Tuple hampir sama seperti List, maka kita tidak perlu menggunakannya bukan?

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang List pada Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Membuat Tuple pada Python

Tuple adalah urutan item yang dipisahkan dengan tanda koma ,. Item tersebut di kelilingi dengan tanda buka dan tutup kurung (...). Disini, kita dapat menggunakan variabel untuk menyimpan nilai Tuple. Contoh:


tuple = (2, 4, 6, 8, 10)

Tuple yang mirip seperti list juga dapat menyimpan nilai dalam tipe yang berbeda. Contoh:

tuple = (2, "Empat", 6, "Delapan", 10)

Item pada Tuple juga dapat ditandai dengan menggunakan posisi index, masih sama seperti List yaitu diawali dengan angka 0. Contoh:

tuple = (2, 4, 6, 8, 10)

Dari contoh kode diatas, angka 2 memiliki posisi index yaitu 0, angka 4 pada posisi index 1, angka 6 pada posisi index 2, dan seterusnya.

Mengakses Data pada Tuple

Item yang ada di dalam List dapat diakses dengan menggunakan nomor posisi index-nya. Untuk mengakses item yang ada di dalam Tuple, kita harus menuliskan nama dari Tuple diikuti dengan nomor/posisi Index dari item tersebut yang dikelilingi dengan Square Bracket. Contoh:

tuple = (2, 4, 6, 8, 10)

Jika kita ingin mengakses nilai 6, maka kita dapat menggunkan kode berikut:

tuple[2]

Untuk menampilkan hasilnya, kita dapat menggunakan fungsi print(). Contoh:


tuple = (2, 4, 6, 8, 10)

print( tuple[2] )

Outputnya akan seperti berikut:

6

Untuk hal lainnya seperti Mangakses Data, Memperbarui Data, dan Menghapus Data pada Tuple. Kita dapat melakukan cara yang sama seperti List.

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Tuple pada Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Dictionary pada Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar