List pada Python
Pada Python, List adalah struktur data dapat digunakan untuk menahan/menyimpan beberapa nilai. Nilai tersebut bisa sama dan bisa berbeda. Struktur Data (Data Structure) adalah format untuk menyimpan data.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Operasi Angka dan String pada Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Membuat List pada Python

List terdiri dari beberapa item yang dipisahkan dengan tanda koma ,. Item tersebut dikelilingi dengan Square Bracket [...]. Kita juga dapat menyimpan List kedalam variabel, contoh:


list = [2, 4, 6, 8, 10]

Selain itu, kita juga dapat menyimpan beberapa jenis nilai kedalam List seperti String, angka, dll. Contoh:

list1 = [12, "Halo", 14, "Semuanya"]

Item yang ada di dalam list ditandai dengan posisinya. Posisi tersebut dikenal dengan istilah Index. Penghitungan posisi Index diawali dari angka 0. Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

Dari contoh kode diatas, angka 2 memiliki posisi index yaitu 0, angka 4 pada posisi index 1, angka 6 pada posisi index 2, dan seterusnya.

Mengakses Data pada List

Item yang ada di dalam List dapat diakses dengan menggunakan nomor posisi index-nya. Untuk mengakses item yang ada di dalam List, kita harus menuliskan nama dari List di ikuti dengan nomor/posisi Index dari item tersebut yang dikelilingi dengan Square Bracket. Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

Jika kita ingin mengakses nilai 6, maka kita dapat menggunkan kode berikut:

list[2]

Untuk menampilkan hasilnya, kita dapat menggunakan fungsi print(). Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

print( list[2] )

Outputnya akan seperti berikut:

6

Untuk mengakses semua item, kita dapat menuliskan nama dari list, atau meng-index semua elemen secara langsung. Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

print( list[:] )

Outputnya akan seperti berikut:

[2, 4, 6, 8, 10]

Sedangkan untuk mengakses beberapa item saja, misalnya menampilkan list dari awal sampai nomor index tertentu, kita dapat menulis kodenya seperti berikut:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

print( list[:3] )

Outputnya akan seperti berikut:

[2, 4, 6]

Ketika nomor indexnya berada di sebelum tanda titik dua :, maka urutan indexnya diawali dari angka 0. Untuk mengakses elemen dari index 2 sampai akhir, kita dapat menuliskan kodenya menjadi seperti berikut:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

print( list[2:] )

Outputnya akan seperti berikut:

[6, 8, 10]

Memperbarui Data pada List

Sampai bagian ini, kita telah mempelajari cara mengakses List. Sekarang, kita akan belajar cara memperbarui nilai yang ada pada List. Untuk menyelesaikannya, pertama-tama kita harus mengakses item dan menambahkan nilai baru kedalamnya. Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]

Untuk memperbarui nilai dari item pada posisi index ke 3 (setelah angka 8), kita dapat menggunakan contoh kode berikut:

list[3] = 9

Jika kalian bisa bereksperimen untuk menampilkan hasilnya, maka kalian akan melihat output yang akan menjadi seperti berikut:

[2, 4, 6, 9, 10]

Kita juga dapat menambahkan item. Untuk menambahkan item diakhir list, kita dapat menggunakan fungsi append(). Contoh:

list.append(12)

Disini, kita akan menambahkan nilai 12 diakhir List serta memperbarui list sehingga hasilnya akan seperti berikut:

[2, 4, 6, 9, 10, 12]

Menghapus Data pada List

Sama seperti menambahkan item kedalam list, kita juga dapat menghapusnya. Untuk menghapus item dari List, kita dapat menggunakan statement del diikuti dengan nama List dan nomor index yang berada didalam Square Bracket.

Sebagai contoh, mari kita hapus item yang ada di index 3 pada variabel list = [2, 4, 6, 8, 10]. Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan contoh kode seperti berikut:

del list[3]

Hasilnya akan seperti berikut:

[2, 4, 6, 10]

Kita juga dapat menggunakan fungsi remove(). Pada fungsi remove(), kita perlu menentukan elemen yang ingin kita hapus. Contoh:

list = [2, 4, 6, 8, 10]
list.remove(6)

print(list)

Hasilnya akan seperti berikut:

[2, 4, 8, 10]

Kesimpulan

  • Disini, kita telah belajar tentang List - yaitu struktur data yang dapat menyimpan beberapa nilai dari tipe yang sama ataupun berbeda.
  • Kita dapat menambahkan item kedalam list dengan menggunakan fungsi append().
  • Kita juga dapat memperbarui nilai pada list dengan menggunakan notasi Square Brackets dan nomor posisi index dari item diikuti dengan nilai barunya.
  • Untuk menghapus item, kita dapat menggunakan statement del. Selain itu, kita juga dapat menggunakan fungsi remove().

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang List pada Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Tuple pada Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar