Pengenalan dan Pendahuluan Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (High-Level Programming Language) yang menggunakan instruksi untuk mengajarkan atau memberitahukan komputer tentang cara melakukan suatu tugas.

Python dikembagkan oleh Guido Van Rossum dan dirilis pada tahun 1991 yang merupakan salah satu bahasa pemrograman Powerfull dan sangatlah mudah untuk di pelajari. Bahasa Pemrograman tingkat tinggi seperti Python, tertuju pada suatu bahasa pemrogram yang penulisannya hampir sama dengan bahasa manusia. Itulah sebabnya mengapa bahasa pemrograman Python disebut dengan High-Level Programming Language.

Python memiliki pendekatan yang mudah dengan Object-Oriented Programming (OOP). OOP adalah salah satu pendekatan yang digunakan untuk menulis suatu program. Selain itu, Python juga merupakan bahasa pemrograman yang gratis dan Open-Source.

Maksud dari Open-Source adalah bahwa kita dapat membaca/melihat, mengedit dan mendistribusikan kode dari suatu bahasa pemrograman.


Penggunaan Bahasa Pemrograman Python

Kita dapat melihat banyak sekali aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Dengan menggunakan Python, kita dapat membuat Aplikasi Web (Web Applications), Pengembangan Game (Game Development) dan Aplikasi Desktop (Desktop Applications). Selain itu, kita juga dapat menemukan aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Python pada Machine Learning dan Data Science.

Cara Kerja Bahasa Pemrograman Python

Berikut adalah beberapa tahap dari cara kerja Python:

  • Pertama-tama, kita harus menulis suatu instruksi yang tentunya dengan menggunakan bahasa Python.
  • Python merupakan bahasa pemrograman yang Interpreted(Interpreted Language). Artinya, untuk menjalankan program, kita tidak perlu melakukan kompilasi (Compile).
  • Program Python akan langsung berjalan pada Source Code.
  • Kemudian, Source Code akan diubah kedalam Bytecode dan bahasa asli dari komputer melalui Python Interpreter.
  • Terakhir, kode akan dijalankan dan hasilnya (Output) akan ditampilkan.

Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas pengenalan dan pendahuluan dari bahasa pemrograman Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Membuat Program dengan Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar