Pendahulan Tentang Selenium

Selenium berfungsi untuk mengapus pengulangan dalam melakukan uji coba (Testing) secara manual. Itulah mengapa Selenium dijuluki dengan Automation Star.

Selenium dapat kita gunakan untuk melakukan tes Automation yang dilakukan pada Web Browser. Dengan kata lain, Selenium merupakan Tool yang Open-Source untuk memvalidasi Aplikasi Web pada Web Browser yang berbeda-beda.


Apa itu Automation dan Validation?

Pada dasarnya, membuat sebuah sistem atau proses yang berjalan otomatis merupakan definisi dari Automation.

Mengapa Automation dan Validation itu Perlu?

Alasan mengapa Automation dan Validation itu perlu dilakukan adalah karena kita sebagai Developer tidak hanya menjalankan aplikasi Web tanpa melakukan pengujian (Testing) dan mengapus/memperbaiki Bug atau Error.

Selain itu, semua pengujian yang dilakukan berulang-ulang dan secara ketat juga harus dilakukan agar aplikasi yang dibuat menjadi lebih sempurna.

Sejarah Singkat Selenium

Selenium dibuat oleh Jason Huggins pada tahun 2004 yang merupakan seorang Engineer di ThoughtWorks (Software Consultancy). Tapi sebelum itu, mengapa dia menciptakan Selenium?

Pada suatu hari di ThoughtWorks, Jason Huggins sedang mengerjakan aplikasi web yang memerlukan pengujian. Dia membayangkan bahwa pengujian secara manual yang dilakukan secara berulang-ulang pada aplikasi yang dia kerjakan menjadi semakin tidak efisien. Pada akhirnya, dia menciptakan sebuah program JavaScript yang dapat mengontrol Automation dari suatu tindakan pada Browser yang diberi nama "JavaScriptTestRunner".

Singkat cerita, dia melihat potensi yang besar pada idenya untuk membantu pengujian pada Aplikasi Webnya sehingga dia menjadikan JavaScriptTestRunner sebagai project Open-Source yang kemudian namanya diubah menjadi Selenium Core.

Kesimpulan

Dari pembelajaran dasar kali ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Selenium dapat kita gunakan untuk melakukan pengujian secara otomatis (Automation Test) pada Web Browser yang berbeda-beda.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada bagian selanjutnya, terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar