Membuat Program Dengan Bahasa Pemrograman Python
Program adalah suatu instruksi untuk memberitahukan komputer tentang cara melakukan suatu tugas. Sedangkan Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu program.

Pada artikel kali ini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Python untuk memberikan instruksi kepada komputer. Contoh, Ketika kita mengklik tombol Play pada Media Player, maka musik/video akan diputar. Dibalik itu, Program bekerja untuk memberitahukan komputer dalam memutar media ketika tombol tersebut di klik.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah membaca bagian tentang Pendahuluan dan Pengenalan Tentang Bahasa Pemrograman Python karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian tersebut.


Menulis Program Dengan Python

Mari kita mulai menulis suatu program yang dapat menampilkan teks "Halo Semunya" pada layar. Bagaimana caranya? Mari kita bahas.

Untuk memberitahukan komputer tentang cara menampilkan sesuatu pada layar, kita dapat menggunakan statementprint, contoh:


print()

Statement diatas adalah fungsi bawaan (Built-In Function) pada Python untuk menampikan suatu hal pada layar. Fungsi bawaan (Built-In Function) tentunya sudah dibuat sebelumnya (Predefined) dan tentunya kita dapat langsung menggunakannya.

Segala hal yang ingin kita tampilkan pada layar harus ditulis di antara tanda kurung dan tanda petik dua("..."). Jadi, untuk menampilkan teks "Halo Semuanya", kita dapat menuliskannya seperti berikut:

print("Halo Semuanya")

Hasilnya akan seperti berikut:

Halo Semuanya

Mudah bukan?

Komentar pada Python

Komentar adalah sekumpulan teks yang akan diabaikan oleh Python Interpreter - yang biasanya digunakan untuk membuat kode atau Source Code menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain.

Python mendukung komentar satu baris (Single Line Comments). Artinya, komentar yang ditulis hanya mencakup satu baris teks saja.

Segala hal yang ditulis setelah tanda pagar# merupakan Single Line Comment. Contoh:

# Ini adalah komentar pada Python


Kesimpulan

Disini, kita telah mengetahui bahwasannya:
  • Program adalah suatu susunan instruksi untuk komputer.
  • Fungsiprint() dapat kita gunakan untuk menampilkan suatu hal pada layar.
  • Suatu hal yang akan muncul pada layar, harus ditulis diantara tanda kurung dan tanda petik("...").
  • print() adalah fungsi bawaan (Built-In Function) pada Python.
  • Tanda pagar# dapat kita gunakan untuk menulis komentar pada Python.


Bagian Selanjutnya

Pada bagian ini, kita telah membahas tentang Membuat Program dengan Bahasa Pemrograman Python. Pada bagian selanjutnya, kalian akan belajar tentang Menyimpan Data pada Bahasa Pemrograman Python.

Untuk melihat daftar isi dari Serial ini, kalian dapat melihatnya di halaman Tutorial Lengkap Dasar Python.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar