Cara Mengecek Batas Maksimal dari Kapasitas RAM

Pada dasarnya, semakin banyak kapasitas dari RAM, maka semakin lancar pula suatu program dapat berjalan. Bagaimanapun juga, semua komputer atau laptop pasti memiliki batas maksimum dari kapasitas RAM. Jadi, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui batas maksimum dari kapasitas RAM sebelum kita meng-upgradenya.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara termudah untuk melihat batas maksimum kapasitas RAM dari komputer ataupun laptop.

Menggunakan Command Prompt (Windows)

Berikut adalah cara melihat batas maksimum kapasitas RAM pada komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows:
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X pada Keyboard, lalu pilih Command Prompt.
  • Masukkan perintah berikut kedalam Command Prompt:
    wmic memphysical get maxcapacity

wmic memphysical get maxcapacity 

Kalian akan melihat batas maksimum dari kapasitas RAM dalam satuan kilobyte. Agar tidak bingung, kalian dapat mengkonversikan Kilobyte ke Gigabyte:

batas maksimum dari kapasitas RAM dalam satuan kilobyte

Jadi, pada contoh diatas, batas maksimum dari kapasitas RAM dari laptop saya adalah sebesar 16 GB. Tidak direkomendasikan bagi kita untuk menambahkan kapasitas yang melebihi batas. Jika kalian tetap menambahkannya, maka kapasitas lebihnya tidak akan berguna.

Jika kalian ingin melihat batas maksimal dari kapasitas RAM khususnya pada laptop, kalian juga bisa mencari rincian spesifkasi dari tipe laptop yang digunakan berdasarkan dengan nomor model atau nomor seri.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tampilkan 1 Komentar

1 Komentar

Posting Komentar