Penjelasan Tag b:class pada Blogger

Seperti namanya, <b:class> merupakan Tag untuk memasukkan atribut class pada elemen parent (Elemen diatasnya). Hampir sama seperti Tag <b:attr>, bedanya adalah Tag <b:class> tidak akan menggantikan atau mengubah nilai atribut yang sudah ada.

Contoh Penulisan Tag <b:class>

Berikut adalah contoh format penulisan dasar tag <b:class>:

<div>
    <b:class name="NAMA_CLASS" />
</div>

Pada contoh format kode diatas, nilai NAMA_CLASS akan ditambahkan secara otomatis pada elemen diatasnya sehingga elemen <div> akan menjadi <div class="NAMA_CLASS">.

Berikut adalah contoh format penulisan tag <b:class> dengan Conditional:

<div>
    <b:class cond="data:view.isHomepage" name="NAMA_CLASS" />
</div>

Pada contoh format kode diatas, nilai NAMA_CLASS akan ditambahkan secara otomatis pada elemen diatasnya selama halaman tersebut masih pada halaman utama (Homepage) karena terdapat tag Conditional (cond="data:view.isHomepage").

Jika elemen parent sudah memiliki atribut class dan sudah memiliki nilai di dalamnya, maka atribut <b:class> hanya akan memasukkan nilainya saja. Contoh:

<div class="satu">
    <b:class name="dua" />
</div>

Hasil dari contoh kode diatas akan menambahkan nilai class baru kedalam atribut class pada elemen parent. Sehingga elemen <div class="satu"> akan menjadi <div class="satu dua">:

<div class="satu dua">

</div>

Kita juga dapat memasukkan berapapun jumlah tag <b:class> dengan atau tanpa menggunakan tag Conditional.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tampilkan 1 Komentar

1 Komentar

Posting Komentar