Cara Membuat Halaman Redirect tanpa Script

Redirect terjadi ketika terdapat pengguna yang memasukkan URL dan Browser akan otomatis memindahkan ke halaman berbeda. Biasanya, Redirect digunakan ketika terdapat perubahan struktur atau halaman pada suatu Blog atau Website.

Ketika belajar tentang HyperText Transfer Protocol (HTTP), kalian haris memahami dasar tentang Response Code. Berikut adalah beberapa Response Code:
  • 1xx - Respon Informasi (Processing)
  • 2xx - Respon Sukses (OK)
  • 3xx - Respon Redirect (Moved Permanently)
  • 4xx - Respon Client Error (Not Found)
  • 5xx - Respon Server Error (Bad Gateway)

Misalkan kalian ingin menghapus halaman web lama dan membuat halaman web baru. Jika terdapat pengguna yang memasukkan URL halaman web lama pada Browser, maka akan muncul Response Code 404 (Not Found). Jika kita menggunakan HTML Redirect, maka akan muncul Responce Code 301 (Moved Permanenty) atau 302 (Found). Kode tersebut tidak dapat terlihat oleh pengguna, tetapi Browser akan memahaminya dan akan memindahkan pengguna ke URL baru.



Penulisan Kode Redirect

HTML Redirect juga dapat disebut dengan nama Meta Refresh Redirect atau HTML Meta Redirect. Dengan menggunakan Meta Redirect, kita dapat menentukan Redirect URL beserta waktunya (Redirect setelah beberapa detik).

Untuk membuat HTML Redirect ke halaman lain, kalian dapat menggunakan contoh kode berikut:

<meta http-equiv="refresh" content="waktu; URL=url_baru" />


Seperti yang kalian lihat pada contoh kode diatas, terdapat dua parameter:
  • waktu - Mewakili waktu delay sebelum Browser memindahkan pengguna ke halaman berbeda. Ditulis dengan satuan detik atau masukkan angka 0 jika kalian ingin langsung memindahkan halaman.
  • url_baru - Mewakili alamat URL yang ingin di Redirect.

Berikut adalah contoh Redirect dengan Delay selama 5 detik:

<meta http-equiv="refresh" content="5; URL=https://www.elcreativeacademy.com/" />


Sama seperti Meta Tag, Redirect harus diletakkan di bagian <head>.

Mengapa Harus ada Delay?

Jika kalian tidak mengatur Delay pada Meta Redirect, mungkin saja pengguna akan kebingungan karena tidak ada informasi bahwa halaman telah dipindahkan. Maka dari itu, kita dapat menggunakan Delay untuk memberitahukan ke pengguna.

Alasan lainnya adalah Meta Tag Redirect yang tidak didukung oleh Browser. Mungkin saja hal ini dapat terjadi jika terdapat pengguna yang menggunakan Browser lama. Dalam hal ini, kita perlu memberikan Direct Link secara manual. Berikut adalah contohnya:

<head>
  <meta http-equiv="refresh" content="5; URL=https://www.elcreativeacademy.com/" />
</head>

<body>
  <p>Klik <a href="https://www.elcreativeacademy.com/">Disini</a> jika halaman belum Redirect.</p>
</body>


Tips HTML Redirect

  • Jika kalian tidak menentukan URL untuk Redirect. Maka halaman HTML akan Reload secara otomatis berdasarkan waktu yang ditentukan.
  • Saya menyarankan bahwa gunakanlah Delay lebih dari 3 detik.
  • Berhati-hatilah dalam menggunakan HTML Redirect. Jika kalian terlalu banyak menggunakannya. Mungkin Search Engine akan menganggapnya sebagai Spam.

0 Komentar