Apa itu Arctic Code Vault Contributor pada GitHub?

Mungkin kalian telah mendapatkan Badge baru pada GitHub yang bernama Arctic Code Vault Contributor. Tapi, apakah maksud dari Bagde tersebut dan mengapa kalian mendapatkannya? Mari kita cari tahu.

Baru-baru ini, GitHub merilis sebuah project yang bernama GitHub Archive Program bersamaan dengan GitHub Arctic Code Vault yang diperkenalkan di GitHub Universe 2019. Tujuan utama dari project tersebut adalah untuk melestarikan kontribusi Open-Source bagi generasi yang akan datang dengan menyimpannya di dalam arsip yang dibangun dan disimpan selama 1000 tahun lamanya. Wow!

Menurut GitHub, mereka telah mengambil salinan dari Repository Open-Source yang masih aktif (02 Februari 2020) ke dalam sistem agar dapat di arsipkan pada gudang. Github menjalin kerjasama dengan Piql - yang menyediakan keamanan data Long-Term Access dan Readibility untuk data digital dan Piql telah menulis data sebanyak 21 TB kedalam piqlFilm.

piqlFilm

Karena masih terdapat situasi pandemik global di tahun ini (Corona), GitHub harus menyesuaikan beberapa rencana Initial Deploy atau penerapan awal mereka. Meskipun demikian, pada 08 Juli 2020, GitHub telah menyimpan Arctic Code Vault di Svalbard (Kepulauan Norwegia di Samudra Arktik).

Arctic Code Vault
Data repository dikirim dari fasilitas Piql di Drammen, Norwegia. Semua gulungan piqlFilm dikirim ke bandara Oslo dan dikirim kembali ke Longyearbyen (Kota kecil di Svalbard) menggunakan pesawat penumbang. Kemudian data tersebut dipindahkan ke tambang batubara yang sudah tidak aktif di pegunungan, lalu data repository tersebut dibawa lagi kedalam sebuah ruangan sejauh ratusan meter permafrost.

fasilitas Piql di Drammen, Norwegia.
Lalu, apa itu Badge Arctic Code Vault? Seperti yang sudah disebutkan diatas, Repository Open-Source telah di simpan pada Arctic Code Vault. Oleh karena itu, untuk menandai kontributor, kita atau mereka akan mendapatkan Badge Arctic Code Vault di bagian Highlight profil GitHub.

Badge Arctic Code Vault

Mungkin sampai disini sudah jelas ya, kalau ada yang kurang jelas, silahkan tulis pada kolom komentar dan terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Tulis Komentar

0 Komentar