Mengatasi Pengaturan Brightness Hilang pada Windows 10

5 Cara mengatasi pengaturan Brightness dan Slider Brightness yang hilang pada Windows 10.

Mengatasi Pengaturan Brightness Hilang pada Windows 10

Salah satu isu yang banyak terjadi pada Windows 10 adalah hilangnya Slider Brightness atau pengatur kecerahan. Maka dari itu, disini penulis akan menunjukkan beberapa cara untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Tombol Brightness pada Windows 10

Mengatur kecerahan pada Windows 10 khususnya pada Laptop adalah salah satu hal yang penting. Tetapi, mungkin terdapat beberapa dari kalian yang mengalami masalah ketika ingin mengaturnya. Masih berhubungan dengan kecerahan, terdapat beberapa masalah umum yang sering terjadi, antara lain:

  • Pengaturan kecerahan (Brightness) tidak ada pada Windows 10 - Banyak pengguna yang mengalami masalah pada pengaturan tingkat kecerahan (Brightness Control) tidaklah muncul atau hilang. Jika demikian, kalian dapat memperbarui (Update) Driver Graphic Card;
  • Slider Brightness yang hilang pada Windows 10 - Dapat mengontrol Brightness adalah salah satu hal penting, tetapi terdapat beberapa pengguna yang melaporkan bahwa Slider untuk mengatur tingkat kecerahan tidak muncul atau hilang. Jika demikian, kalian dapat menghapus Software TeamViewer atau Software serupa dari PC atau Laptop kalian;
  • Brightness pada Laptop tidak bekerja - Terkadang, kalian mungkin juga akan merasakannya. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan kalian telah mengkonfigurasi pengaturan Power dengan benar;
  • Screen Brightness tidak muncul atau hilang - Jika kalian mengalaminya, kalian tidak akan dapat mengatur tingkat kecerahan dengan menggunakan Software Driver atau aplikasi pihak ketiga.

Cara 1 - Memperbarui Display Driver

Biasanya, masalah Brightness yang terjadi pada PC/Laptop kalian adalah karena Driver Display Adapter yang sudah Out of Date atau kadaluarsa. Untuk mengatasinya, kalian harus memperbarui (Update) Driver ke versi yang lebih baru.

Untuk melakukannya, kalian harus mencari tahu model dari Graphic Card yang digunakan. Selanjutnya, kalian harus mengunjungi Website Perusahaan atau Website Official terkait dan men-download Driver terbaru sesuai dengan model yang digunakan.

Jika sudah, maka masalah brightness tersebut akan segera teratasi.

Cara 2 - Uninstal Driver Monitor

Jika pengaturan Brightness tidak ada pada PC/Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10, mungkin masalah tersebut dapat terjadi karena Driver Monitor.

Maka dari itu, kalian dapat mengatasinya dengan cara meng-uninstall Driver Monitor. Untuk melakukannya, ikutilah beberapa langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + X pada Keyboard dan pilih Device Manager;
  2. Pada jendela Device Manager, buka Dropdown Monitor;
  3. Pilih Driver Monitor, klik kanan dan pilih Uninstall;
  4. Masih pada jendela yang sama, pilih menu Action > Scan for hardware changes.

Cara diatas berfungsi untuk menginstal Driver Monitor bawaan. Jika kalian berhasil, pengaturan Brightness pada PC/Laptop kalian akan segera muncul.

Setelah itu, kalian juga harus mengecek apakah masih ada masalah lain. Masalah tersebut juga dapat terjadi jika Driver Monitor tidak aktif atau dinonaktifkan. Untuk mengeceknya, ikutlah langkah berikut:

  1. Buka Device Manager;
  2. Pilih bagian Monitor;
  3. Jika Monitor di nonaktifkan, klik kanan dan pilih Enable.

Setelah Monitor sudah di aktifkan, kemungkinan masalah tersebut akan dapat teratasi.

Cara 3 - Cek Software Graphic

Selain kedua cara diatas, kalian juga dapat memperbaikinya dengan menggunakan Software Graphic Card yang sedang kalian gunakan.

Software seperti Catalyst Control Center dan Nvidia Control Panel dapat kalian gunakan untuk mengatur berbagai hal mengenai Kartu Grafis (Graphic Card).

Semua Graphic Card pasti memiliki Software Driver. Jadi, jika kalian tidak dapat melihat pengaturan Brightness pada PC/Laptop, maka kalian dapat menggunakan Software bawaan dari Graphic Card yang kalian gunakan.

Cara 4 - Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika kalian masih juga tidak dapat melihat atau menemukan pengaturan Brightness, cara ke-empat ini adalah dengan bantuan Software pihak ketiga (Third Party).

Terdapat banyak sekali Software yang memiliki fungsi untuk memperbaiki masalah yang kalian alami.

Cara 5 - Update Windows

Jika ke-empat cara diatas masih juga tidak bekerja, mungkin kalian harus memperbarui sistem operasi Windows 10 yang kalian gunakan.

Semoga kalian dapat memahaminya dengan mudah. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ini kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Updated: Sunday, 07 March 2021

Diskusikan

0 Diskusi