Pengenalan Tentang Python

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara menginstal dan menjalankan Python pada komputer. Setelah itu, kita juga akan membuat program pertama dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Python adalah bahasa pemrograman yang Open-Source, gratis digunakan, dan Cross-Platform - yaitu dapat dijalankan pada beberapa Platform seperti Windows, MacOS, Linux, dan bahkan Virtual Machine (VM).

Walaupun Linux dan MacOS sudah memiliki Pre-Installed Python, mungkin versinya bisa jadi sudah Out-of-Date. Jadi, pastikan kalian telah menginstal versi terbarunya.


Menjalankan Python

Cara termudah untuk menjalankan Python pada komputer adalah dengan menggunakan Thonny IDE.

Thonny IDE memiliki Bundle Python versi terbaru sehingga kalian tidak perlu menginstall Python secara terpisah.

Berikut adalah beberapa tahap untuk menjalankan Python pada komputer:
  1. Download Thonny IDE.
  2. Jalankan installer Thonny IDE.
  3. Masuk ke menu File > New. Kemudian simpan file dengan ekstensi .py. Contoh, halo.py, contoh.py, dll.
    Kalian dapat mengatur nama dari file tersebut dengan syarat harus diakhiri dengan .py.
  4. Tulis kode Python dan simpan file tersebut.
Menjalankan Python dengan Thonny IDE

Lalu, jalankan kode Python dengan memilih menu Run > Run current script atau tekan tombol F5 pada Keyboard.

Menginstal Python secara Terpisah

Jika kalian tidak ingin menggunakan Thonny IDE, kalian juga dapat menginstal dan menjalankan Python langsung dari komputer.
  1. Download versi terbaru dari Python.
  2. Jalankan file installer dan ikuti tahap-tahap untuk menginstalnya.
  3. Selama proses instalasi, pastikan kalian sudah mencentang Add Python to environment variables yang berguna untuk menambahkan Environment Variable dari Python dan kalian dapat menjalankan Python melalui segala bagian dari komputer.

Disini, kalian juga dapat memilih lokasi instalasi (Path) dari Python. Ketika proses instalasi sudah selesai, kalian dapat menjalankan Python.

Menjalankan Python dengan Mode Langsung

Ketika Python sudah di instal, ketikkan python pada Command Line yang berfungsi untuk memanggil Interpreter dalam mode langsung. Kita juga dapat menulis kode dari Python dan menekan tombol Enter pada Keyboard untuk melihat hasilnya (Output).

Coba ketikkan 1 + 1 dan tekan tombol Enter. Kalian akan melihat angka 2 sebagai Outputnya. Prompt tersebut juga dapat kita gunakan sebagai kalkulator. Untuk keluar dari mode tersebut, ketikkan quit() dan tekan tombol Enter.

Menjalankan Python melalui Command Line

Menjalankan Python dengan Integrated Development Environment (IDE)

Kita juga dapat menggunakan Software Text Editor untuk menulis file Script dari Python.

Kita hanya perlu menyimpan File tersebut dengan ekstensi .py. Tetapi menggunakan IDE dapat mempermudah kita untuk menulis program Python. IDE adalah sebuah Software yang menyediakan fitur berguna seperti Code Hinting, Syntax Highlighting dan Checking, File Explorer, dll bagi para Programmer dalam proses Application Development.

Ngomong-ngomong, ketika kalian menginstal Python, kita juga telah menginstal IDE yang bernama IDLE. Kalian dapat menggunakannya untuk menjalankan Python pada komputer.

Ketika kalian membuka IDLE, Shell dari Python juga akan terbuka.

Python IDLE

Sekarang, kalian dapat membuat file baru dan menyimpannya dengan ekstensi .py. Contoh, halo.py.

Tulislah kode Python dan simpan file tersebut. Untuk menjalankan file tersebut, pilih menu Run > Run Module atau tekan tombol F5 pada Keyboard.

Membuat Program dengan Python

Sekarang, kalian sudah mengetahui cara untuk menginstal dan menjalankan Python dan kita akan belajar cara membuat program pertama dengan menggunakan Python.

Mari kita buat sebuah program yang simple. Program tersebut akan kita beri nama Halo Semuanya. "Halo Semuanya" adalah sebuah program yang akan menghasilkan output Halo Semuanya pada layar.

Ketikkan kode berikut pada Text Editor yang kalian sukai atau pada IDE. Kemudian simpan dengan nama halo_semuanya.py.

print("Halo Semuanya")


Lalu, jalankan file tersebut. Kalian akan melihat Output seperti berikut:

Halo Semuanya


Selamat, kalian telah berhasil membuat program pertama dengan Python.

Seperti yang kalian lihat, kode tersebut sangatlah mudah dipahami dan merupakan keindahan tersendiri dari bahasa pemrograman Python.

0 Komentar