Komputer Dasar: Apa itu Komputer?

Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat memanipulasi informasi, atau data serta memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Kalian mungkin sudah tahu bahwa kita dapat menggunakan komputer untuk mengetik/menulis dokumen, mengirim email, bermain game, dan browsing. Kita juga dapat menggunakannya untuk mengedit atau membuat spreadsheet, presentasi, dan bahkan video.


Hardware dan Software

Sebelum kita membahas tentang berbagai jenis dari komputer, mari kita bahas tentang dua hal yang sudah pasti dimiliki oleh semua komputer - yaitu Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak).
  • Hardware (Perangkat keras) adalah semua bagian dari komputer yang memiliki struktur fisik (memiliki bentuk nyata), seperti keyboard atau mouse. Hardware juga mencakup semua bagian internal dari komputer, yang dapat kalian lihat pada contoh gambar di bawah ini:

    Computer Hardware
    Sumber: Wikimedia

  • Software (Perangkat lunak) adalah serangkaian instruksi yang dapat memberi tahukan Hardware (perangkat keras) tentang apa yang harus dilakukan serta bagaimana cara melakukannya. Contoh dari Software adalah Web Browser, game, dan Word Processor.

Segala sesuatu yang kalian lakukan di komputer akan bergantung pada Hardware dan Software. Misalnya, saat ini kalian mungkin melihat artikel ini di Web Browser (Software) dan menggunakan Mouse (Hardware) untuk mengklik link dari halaman ke halaman.

Perbedaan Jenis Komputer

Ketika kebanyakan orang mendengar kata komputer, mungkin mereka berpikir tentang Personal Computer (PC) seperti desktop atau laptop. Namun, komputer datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan masing-masing diantaranya melakukan berbagai fungsi dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat kalian menarik uang tunai dari ATM, menscan barcode pada produk, atau menggunakan kalkulator, kalian telah menggunakan salah satu dari jenis komputer.

Komputer Desktop

Komputer Desktop
Sumber: Dell

Banyak orang menggunakan komputer desktop di tempat kerja, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang untuk ditempatkan di atas meja, dan biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, termasuk casing, monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer Laptop

Komputer Laptop
Sumber: Microsoft

Jenis komputer kedua yang mungkin kalian kenal adalah komputer laptop, biasa disebut laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel daripada desktop agar dapat digunakan hampir di mana saja.

Komputer Tablet

Komputer Tablet
Sumber: Lenovo

Komputer tablet — atau tablet — adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel daripada laptop. Sebagai pengganti dari keyboard dan mouse, tablet menggunakan sensitive touch-screen (layar sentuh) untuk mengetik dan navigasi.

Komputer Server

Komputer Server
Sumber: IT Works

Server adalah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain yang ada di jaringan. Misalnya, setiap kali kalian menggunakan Internet, kalian akan melihat sesuatu hal yang disimpan di server.

Tipe Komputer Lainnya

Banyak elektronik yang ada saat ini pada dasarnya adalah komputer khusus, meskipun kami tidak terlalu menganggapnya demikian. Berikut adalah beberapa contoh umum dari tipe komputer lainnya:
  • Smartphone: Banyak ponsel yang dapat melakukan banyak hal seperti yang dapat dilakukan oleh komputer, termasuk browser dan bermain game.
  • Wearable: Teknologi yang dapat digunakan adalah istilah umum untuk sekelompok perangkat — termasuk tracker untuk fitness dan smartwatch — yang dirancang untuk dipakai sepanjang hari. Perangkat tersebut sering disebut dengan produk Wearable.
  • Game Console: Game Console adalah jenis komputer khusus yang digunakan untuk memainkan video game dengan menggunakan layar TV.
  • TV: Banyak TV yang sekarang ini menyertakan aplikasi — atau aplikasi — yang dapat mengakses berbagai jenis konten online. Misalnya, kalian dapat melakukan streaming video dari Internet langsung melalui TV.

PC dan Mac

Personal Computer (PC) hadir dengan dua style utama: PC dan Mac. Keduanya sangat fungsional, tetapi diantaranya memiliki tampilan dan feel yang berbeda.

PC

PC
Sumber: Dell

Jenis komputer ini dimulai dengan PC IBM yang diperkenalkan pada tahun 1981. Perusahaan lain mulai membuat komputer serupa yang disebut IBM PC Compatible (sering disingkat menjadi PC). Saat ini, PC adalah jenis komputer yang paling umum digunakan dan biasanya sudah termasuk dengan sistem operasi Microsoft Windows.

Mac

Mac
Sumber: Mac

Komputer Macintosh diperkenalkan pada tahun 1984 yang merupakan komputer pribadi pertama yang banyak dijual dengan Graphical User Interface atau GUI. Semua Mac dibuat oleh satu perusahaan (Apple) dan menggunakan sistem operasi Mac OS X.

0 Komentar