Keyword dan Indentifier pada Python

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar tentang Keyword (Kata-kata yang disediakan pada Python) dan Identifier (Nama yang diberikan pada Variabel, fungsi, dll).


Keyword pada Python

Keyword adalah kata-kata yang disediakan oleh Python.

Kita tidak dapat menggunakan Keyword sebagai nama Variabel, Fungsi, atau Identifier lainnya. Keyword pada Python hanya dapat digunakan untuk mendefinisikan Syntax dan struktur dari bahasa pemrograman Python.

Pada Python, Keyword sangatlah Case-Sensitive (Huruf besar maupun kecil memiliki arti yang berbeda).

Terdapat 33 Keyword pada Python v3.7. Jumlah tersebut dapat bertambah pada versi selanjutnya.

Semua Keyword selain True, False, dan None ditulis dengan menggunakan huruf kecil (Lowercase) dan harus ditulis apa adanya. Keyword yang tersedia pada Python antara lain False, await, else, import, pass, None, break, except, in, raise, True, class, finally, is, return, and, continue, for, lambda, try, as, def, from, nonlocal, while, assert, del, global, not, with, async, elif, if, or, yield.

Melihat semua Keyword yang tersedia dan membayangkan arti dari semuanya sangatlah membuat kita bingung dan pusing. Jadi, kita akan membahasnya satu-persatu pada bagian selanjutnya.

Identifier pada Python

Identifier adalah nama yang diberikan kedalam entiti seperti class, fungsi, variabel, dll dan biasanya sangat berguna untuk membedakan satu entiti dengan entiti lainnya.

Aturan dalam Membuat Identifier

  • Identifier dapat berupa kombinasi dari huruf kecil/Lowercase (a sampai z), huruf besar/Uppercase (A sampai Z), digit (0 sampai 9), atau Underscore "_". Nama speri classKu, var_1, dan tampilkan_variabel adalah contoh penggunaan Identifier yang baik dan benar.
  • Identifier tidak dapat diawali dengan digit/angka. Contoh, 1variabel itu salah, yang benar adalah variabel1.
  • Keyword tidak dapat digunakan sebagai Indentifier. Berikut adalah contoh yang salah:
    
    global = 1
    
    

    Output:
    
      File "<interactive input>", line 1
        global = 1
               ^
    SyntaxError: invalid syntax
    
    
  • Kita tidak dapat menggunakan karakter spesial atau simbol seperti !, @, #, $, %, dll pada Identifier. Berikut adalah contoh yang salah:
    
    a@ = 1
    
    

    Output:
    
      File "<interactive input>", line 1
        a@ = 0
         ^
    SyntaxError: invalid syntax
    
    

Hal Penting pada Python

Python sangatlah Case-Sensitive. Artinya, nama varibel Variabel dan variabel tidaklah sama.

Pastikan kalian telah membuat nama Identifier yang masuk akal. Kata-kata yang panjang dapat dipisahkan dengan menggunakan Undescore, contoh ini_adalah_nama_varibel.

0 Komentar