Tutorial Lengkap jQuery

jQuery adalah Library JavaScript yang cepat, ringan, dan memiliki banyak fitur yang dibuat berdasarkan pada prinsip "Write Less, do More". jQuery memiliki API yang mudah digunakan untuk membuat berbagai hal seperti Traversal dan manipulasi dokumen HTML, Event Handling, menambahkan efek animasi ke halaman web menjadi lebih sederhana serta dapat bekerja secara sempurna di semua jenis browser seperti Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, dll.

jQuery juga memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi berbasis Ajax dengan cara yang cepat dan sederhana. Perusahaan besar seperti Google, Microsoft dan IBM juga menggunakan jQuery pada aplikasi mereka.

Awalnya, jQuery dibuat oleh John Resig pada tahun 2006. Saat ini, jQuery dijalankan dan dikelola oleh sekelompok Developer sebagai project open-source.

Dengan menggunakan jQuery, kalian dapat menghemat banyak waktu dalam proses Development. Jadi, bookmarklah Halaman ini dan mulai untuk mempelajarinya sekarang juga.

Tips: Tutorial jQuery yang telah kami akan membantu kalian dalam mempelajari fitur-fitur dasar dan lanjutan tentang jQuery tahap demi tahap melalui penjelasan yang mudah dipahami. Jika kalian seorang pemula, mulailah dengan dasar-dasarnya secara bertahap.



Hal yang Dapat Dilakukan dengan jQuery

Terdapat banyak hal yang dapat kalian lakukan dengan jQuery antara lain:
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk memilih elemen untuk memanipulasinya.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk membuat efek seperti menampilkan atau menyembunyikan elemen, transisi Slide, dan lain sebagainya.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk membuat animasi CSS yang kompleks dengan baris kode yang lebih sedikit.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk memanipulasi elemen DOM beserta atributnya.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk menerapkan Ajax serta mengaktifkan pertukaran data Asynchronous antara Client dan Server.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk melintasi (Traverse) seluruh DOM Tree untuk menemukan suatu elemen.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk melakukan beberapa tindakan pada suatu elemen dengan satu baris kode.
  • Dapat digunakan dengan mudah untuk mendapatkan atau mengatur dimensi elemen HTML.
  • dll...

Tentu saja masih terdapat banyak hal menarik lainnya yang dapat kalian lakukan dengan jQuery. Kalian akan mempelajari semuanya secara rinci pada seri tutorial ini.

Keuntungan dalam Menggunakan jQuery

Jika kalian tidak terbiasa dengan jQuery, mungkin kalian akan bertanya-tanya apa yang membuat jQuery begitu istimewa. Terdapat beberapa keuntungan mengapa kalian harus menggunakan jQuery:
  • Menghemat banyak waktu - Kalian dapat menghemat banyak waktu dengan menggunakan efek dan selector inbuilt dan fokus pada project lainnya.
  • Menyederhanakan JavaScript - jQuery dapat menyederhanakan tugas-tugas umum pada JavaScript. Kalian dapat dengan mudah membuat halaman web yang memiliki banyak fitur dan interaktif dengan baris kode  yang lebih sedikit, contoh khasnya adalah mengimplementasikan Ajax untuk memperbarui konten halaman tanpa merefresh halaman.
  • Mudah digunakan - jQuery sangat mudah digunakan. Siapa pun yang memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript dapat memulai pengembangan dengan jQuery.
  • Kompatibel dengan semua Browser - jQuery dibuat dengan mempertimbangkan browser modern dan kompatibel dengan semua browser modern seperti Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, dll.
  • Benar-Benar Gratis - Bagian terbaiknya adalah, jQuery sepenuhnya gratis untuk didownload dan digunakan.
  • dll...

Tips: Dalam JavaScript, kalian perlu menulis beberapa baris kode untuk memilih elemen dalam dokumen HTML, tetapi dengan mekanisme selector pada jQuery yang kuat, kalian dapat melewati DOM Tree dan memilih elemen dengan cara yang mudah dan efisien untuk melakukan manipulasi apa pun.

Pembahasan pada Seri jQuery

Seri tutorial jQuery yang ada di EL Creative Academy mencakup semua fitur jQuery, termasuk mekanisme Selector, sistem Event Handling, serta metode efek untuk membuat fitur User Interface (UX) yang interaktif seperti menampilkan dan menyembunyikan elemen, menggerakkan elemen-elemen pada halaman web, dll.

Kemudian, kalian akan melihat beberapa fitur menarik lainnya dari jQuery seperti Chaining beberapa metode, cara manipulasi DOM seperti mendapatkan atau mengatur konten dan nilai-nilai elemen HTML, menambah atau menghapus elemen atau atribut, mendapatkan dan mengatur properti CSS pada suatu elemen, mendapatkan atau mengatur lebar dan tinggi elemen, dan lain sebagainya.

Terakhir, kalian akan menjelajahi salah satu fitur paling kuat dari jQuery yang meliputi DOM Tree untuk mendapatkan elemen Child, Parent dan Sibling, serta fitur seperti Selector elemen filter, menerapkan Ajax untuk mengambil informasi dari server dan memperbarui konten tanpa merefresh halaman, serta cara menghindari konflik antara jQuery dan Library JavaScript lainnya.

Daftar Isi seri jQuery

Berikut adalah daftar isi (Index) dari Seri Tutorial jQuery yang ada di EL Creative Academy:

Dasar-dasar jQuery

  1. Bag 1 - Pendahuluan dan Pengenalan tentang jQuery
  2. Bag 2 - Tatacara Penulisan (Syntax) pada jQuery
  3. Bag 3 - Menyeleksi Elemen dengan jQuery Selector
  4. Bag 4 - Memahami Event Method pada jQuery

Efek pada jQuery

  1. Bag 5 - Menampilkan dan Menyembunyikan Elemen dengan jQuery
  2. Bag 6 - Menggunakan Efek Fading pada jQuery
  3. Bag 8 - Menambahkan Efek Animasi dengan jQuery
  4. Bag 9 - Metode stop() pada jQuery
  5. Bag 10 - Metode Chaining pada jQuery
  6. Bag 11 - Fungsi Callback pada jQuery

Manipulasi dengan jQuery

  1. Bag 12 - Mengenal Getter dan Setter pada jQuery
  2. Bag 13 -
  3. Bag 14 - Menghapus Konten dengan jQuery
  4. Bag 15 - Menambahkan, Menghapus, dan Memanipulasi Class dengan jQuery
  5. Bag 16 - Mendapatkan dan Mengatur Properti CSS dengan jQuery
  6. Bag 17 - Memahami Dimensi pada jQuery

Coming Soon....

Tips: Setiap Bagian dalam seri tutorial ini berisi banyak contoh Real-World yang dapat kalian Lihat. Contoh-contoh tersebut akan membantu kalian untuk lebih memahami konsep atau topik pada masing-masing bagian. Contoh tersebut juga berisi solusi, tips yang bermanfaat, serta catatan penting.

Catatan: Semua Contoh kode dapat digunakan, diedit, didistribusikan secara gratis dan Open-Source yang dibuat oleh para EL Creative Developer Team. Kalian dapat melihat Repository lengkapnya di Github.

0 Komentar