Membuat Screenshot Kode dengan Carbon

Dalam berbagai kasus, mungkin kalian perlu mengambil Screenshot (Tangkapan Layar) dari kode - entah kode tersebut milik kalian atau milik orang lain. Screenshot dari kode tersebut terkadang sangat berguna karena berbagai alasan seperti sebagai referensi untuk sebuah artikel, ingin meminta bantuan dari forum, Show Off di Twitter, atau bahkan menyimpan informasi penting. Tak peduli dengan tujuan kalian, kita semua bisa menggunakannya.


Carbon

Carbon
Carbon adalah Library yang Open-Source dan gratis digunakan untuk membuat dan membagikan Screenshot dari Source Code. Pilihan yang tersedia saat menggunakan Carbon adalah kemampuan untuk mengubah tema warna (Color Scheme), kemampuan untuk memilih jenis bahasa pemrograman, kemampuan untuk membagikan tweet Screenshot kode dan menyesuaikan berbagai hal seperti Syntax gambar, Style Window, warna Background, warna tema dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Carbon

Disini, kalian tidak perlu menginstal Carbon di PC/Laptop, cukup kunjungi Websitenya di sini, pastekan kode dan simpan Screenshotnya!

Untuk mengambil Screenshot dengan Carbon, salin kode yang ingin kalian ambil Screenshot nya dari IDE atau Text Editor dan pastekan di Textarea Carbon. Terakhir, klik tombol Download Image PNG/SVG.

Berikut adalah contoh Screenshot kode yang diambil dengan menggunakan Carbon:

contoh Screenshot kode yang diambil dengan menggunakan Carbon

Kelebihan dalam Menggunakan Carbon

  • Layout yang mudah dipahami dan user friendly.
  • Dapat mengambil Screenshot dengan ringan.
  • Memiliki kemampuan untuk memformat gambar yang dihasilkan dengan ukuran font, jenis font, dan warna tema.
  • Dapat mendeteksi otomatis bahasa pemrograman yang digunakan dan menrapkan Syntax yang cocok.
  • Dapat menghasilkan gambar dengan format SVG atau PNG.

Kekurangan dalam Menggunakan Carbon

  • Tidak dapat mengambil Screenshot dengan kode yang panjang (Kompleks).

Kalian dapat melihat Repository Github dari Carbon di sini. Carbon juga memiliki plugin untuk berbagai Editor dan IDE dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di dalam dokumentasinya. Jika kaian ingin menggunakan Carbon dengan PhpStorm atau JetBrains IDE lainnya, cukup pilih kodenya dan pilih Open in carbon.now.sh dari Context Menu yang dapat kalian akses dengan mengklik kanan.

Kesimpulan

Hal terbaik dari Carbon adalah bebas/gratis untuk digunakan dan sangat bermanfaat. Jika kalian memiliki tool lain yang ingin dibagikan, jangan ragu untuk menuliskannya di bagian komentar. Terimakasih.

0 Komentar