Cara Mengetahui Spesifikasi Lengkap PC/Laptop di Windows 10

Apakah kalian ingin mengetahui spesifikasi lengkap PC/Laptop dan informasi lainnya? Jika iya, pada artikel ini, sayaakan menunjukkan beberapa cara mengetahui spesifikasi lengkap PC/Laptop pada Windows 10.

Tidak peduli bahwa kalian menggunakan PC/Desktop, Laptop, atau Tablet, terkadang mengetahui informasi Hardware dapat sangat berguna. Misalnya, ketika kalian ingin menginstal Software, tetapi kalian tidak yakin apakah Software tersebut dapat berjalan dengan konfigurasi Hardware yang digunakan. Jika perangkat berhenti bekerja, maka kalian perlu memecahkan masalah atau kalian perlu memperhatikan masalah kinerja pada sistem.

Pada Windows 10, kalian dapat melihat spesifikasi perangkat, termasuk firmware Basic Input/Output System (BIOS) atau Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), Nomor Model, Prosesor, Memory, Drive, GPU, versi OS, dll, dengan menggunakan beberapa cara.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan langkah-langkah untuk melihat spesifikasi lengkap Hardware maupun Software pada PC/Laptop.


Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan Settings

Untuk melihat beberapa spesifikasi dasar seperti Prosesor, Memori, dan Versi Windows 10, kalian dapat menggunakan aplikasi Settings. Berikut adalah cara untuk membukanya:
  1. Buka Settings > Systems > About.
  2. Disana kalian dapat melihat spesifikasi PC/Laptop pada bagian Device Specification.

    Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan Settings
  3. Selanjutnya, kalian dapat melihat spesifikasi Windows 10 (Home, Pro, Enterprise, atau Education) pada bagian Windows Specifications.

    Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan Settings
Setelah kalian melakukan langkah-langkah diatas, kalian akan mengetahui spesifikasi dasar perangkat yang kalian gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan System Information

Kalian juga dapat menggunakan System Information Tools yang sudah ada pada Windows dan merupakan salah satu cara terbaik untuk melihat informasi lengkap spesifikasi PC/Laptop.

Untuk melihat semua spesifikasi komputer, ikutilah beberapa langkah di bawah ini:
  1. Buka Start dan ketikkan System Information atau msinfo32.
  2. Ketika program System Information telah terbuka, pilih menu System Summary yang berada di pojok kiri atas.

    System Information
  3. Pada bagian kanan, kalian dapat melihat spesifikasi komputer seperti System Model, System Type, Processor, rincian BIOS atau UEFI, termasuk juga Firmware dan Memory.
  4. (Opsional) Buka menu Components dan pilih Display untuk melihat informasi GPU.

    Display
Jika ingin mencari rinician dari properti tertentu, maka kalian dapat menggunakan pencarian di bagian bawah System Information Tools untuk menemukan informasi yang kalian butuhkan.

Cara Membuat Laporan Spesifikasi Sistem

Fitur System Information yang bermanfaat lainnya adalah kemampuan untuk membuat laporan (Report) lengkap tentang spesifikasi komputer yang juga dapat kita simpan untuk dapat dilihat di kemudian hari atau untuk dibagikan.

Untuk membuatnya, ikutlah beberapa langkah berikut:
  1. Buka Start dan ketikkan System Information atau msinfo32.
  2. Pilih spesifikasi yang ingin di Export.
  3. Klik pada menu File > Export.

    Cara Membuat Laporan Spesifikasi Sistem
  4. Pilih lokasi dimana file tersebut akan tersimpan serta masukkan nama File dengan jelas. Contoh: Spesifikasi Komputerku,
  5. Klik tombol Save.

Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan Command Prompt

Kita juga dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat informasi PC/Laptop pada Windows 10 yang hasilnya juga hampir sama dengan System Information Tools.

Untuk melihat spesifikasi lengkap PC/Laptop dengan Command Prompt (CMD), ikutilah beberapa tahap berikut:
  1. Buka menu Start, ketikkan dan klik kanan pada Command Prompt atau cmd, dan pilih Run As Administrator.
  2. Ketikkan perintah systeminfo dan tekan tombol Enter pada Keyboard.

    Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan Command Prompt
Tips: Kalian juga dapat menggunaikan perintah systeminfo /? untuk melihat daftar perintah yang tersedia pada Command Prompt.

Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan PowerShell

Untuk menggunakan PowerShell dalam mengetahui spesifikasi lengkap dari perangkat yang kita gunakan, kita dapat menggunakan beberapa cara berikut:
  1. Klik menu Start.
  2. Ketikkan dan klik kanan pada aplikasi PowerShell, kemudian pilih Run As Administrator.
  3. Masukkan perintah Get-ComputerInfo kedalamnya dan tekan tombol Enter pada Keyboard.

    Cara Melihat Spesifikasi PC/Laptop dengan PowerShell
  4. (Opsional) Ketikkan perintah Get-ComputerInfo -Property "NAMA-PROPERTY" jika kalian hanya ingin melihat Hardware atau Software tertentu. Pastikan kalian juga sudah mengubah NAMA-PROPERTY menjadi rincian yang ingin kalian lihat. Contoh, perintah berikut akan menampilkan segala hal tentang informasi BIOS:
  5. Get-ComputerInfo -Property "bios*"

    Get-ComputerInfo -Property "bios*"
Itulah beberapa cara untuk melihat Spesifikasi Lengkap pada Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar