Cara Menggunakan Undo, Redo, Find dan Replace di Word (Pemula)

Perintah Undo dan Redo di Word dibuat agaar kalian tidak perlu takut menghapus teks, atau melakukan kesalahan saat kalian sedang mengerjakan dokumen. Apa yang dapat kalian lakukan, kalian juga dapat membatalkan.

Cara Menggunakan Undo, Redo, Find dan Replace di Word (Pemula)

Perintah Undo dan Redo di Word dibuat agaar kalian tidak perlu takut menghapus teks atau melakukan kesalahan saat kalian sedang mengerjakan dokumen.

Find dan Replace membantu kalian menemukan kata atau format dalam dokumen dan memungkinkan kalian mengganti semua contoh kata atau format dan sangat berguna jika kalian membuat dokumen yang panjang.

Undo dan Redo

Undo

Perintah Undo berfungsi untuk membatalkan apa pun yang kalian lakukan di Microsoft Word. Seperti memformat teks, memindahkan blok, mengetik dan menghapus teks, memformat - semuanya. Kalian dapat memberikan perintah Undo dengan dua cara berikut:

  • Tekan tombol Ctrl + Z pada Keyboard;
  • Klik tombol perintah Undo pada Quick Access Toolbar.

Undo dan Redo

Keuntungan menggunakan tombol perintah Undo yang ada di Quick Access Toolbar adalah jika kalian menggunakan menu Dropdown, kalian bisa melihat Preview atau Pratinjau beberapa hal terakhir yang telah kalian lakukan, atau kalian dapat membatalkannya.

Perintah Undo tidak berfungsi ketika tidak ada yang bisa dibatalkan, atau jika sesuatu tidak dapat diurungkan. Misalnya, kalian tidak dapat membatalkan operasi simpan ke penyimpanan.

Redo

Jika kalian membatalkan sesuatu tapi kelabasan tanpa sengaja, kalian bisa menggunakan perintah Redo untuk mengembalikannya. Misalnya, kalian dapat mengetik beberapa teks dan kemudian menggunakan Batalkan untuk "membatalkan ketik" teks. Kalian dapat menggunakan perintah Redo untuk mengembalikan pengetikan. Kalian dapat menggunakan dua cara yaitu:

  • Tekan tombol Ctrl + Y pada Keyboard;
  • Klik tombol perintah Redo pada Quick Access Toolbar.

Perintah Redo

Find dan Replace

Find

Untuk menggunakan Find dan Replace, gunakan Shortcut dengan menekan tombol Ctrl + H pada Keyboard atau arahkan krusor ke menu Home > Editing > Replace. Untuk menemukan sesuatu dengan cepat, gunakan Find dengan menekan tombol Ctrl + F atau arahkan krusor ke menu Home > Editing > Find.

Find & Replace

Find & Replace

Replace

Gunakan Shortcut dengan menekan tombol Ctrl + H pada Keyboard atau buka kotak dialog Find dan Replace dengan mengeklik menu Home > Editing > Replace.

  • Ketikkan apa yang ingin kalian temukan di opsi Find What, untuk mengganti di opsi Replace With;
  • Find Next akan menandai kata jika ditekan. Mengklik Find Next lagi akan menyoroti kata berikutnya dan seterusnya;
  • Mengklik Replace akan mengganti kata yang disorot;
  • Replace All akan mengganti setiap kata yang sama dengan yang ditulis di opsi Find What. Kotak dialog kecil akan muncul untuk memberi tahumu berapa banyak kata yang telah di ganti.

Replace

Diatas merupakan pengertian singkat dan tutorial yang bisa kalian terapkan khusunya bagi kalian yang masih bisa dikatakan sebagai pemula, masih banyak tutorial yang ada di EL Creative Academy, tetap pantau website resmi EL Creative Academy untuk mendapatkan tutorial dan ilmu tentang dunia teknologi mulai dari pemula hingga advance. Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel di EL Creative Academy.

Updated: Tuesday, 06 April 2021

Diskusikan

0 Diskusi