Cerita Tentang Ribbon IWA di EL Creative Academy

Pada waktu itu (Mulai dari bulan Maret 2019), saya selaku Maintainer, Administrator, Developer, User, serta Author di EL Creative Academy senang sekali mengubah tampilan dari Website/Blog ini. EL Creative Academy adalah salah satu atau bahkan satu-satunya Website/Blog milik EL Creative Organization yang paling aktif. Maka dari itu, saya selalu berfikir untuk mengubah tampilan yang (bagaimana caranya) harus berbeda dengan Website/Blog lain, apalagi EL Creative Academy menggunakan Platform Blogger yang Notabene gratis digunakan.

Bagi kalian yang belum tau, Tema atau Template yang digunakan EL Creative Academy adalah Materia X2 dengan beberapa Fitur Exclusive. Materia X2 adalah Tema atau Template Blogger yang kebetulan saya sendiri yang mengembangkan - Memiliki Style Material Design khas Google. Mengapa tema ini mirip Google? Jawabannya simple, Flat Design milik Apple, Metro milik Microsoft, sedangkan Material Design itu milik Google, jadi jelas dong kalo Materia X2 mirip Google. Hehehe. Jadi, kalau kalian penasaran atau ingin memiliki tema/template mirip EL Creative Academy, kalian bisa mengeceknya di artikel tentang Materia X2 - Material Design Responsive Blogger Template.

Semakin berjalannya waktu, saya berfikir untuk memasukkan EL Creative Academy ke kontes Web. Entah itu Blog Competition atau Blog/Website Awards. Dari situlah saya menemukan Indonesia Website Awards (IWA). Indonesia Website Awards (IWA) adalah ajang penghargaan bagi Pemilik, Web Developer, maupun Web Designer Indonesia yang diselenggarakan oleh Exabytes Group - yang merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan Web Hosting terbesar di Asia Tenggara. IWA sendiri memiliki tujuan untuk mengapresiasikan kinerja serta kreatifitas para Web Developer, Web Designer, serta pemilik UKM Digital di Indonesia.

Di Website IWA, saya menemukan banyak sekali nominasi Website yang terdiri dari tiga kategori: UKM, Personal, dan E-Commerce. Tidak sedikit diantaranya yang menggunakan Platform Blogger. Maka dari itu, saya memutuskan untuk men-Submit Website EL Creative Academy disana pada bulan September 2019 dengan tidak memiliki harapan sedikitpun (Menang ya bersyukur, kalah ya di terima). Setelah men-Submit, Website yang kita ajukan tidak akan langsung diterima, melainkan kita harus menunggu jawaban (E-Mail) dari Tim IWA sekitar beberapa hari.

Sistem penilaian di IWA mungkin terdengar agak simple, tapi jelas rumit jika dilakukan. Ketika kita men-Submit Website/Blog kita ke IWA dan sudah berhasil masuk menjadi Nominasi, disana kita bisa membagikan Halaman Vote ke teman-teman atau saudara untuk memberikan Voting ke Website kita. Untuk penilaiannya sendiri dapat diambil dari Design, SEO, Accessbility, Performance, dan Content. Vote dapat dilakukan dengan menggunakan akun Facebook dan jika Website/Blog kita mendapatkan banyak Vote, maka kita berhak mendapatkan penghargaan The Public Favourite Website. Eits, jangan senang dulu. Untuk sistem Vote, kita juga tidak bisa main-main. Jika ketahuan curang atau terdapat kejanggalan, kita bisa langsung di diskualifikasi. Untuk masalah penilaian juga sebenaranya tidak main-main karena langsung dinilai oleh juri yang sangat berpengalaman di bidang nya masing-masing.

ELCA di IWA

Dari gambar diatas, kita bisa melihat bahwa EL Creative Academy memiliki 4 Vote (20 Januari 2020) dan Rating sebesar 41.7 - artinya, sangatlah mustahil untuk jadi yang terbaik diantara Blog/Website lainnya. Singkat cerita, pada tanggal 05 Januari 2020, saya mendapatkan pesan WhatsApp yang (katanya) Tim dari Exabytes Indonesia yang mengatakan bahwa EL Creative Academy terpilih sebagai salah satu pemenang bulanan (Site of The Month) bulan September 2019 dalam kategori UKM. Berikut adalah Screenshot nya:


Screenshot tim IWA

Kira-kira teksnya seperti ini:
Selamat pagi El Creative Academy,

Perkenalkan saya (Sensor) dari Exabytes Indonesia selaku penyelenggara Indonesia Website Awards (IWA).
Saya ingin mengkonfirmasi bahwa website anda (www.elcreativeacademy.com) terpilih menjadi salah satu pemenang bulanan (Site of the Month) bulan September dalam katagori UKM di Indonesia Website Awards 2019.

Kami ingin mengundang anda untuk menghadiri acara Malam Penghargaan IWA yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal: (Sensor)
Pukul : 17.30 - 21.00
Tempat : CoHive 101 Mega Kuningan, Jakarta Selatan (to be confirmed)
* biaya akomodasi dan transportasi tidak ditanggung

Untuk keperluan verifikasi  piala dan sertifikat, kami ingin memastikan informasi mengenai pemenang. Untuk itu, silahkan konfirmasi kembali beberapa informasi di bawah ini :

Nama :
Nama Website :
Alamat Website (URL) :

Besar harapan kami anda dapat menghadiri Malam Penghargaan IWA. Terima kasih

Catatan: Mohon maaf, terdapat beberapa teks yang saya sensor.

Dari situlah saya merasa Senang sekaligus tidak percaya. Bagaimana tidak? seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dengan mendapatkan penilaian yang kecil, sangatlah mustahil untuk jadi yang terbaik diantara Blog/Website lainnya. Tanpa berfikir panjang, saya langsung memberikan Informasi yang diminta (Selagi Informasi tersebut tidaklah Sensitif, contohnya seperti: KTP, KK, dll). Tak lupa juga, saya langsung meminta konfirmasi dari nomor WhatsApp tim Exabytes dengan menanyakan perihal pesan tersebut dan saya harus membuat Support Ticket di Website Support Exabytes. Berikut adalah Screenshot pertanyaan yang saya ajukan beserta jawabannya:

Konfirmasi Kontak CS

Mungkin kalian bisa membayangkan kalau kalian ada di Posisi saya, antara percaya dan tidak percaya. Dengan mendapatkan jawaban seperti itu, apakah saya langsung percaya? Seharusnya saya percaya, tetapi ada beberapa hal yang mengganjal.

Hal yang mengganjal adalah seperti Vote yang minim dan Rating yang kecil. Selain itu, Website/Blog EL Creative Academy tidak muncul pada halaman Nominasi di bulan September. Dan juga, saya men-Submit Blog EL Creative Academy untuk masuk ke kategori Personal, tetapi mengapa kita bisa mendapatkan penghargaan di kategori UKM? Entahlah, saya juga tidak tau kalau memang mekanismenya seperti itu. Saya juga sempat berfikir kalau mungkin saja EL Creative Academy memiliki nilai penjurian yang tinggi seperti Desain, Aksesbilitas, SEO, dan Konten yang berkualitas tapi tidak untuk Performa (Jujur, EL Creative Academy memiliki ukuran Performa yang buruk, tetapi terasa biasa jika di akses).

Siapa sih yang tidak berharap untuk bisa menjadi yang terbaik dari yang lain? Saya yakin, semua orang juga ingin menjadi yang terbaik. Poin nya adalah jangan terlalu berharap, jika kita terlalu berharap, maka sakit yang akan kita dapatkan. Hehehe.

Setelah mengetahui keaslian kontak dari Tim IWA, saya juga menanyakan perihal Ribbon (Pita) dari IWA. Apakah saya harus memasangnya atau tidak. Alhasil, Tim IWA menyarankan saya untuk memasang Ribbon tersebut.

Sampai saat ini, saya memiliki harapan untuk menjadi yang terbaik, tetapi tidak terlalu berharap. Artinya, jika memang EL Creative Academy berhasil menjadi Website/Blog terbaik di bulan september dan berhasil mendapatkan penghargaan di IWA, saya sangat mensyukuri hal itu dan kami (Perwakilan EL Creative Organization) siap untuk menghadiri undangannya. Jika tidak, ya tetap saya terima keputusan dari Tim IWA.

Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan tentang Ribbon IWA yang ada di EL Creative Academy, mungkin saya akan membuat cerita berikutnya jikalau terdapat hal dan informasi lainnya yang perlu untuk dibagikan. Jika kalian pernah mendapatkan penghargaan dari IWA, tolong di bagikan informasinya melalui kolom komentar di bawah ini atau melalui Formulir kontak ya, karena kami juga butuh informasi seperti itu.

Semoga artikel ini bermanfaat, memotivasi, dan kalian bisa mengambil poinnya. Bagi kalian yang memiliki Blog atau seorang Penulis Blog, jangan ragu untuk menulis semua hal yang mungkin bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih.

2 Komentar

Posting Komentar