Ok Google, Hey Google: Kumpulan Perintah Google Assistant yang Sangat Berguna

"Ok Google, Hey Google" adalah perintah yang mungkin sering kita ucapkan pada Google Assistant sehingga kita tidak perlu berpikir dua kali untuk menggunakannya. Dari memesan Grab, mengatur pengingat atau Reminder, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa perintah Google Assistant terbaik dan sangat berguna yang harus kalian ketahui. Pastikan juga kalau kalian sudah mempelajari atau mengetahui cara menggunakan Google Assistant.



Ok Google, Hey Google: Menelpon dan Mengirim Pesan

Caranya cukup mudah, jika kalian belum mengetahuinya, maka kalian harus mencobanya. Google Assistant dapat memanggil siapa saja di Kontak kita atau bisnis yang di sekitar kita.

Cobalah gunakan perintah "Panggil [Nama Kontak]" atau "Panggil [Nama Bisnis]" untuk membuat panggilan telepon. Jika nama tersebut muncul pada daftar kontak, maka Google Assitant akan langsung membuat panggilan. Jika terdapat nomor telepon lebih dari satu pada kontak tersebut atau jika terdapat beberapa bisnis yang memiliki nama yang sama, maka kalian harus memilih salah satu yang ingin kalian panggil.

Dengan cara yang sama, kita juga dapat menggunakan perintah "Tulis Pesan [Nama Kontak]" untuk membuat pesan teks (SMS).

Kita juga dapat langsung menulis pesan. Misalnya, coba ucapkan "Tulis Pesan [Nama Kontak] - Halo Semuanya". Selanjutnya kalian harus memilih aplikasi SMS mana yang ingin kalian gunakan untuk mengirimkannya.

Ok Google, Hey Google: Arah dan Informasi Map

Kalian juga mungkin sudah tahu bahwa kita dapat menanyakan arah ke lokasi manapun. Google Maps adalah metode navigasi yang menjadi pilihan utama bagi banyak orang, walaupun mereka tidak menggunakan Android. Tapi tahukah kalian bahwa kita juga bisa meminta lebih dari sekadar arah dan informasi di Google Maps?

Untuk mencobanya, kalian dapat menggunakan perintah "Dimanakan Saya?" dan Google Assistant akan segera menunjukkan lokasi kalian di Maps.

Kalian juga dapat menggunakan perintah "Arah ke [Nama Lokasi/Alamat]" atau "Arahkan ke [Nama Lokasi/Alamat]" untuk menuju alamat tertentu bahkan dapat menampilkan informasi tentang bagaimana cara menuju ke sana. Untuk itu, kalian dapat mengucapkan alamat yang tepat dan Google akan mencari tahu ke mana kalian harus pergi. Jika terdapat beberapa tempat dengan nama yang mirip, maka kalian dapat memilih salah satu di antaranya.

Ingin berjalan, bersepeda, atau menggunakan Transportasi Umum untuk pergi ke suatu tempat? Tidak masalah. Perintah yang sederhana seperti "Arah jalan [Nama Lokasi/Alamat]" atau "Arah Transit [Nama Lokasi/Alamat]" dapat membuat kalian berada di jalur yang benar. Perintah seperti "Jadwal Kereta Api [Nama Lokasi/Alamat]" juga bisa menampilkan informasi yang bermanfaat ditambah dengan petunjuk arah ke Stasiun atau Terminal jika diperlukan.

Ok Google, Hey Google: Membuat Reminder, Agenda, dan Alarm

Dengan mengatakan "Ingatkan Saya" kemudian diikuti dengan nama pengingat, Google akan membuat pengingat atau Reminder untuk kita. Kita juga bisa mengatakan "Atur Pengingat" dan Google akan meminta kita untuk mengatur Pengingat/Reminder bersamaan dengan tanggal dan waktu.

Jika kalian sudah membuat pengingat, kalian dapat menggunakan perintah "Tampilkan Pengingat Saya" untuk melihat daftar pengingat yang sudah dibuat.

Pengingat atau Reminder bisa menjadi lebih canggih jika kalian menggunakan Geolocation. Cobalah katakan sesuatu seperti "Ingatkan Saya Untuk Makan Siang". Jika Google tidak tahu di mana tempat untuk makan siang, kalian dapat mengatur lokasi untuk mengingatnya. Hal tersebut juga dapat bekerja untuk kegiatan lain. Misalnya, "Ingatkan Saya untuk Menulis Artikel Ketika Saya Sampai di [Nama Lokasi]".

Cara untuk mengatur pengingat atau Reminder untuk suatu acara juga sama. Kalian dapat mengatakan "Buat Acara" atau "Buat Acara di Kalender" dan katakanlah Nama Acara, Hari atau Tanggal, dan Waktu. Kita juga dapat menggunakan perintah "Jadwal Rapat" untuk mengatur pertemuan rapat.

Terakhir dalam kategori ini, kita juga dapat mengatur Alarm. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dengan mengatakan "Atur Alarm" diikuti dengan waktu dan berapa lama dari sekarang. Misalnya, "Atur Alarm Dua Jam dari Sekarang" atau "Atur Alarm Dua Jam Kedepan".

Ok Google, Hey Google: Membuka Aplikasi dan Website

Kita juga dapat menggunakan Google Assistant untuk membuka Website dan membuka Aplikasi. Apakah nyaman? Mungkin, tergantung dari kalian masing-masing.

Untuk membuka aplikasi, ucapkan "Buka [Nama Aplikasi]". Untuk membuka Website, katakan "Buka [URL Website]". Misalnya, jika kalian mengatakan "Masuk ke elcreativeacademy.com" maka Browser akan membuka dan masuk ke Blog EL Creative Academy.

Ok Google, Hey Google: Mengirim Email

Android dapat mengingatkan kita untuk menyelesaikan tugas dan menambahkan catatan, tetapi apakah kalian tahu bahwa Google Assistant juga dapat menulis email secara keseluruhan? Kalian bahkan tidak perlu membuka aplikasi Email. Memang, saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan perintah ini untuk email yang panjang, tetapi jika kalian hanya mengirim satu atau dua baris, maka akan sangat cocok.

Jika kalian ingin menggunakannya, katakan "Email" atau "Kirim Email" diikuti dengan nama kontak. Perintah tersebut berguna untuk membuat pesan email dan kalian harus mengetik pesannya secara manual.

Ok Google, Hey Google: Google Translate

Dalam hal ini, kalian harus memasang aplikasi Google Translate agar dapat berjalan secara sempurna. Jika kalian belum punya, maka instal lah terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Setelah terinstal, katakan perintah seperti "Terjemahkan ke Bahasa Jawa" atau "Tidur dalam bahasa jawa".

Perintah Lainnya

Siapa yang tahu apa lagi yang bisa dilakukan oleh Google Assistant di masa depan? Mungkin kalian dapat memesan Grab atau Gojek untuk melihat bulan atau meminta Google untuk membaca pikiran seseorang.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar