Mengenal Akamai NetSession dan Cara Menguninstalnya

Dengan banyaknya Software yang terus bertambah, banyak Developer yang menggabungkan Installer dengan Download Manager yang memungkinkan pengguna untuk mendownload File yang bersar melalui Internet walaupun koneksinya lambat. Inilah yang dilakukan oleh Akamai NetSession.

Mungkin saja terdapat salah satu Software yang ada di PC/Laptop kalian dibundel dengan Akamai NetSessions dan diinstal tanpa sepengetahuan kalian. Sekarang, jika kalian belum tau apa itu Akamai NetSession? Apakah Akamai NetSession itu aman? dan bagaimana cara meng-uninstalnya? Pada artikel ini, kita akan mebahasnya.


Apa itu Akamai NetSession?

Akamai NetSession Interface adalah aplikasi aman yang dapat diinstal oleh Third-Party Installer pada PC/Laptop kalian untuk meningkatkan kecepatan, kemampuan, dan efisiensi aplikasi dan media.

Beberapa aplikasi/software streaming video juga menggunakan Tool ini untuk meningkatkan kualitas streaming.

Ketika Akamai NetSession diaktifkan oleh Software Publisher, NetSession dapat menggunakan sedikit Bandwidth Upload dan dapat mengaktifkan Interface NetSession lainnya untuk mendownload sebagian konten dari publisher di PC/Laptop kalian.

Apakah Akamai NetSession itu Aman?

Ya, Interface NetSession itu aman dan tidak mengandung Spyware, Adware, atau Virus. Menurut Developernya, Software tersebut juga tidak mengumpulkan atau mengirim informasi pribadi.

Interface NetSession dapat berjalan di Background dan dirancang untuk membantu meningkatkan kecepatan, kemampuan, dan efisiensi dalam mendownload dan streaming media. Kalian dapat melihat aktivitas proses Akamai dengan melakukan beberapa tahap berikut:
  1. Pada PC/Laptop Windows, buka program Run dengan menekan tombol Windows + R pada Keyboard.
  2. Ketikkan control dan klik OK untuk membuka Control Panel.
  3. Klik pada Akamai NetSession Interface Control Panel untuk melihat aktifitasnya.

Cara Uninstall Akamai Netsession

  1. Jalankan Run dengan menekan tombol Windows + R pada Keyboard.
  2. Ketikkan control dan klik tombol OK untuk membuka Control Panel.
  3. Pilih Programs > Programs and Features.
  4. Pilih Akamai Netsession Interface dari daftar aplikasi terinstal.
  5. Klik tombol Uninstall, kemudian klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi.

Jika kalian ingin menghapus Akamai NetSession karena curiga karena aktifitasnya seperti Malware atau Adware, maka menurut saya kalian tidak perlu menghapusnya karena Tool ini sepenuhnya aman untuk digunakan. Namun, jika kalian ingin menghapus Tool tersebut, Cara Uninstall di atas mungkin dapat membantu kalian.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lain, jangan ragu untuk menuliskannya pada bagian komentar di bawah ini. Terimakasih.

0 Komentar