Membuat Tabel di Microsoft Office Word Sekaligus Pemformattannya (Pemula)

Tabel merupakan salah satu tool yang digunakan untuk mengelompokkan sebuah kategori atau bisa juga digunakan untuk hal lain. Pada umumnya fitur tabel lebih mudah digunakan di Microsoft Excel, namun ada juga fitur tabel di Microsoft Word namun tidak secanggih yang ada di Excel.



Membuat tabel seperti juga pada word versi sebelumnya maka word 2010 menyertakan fasilitas tabel dengan beberapa tambahan.

Cara Membuat Tabel

Untuk membuat tabel pertama kalian harus memasuki menu insert kemudian klik pada icon tabel Maka akan muncul gambar kotak-kotak seperti dibawah ini

kotak tabel

Sebagai contoh disini dibuat 4 kolom tabel dan 3 baris tabel. Untuk merubah tinggi baris juga dapat dilakukan dengan meletakkan pointer mouse ke bawah klik tahan dan sesuaikan dengan kebutuhan lebar tabel.

tabel 4 kolom dan 3 baris

Untuk memasukkan teks di dalam tabel caranya sangat mudah tinggal arahkan kursor di dalam cell yang akan diisi dengan teksnya.

arahkan krusor ke tabel

Untuk berpindah ke samping cell bisa menggunakan tombol Tab atau bisa juga di arahkan mouse ke dalam cell, untuk berpindah ke bawah bisa menggunakan tombol atas dan bawah atau bisa juga menggunakan kursor yang diarahkan ke dalam cell.

Menambahkan, Menghapus Kolom dan Baris

Untuk menambahkan kolom pada tabel block dulu kolom yang akan ditambahkan kolom.

block tabel

Kemudian Buka Tab Layout serta klik Insert Left untuk menambahkan kolom di sebelah kiri untuk menambahkan kolom di sebelah kanan tekan Insert Right.

tambahkan kolom kiri atau kanan

Untuk menghapus kolom pilih kolom yang akan dihapus lalu tekan tombol backspace.


block kolom tekan tombol backspace

Untuk menambahkan baris pada cell caranya hampir sama dengan menambahkan kolom yang pertama blok baris di mana akan ditambahkan Kemudian klik Insert Below pada Tab Layout

blok baris

Dalam contoh ini akan ditambahkan 2 baris di bawah bari

insert baris

Marge Cell dan Menentukan Posisi Teks (Alignment)

Untuk menentukan alignment atau perataan dalam isi cell dilakukan dengan cara pilih cell yang akan di alignment, masuk ke Tab Layout pilih alignment.

Marge Cell dan Menentukan Posisi Teks (Alignment)

Untuk memformat teks digunakan cara yang sama dalam office yaitu pilih teks kemudian format kemudian format dengan menggunakan formatting toolbar.

Marge Cell dan Menentukan Posisi Teks (Alignment)

Untuk menggabungkan beberapa cell atau marge cell dapat dilakukan dengan cara pilih file yang akan digabung kemudian klik Marge Cell di Tab Layout.

Marge Cell dan Menentukan Posisi Teks (Alignment)

Formula Tabel

Tabel di Microsoft word juga dilengkapi dengan fitur formula namun tidak selengkap dan sebaik di Microsoft Excel. Fasilitas bagian dari tabel tool yang hanya akan muncul saat mengerjakan tabel.

Caranya masuk ke tab layout klik data dan pilih formula kemudian secara default formula yang akan muncul adalah =SUM(LEFT) yang akan menjumlahkan angka di sebelah kirinya, tapi formula dapat di ubah sesuai selera tergantung kegunaannya.

formula

Dengan cara menghapus formula yang ada lalu dimasukkan formula secara manual dengan cara diketik. kemudian untuk cell yang paling bawah di gunakan rumus =sum(above) yaitu menjumlahkan cell-cell di atasnya yang muncul secara default.

sum atas

Diatas merupakan cara yang sangat mudah untuk membuat tabel di Word, kalian juga bisa memanfaatkan Excel untuk membuat tabel yang lebih lengkap lalu di copy ke Word. Terimakasih telah membaca artikel di EL Creative Academy.

0 Komentar