Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogger Blogspot

Mengirim Newsletter melalui Email adalah cara yang sangat lama, sedangkan masa depan untuk Blog/Website pada Mobile akan terus berkembang. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada kalian bagaimana cara memasang, mengaktifkan, atau mengatur Notifikasi (Push Notification) pada Browser khususnya pada Platform Blogger/Blogspot.



Apa itu Push Notifications?

Mungkin kalian sering melihat ketika kalian mengunjungi beberapa Website (Misalnya Facebook) pada Browser, maka akan muncul persetujuan yang meminta izin kepada kalian untuk menampilkan Notifikasi dari Website tersebut meskipun kalian tidak sering mengunjunginya secara aktif.

 Apa itu Push Notifications?

Ketika kalian mengklik tombol Allow/Izinkan, entah itu di PC/Laptop atau Smartphone, maka kalian akan selalu menerima Notifikasi dari Website tersebut yang dapat berupa Artikel baru, Video baru, atau pembaruan lainnya.

Dengan demikian, mungkin kalian akan terus kembali ke Website tersebut. Hal tersebut tidak hanya meningkatkan Direct Traffic, tetapi juga akan meningkatkan Social Share dan dapat membantu pemilik Website untuk membangun komunitas yang dapat dipercaya oleh pengunjung setianya.

Untuk memahami lebih dalam tentang mengapa Push Notifications jauh lebih baik dan lebih menarik daripada Newsletter, mari kita pahami perbedaan diantaranya.

Mengapa Push Notifications Lebih Baik daripada Newsletter?

Sejauh ini, saya belum mengatakan bahwa Newsletters yang dikirimkan melalui E-Mail itu buruk. Newsletter sudah sangat sering digunakan oleh semua orang dan hal tersebut adalah teknik lama, tetapi pasti memiliki dampak yang efektif.

Tetapi, tahukan kalian bahwa terdapat banyak perbedaan dari Push Notifications dan E-Mail Newsletters? Mari simak beberapa hal berikut.

Push Notifications Lebih Mudah Digunakan

Ketika terdapat seorang pengunjung masuk ke suatu Website, tidak jarang yang mengabaikan kolom E-Mail Newsletter. Jika kita lihat dari sudut pandang pengunjung, mereka mungkin akan berpikir bahwa Website tersebut akan membocorkan alamat email kita kepada pihak ketiga demi mendapatkan uang atau menggunakannya untuk mengirim Spam.

Selain itu, mendaftar E-mail Newsletters juga secara teknis bisa berdampak buruk karena mengharuskan pengguna untuk mengkonfirmasi pendaftaran dengan mengklik Link aktivasi yang diterima melalui email yang akhirnya akan berada di bagian Spam dan tidak pernah ditemukan oleh pengguna.

Bahkan jika pengunjung mendaftar untuk mendapatkan pembaruan pada Website kalian, mungkin kalian tidak dapat memastikan apakah pengguna benar-benar akan menerima email yang kalian kirim atau tidak. Hal tersebut dapat terjadi karena sebagian besar penyedia layanan E-Mail seperti Gmail, Outlook, Yahoo, dll. Cenderung memfilter Newsletter sebagai Spam.

Lalu, bagaimana dengan Push Notifications? Sebenarnya, prosesnya jauh lebih simple. Yang perlu dilakukan pengguna adalah hanya mengeklik tombol Allow/Izinkan ketika terdapat Pop-Up yang muncul. Artinya, pengguna akan langsung berlangganan ke Website/Blog kita hanya dengan mengeklik saja! Itulah kelebihan dari Push Notifications.

Rasio Klik-Tayang/Click Throught Rate (CTR) Yang Lebih Tinggi

Kalian bisa membayangkan berapa kali kalian membuka Inbox pada E-mail dalam sehari? Rata-rata pengguna hanya memeriksa emailnya sehari sekali atau bahkan lebih beberapa hari.

Sekarang bayangkan, berapa kali kalian melihat Notifikasi pada Smartphone? Sangat sering bukan? Jadi, sudah sangat jelas bahwa Push Notifications sangat berguna jika dibandingkan dengan E-mail Newsletters.

Maka dari itu, disini saya akan menunjukkan kepada kalian cara untuk membuat Push Notifications khususnya pada Platform Blogger/Blogspot secara gratis untuk dapat memberitahukan pengunjung setiap kali terdapat artikel baru atau ingin mengirim pembaruan apa pun dan kapanpun kalian menginginkannya.

Cara Memasang Push Notifications di Blogger

Terdapat banyak layanan yang menyediakan Push Notifications. Tetapi tidak semuanya dapat kita andalkan.

Disini, saya menyarankan kalian untuk menggunakan layanan OneSignal karena gratis dan terkenal, mungkin juga dapat menjadi yang terbaik khususnya untuk Blogger.

Untuk memasangnya, ikutlah beberapa panduan berikut.

Mendaftar OneSignal

Masuk ke Website OneSignal dan buatlah akun baru (Jika ada, gunakan yang lama) dengan mengeklik tombol "Get Your Free Account".

Memasukkan OneSignal ke Blog/Website

Jika kalian sudah memiliki akun OneSignal, maka kalian bisa Login kedalamnya.

New App/Website

Selanjutnya, kalian dapat mengeklik tombol "NEW APP/WEBSITE" dan memasukkan nama Website kalian.

Create

Terakhir, klik tombol "CREATE".

Memilih Platform

Memilih Platform

Pada tahap ini, kalian akan ditanyakan untuk memilih Platform. Pilih dan cari "Web Push" dan klik tombol "Next".

Mengatur Push Notifications

Mengatur Push Notifications

Pertama-tama, kalian harus memilih integrasi dengan mengeklik pilhan "Wordpress Plugin or Website Bulder" dan pada pilihan CMS, pilih "Blogger".

Rincian

Selanjutnya, isilah semua kolom sesuai dengan tempatnya seperti Nama Website, URL Website, Icon/Logo, dll. Pada piliha "Choose A Label", kalian dapat memasukkan nama Website/Blog kalian dan pada Toggle "Auto Resubscribe" harus pada kondisi ON (Aktif) jika pengalihan HTTPS pada Blogger kalian sudah diaktifkan.

Mengatur Izin Push Notifications

Jika kalian sudah mengatur Push Notifications, sekarang kalian dapat mengatur Izin dari Push Notifications. Scroll ke bawah dan cari Step 3: Permission Prompt Setup.

Permission Prompt Setup.

Klik tombol "ADD A PROMPT". Pada pilihan PROMPT TYPE, kalian dapat memilih salah satunya, tetapi yang sangat direkomendasikan adalah SLIDE PROMPT. Selain itu, kalian juga dapat mengatur pesan Notifikasi pada kolom "SLIDEDOWN PROMPT". Terakhir, klik tombol "SAVE".

Mengatur Tampilan Push Notifications

Pada tahap sebelumnya, kalian dapat mengatur Notifkasi ketika terdapat pengguna untuk mengaktifkan Notifkasi untuk Blog/Website kalian. Selanjutnya, kalian juga dapat mengatur pesan setelah pengguna mengaktifkan Notifikasi pada kolom yang telah disediakan.

Mendapatkan Kode

Mendapatkan Kode

Jika kalian sudah menyelesaikan semua tahap diatas, selanjutnya kalian dapat menyimpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol "SAVE" yang ada di paling bawah halaman dan salin semua kodenya dengan mengeklik tombol "Copy Code".

Memasang Push Notifications di Blogger

  1. Masuk ke Blogger, kemudian pilih Theme (Tema) > Edit HTML.
  2. Pada bagian Edit HTML, tekan tombol CTRL + F pada Keyboard dan cari kode </head>.
  3. Kemudian, pastekan kode OneSignal tepat di atas kode </head>.
  4. Jika sudah, klik tombol Save (Simpan).
  5. Terakhir, kembali ke halaman OneSignal dan klik tombol "Finish".

Sekarang, kalian sudah berhasil membuat Push Notifications pada Blogger. Lalu apa yang dapat kita lakukan selanjutnya?

Cara Mengirim Notifikasi ke Subscriber

  1. Masuk ke Website OneSignal dan pilih Website yang telah kalian buat.
  2. Selanjutnya, pada Header Menu, pilih "MESSAGES".
  3. Setelah halaman sudah terbuka, klik tombol "NEW PUSH".
  4. Isi Judul, Pesan, dan URL ketika di klik pada kolom yang sudah di sediakan.
  5. Terakhir, klik tombol "CONFIRM".

Jika sudah, maka akan muncul notifikasi kepada semua pengunjung yang sudah mengangktifkan notifikasi One Signal.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk memasang Push Notifications di Blogger. Saya sangat senang jika kalian bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang tertarik. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan Notifikasi Push Notifications EL Creative Academy juga yaa!

0 Komentar