Pertanyaan tentang Google Analytics untuk Pemula (Bisnis)

Google Analytics adalah Online Tools yang gratis dan dapat kita gunakan untuk melacak (Tracking) Data Pengunjung atau Visitor ke Website yang terkait. Tools tersebut berguna untuk membantu kita dalam optimalisasi Website. Selama kita masih melakukan Search Engine Optimization (SEO), kita harus selalu menggunakannya. Untuk itu, kita juga harus tau alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Google Analytics, apa pentingnya dalam menggunakan Google Analytics untuk bisnis, serta apa saja manfaat dalam menggunakan Google Analytics.

Jika kalian memiliki Blog/Website bisnis, mungkin kalian perlu mempelajari cara menganalisis pengunjung serta melihat potensialnya. Dalam hal ini, kalian memerlukan Google Analytics.

Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang Google Analytics yang sering ditanyakan oleh pemula:



Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah Online Tools yang ditawarkan oleh Google kepada semua orang yang memiliki dan menjalankan Website/Blog khususnya untuk bisnis. Dengan menggunakan Tool ini, kita akan dapat lebih memahami data yang diberikan ketika kita ingin memeriksa berapa banyak pengunjung yang masuk ke Blog/Website kita dan berapa banyak penjualan yang dapat kita peroleh dari kunjungan tersebut.

Apa Fungsi dari Google Analytics?

Pada dasarnya, Tool tersebut dapat menampilkan dua jenis data antara lain:
  • User Acquisition Data - Data yang berupa pengunjung yang masuk ke Blog/Website.
  • User Behavior Data - Data yang berupa perilaku pengunjung ketika keluar dari suatu Blog/Website.

Mengapa User Acquisition dan User Behavior Data itu Penting?

User Acquisition Data adalah informasi yang menggambarkan Demografi Target bisnis kita. Misalnya, jika kita menjual produk Smartphone, maka User Acquisition Data akan memberi tahu kita bahwa target pelanggan untuk produk tersebut adalah pria berusia 20 hingga 30 tahun yang ada di komunitas tertentu dan mendapatkan gaji tertentu. Hal tersebut berarti konten yang kita buat pada Website/Blog dirancang khusus untuk menarik perhatian pelanggan sehingga mereka akan masuk ke Website/Blog kita.

Di sisi lain, User Behavior Data dapat memberi tahu kita tentang kumpulan informasi yang berbeda. Jenis data tersebut dapat menunjukkan bahwa wanita yang berusia 30 hingga 50 tahun yang sudah memiliki bisnis sendiri adalah pengunjung biasa yang masuk ke Website/Blog Kita. Hal tersebut dapat menjadi penemuan yang mengejutkan dan konten yang kita buat telah jauh dari Demografi Target pengunjung yang sebenarnya.

Bagaimana Google Analytics Dapat Mengubah Perilaku Pengguna?

Pertama-tama, pemilik bisnis harus mengintegrasikan kode Tracking dari Google Analytics ke dalam kontennya. Hal tersebut dapat berarti bahwa ketika pengunjung masuk ke dalam konten, kode Tracking akan dikirim kembali ke Google Analytics dan pada akhirnya akan memberi tahu pemilik bisnis mengenai demografi pengunjung yang benar-benar mengunjungi konten tersebut. Lebih bagusnya lagi, kita juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang siapa saja pengunjung yang suka memperhatikan konten.

Apa Keuntungan dalam Menggunakan Google Analytics?

Pemilik bisnis yang menggunakan Google Analytics harus memasukkan kode Tracking pada setiap halaman Blog/Website. Hal tersebut dapat berarti bahwa di mana pun pengunjung berada, Google Analytics akan dapat mendeteksi keberadaan pengunjung. Pemilik bisnis akan dapat memutuskan apakah ia akan terus menjual produk atau beralih ke produk atau layanan yang lebih menarik bagi pengunjung lainnya.

Metrik Mana yang Harus paling Penting di Google Analytics?

  • SEO Ranking - Data dari metrik tersebut hanya menunjukkan di mana peringkat Blog/Website bisnis di antara berbagai Search Engine dan apakah terdapat perubahan atau tidak.
  • SEO Conversions - Dapat berarti bahwa pengunjung yang masuk ke Blog/Website melakukan suatu hal yang positif seperti meninggalkan komentar tentang produk atau layanan yang disediakan atau bahkan membeli produk tersebut. Secara alami, hal tersebut adalah jenis data yang bagus untuk dilihat.
  • Organic Traffic - Dapat berarti bahwa konten yang ada pada Blog/Website dapat menarik pengunjung dan metrik tersebut sangat penting untuk dilihat karena pemilik bisnis mungkin ingin mengetahui apakah pemasarannya sepadan dengan uang yang dikeluarkan atau tidak. Istilah "Organic" dapat berarti bahwa pengunjung yang masuk ke Blog/Website tersebut adalah "alami" atau tidak dibuat-buat dan dapat diibaratkan dengan "niat dari penggunjung".

Kesimpulan

Jika pemilik bisnis ingin menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan lebih banyak penjualan pada produk atau layanan yang disediakan, sangat penting untuk mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu. Google Analytics dapat membantu pemilik bisnis dalam mengetahui konten mana yang mendapatkan perhatian dari target audiensnya. Hal tersebut juga membantu meningkatkan penjualan bagi pemilik bisnis. Pemilik bisnis mungkin ingin mengambil keuntungan dari Tool yang gratis digunakan ini sehingga penjualan yang berhenti secara tiba-tiba bisa menjadi kuat yang berarti bisnis tersebut memiliki peluang untuk tetap bertahan di tengah pasar bisnis yang sangat kompetitif.

Tulis Komentar

0 Komentar