EL Creative Academy Site of The Month
Mempercantik Dokumen Word Menggunakan Style, Themes, Shape dan Efek 3D 
Mempercantik tampilan word untuk kepentingan marketing dan sebagainya, kalian bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh Microsoft Word secara mudah. Mulai dari style, tema, bentuk shape, hingga efek 3D sederhana, semua itu sudah disematkan oleh Microsoft untuk memudahkan kalian untuk membuat sebuah dokumen.


Menggunakan Style

Salah satu fasilitas yang menjadi semakin menarik dalam Microsoft word adalah style dan tema

Cara Penggunaan

Pada contoh berikut akan didemonstrasikan cara penggunaannya sebagai berikut.
Untuk memulai letakkan kursor di depan paragraf yang akan diberikan style tertentu,

letakkan kursor di depan paragraf

Kemudian masih dalam tab home klik dalam quick styles maka akan terlihat beberapa style yang telah disediakan oleh Microsoft word dan dengan melalui masing-masing style dengan pointer mouse live preview akan langsung memperlihatkan perubahan pada paragraf yang telah dipilih,

klik panah untuk melihat semua style yang ada
hover style untuk preview style

Bila sudah menentukan style yang ingin dipilih klik pada style yang dipilih maka style akan otomatis ditanamkan di paragraf tersebut.

pilih style yang dipilih

Cara Menggunakan Theme

Selain style, Word juga menyediakan fasilitas theme. Yang merupakan grup di bawah tab page layout.

Cara Penggunaan

Klik pada menu tab Page Layout di group themes dan untuk melihat pilihan tema silakan klik themes maka tema yang sudah tersedia di Microsoft word akan ditampilkan,

memilih tema dokumen

Arahkan pointer mouse ke tema yang ingin dipilih maka live preview akan mempreview dokumen yang ada persis yang dilakukan saat langkah untuk membuat style.

hoover untuk preview tema


Jika kalian sudah menentukan tema mana yang ingin dipilih cukup klik 1 kali pada tema yang dipilih tersebut.

klik untuk menerapkan tema di dokumen

Note!! perlu diperhatikan bahwa khusus paragraf yang sudah diformat menggunakan quick style akan tetap tampil berbeda seperti yang sudah diatur menggunakan fitur quick style karena sudah diformat sebelum tema diterapkan di mana seluruh dokumen seluruhnya akan terformat seperti tema.

Menyisipkan Auto Shape dan Membentuk 3D

Ada kalanya kalian perlu menyisipkan beberapa bentuk kedalam dokumen, hal itu bisa dilakukan menggunakan fasilitas shape pada Microsoft word yang terdapat pada tab menu insert.

Cara penggunaannya

Untuk menggunakannya sangatlah mudah masuk ke tab menu insert, Kemudian klik shape. pada menu yang muncul akan terlihat beberapa dan banyak sekali bentuk yang bisa kalian pilih sendiri mulai dari Line atau garis, bentuk dasar, panah, flowchart, call out serta stars and banners.

memasukkan shape dan menggambar shape

Untuk memilih salah satu bentuk klik pada bentuk yang diinginkan contohnya di sini dipilih bintang berkaki lima, Kemudian bentuk tersebut di gambar dengan cara klik dan drag hingga mendapatkan ukuran yang tepat lalu tombol mouse dilepas, untuk hasil yang presisi bisa menekan tombol shift saat membentuk gambar.

klik dan drag mouse untuk menggambar

Lalu setelah itu akan secara otomatis muncul tab menu format yang merupakan group drawing tools.

Bintang Kaki lima yang sudah digambar bisa kalian beri warna yang terdapat pada grup shape style dengan klik panah bawah dapat terdapat berbagai warna dan corak yang dapat kalian pilih sendiri, live preview memungkinkan kalian melihat untuk dan warna sebelum kalian pilih dengan hanya menggerakkan pointer mouse melewati berbagai pilihan yang ada.

hover untuk preview style shape

Untuk memilih klik saja style yang ingin dipilih.

Untuk merotasi gambar, caranya letakkan pointer mouse titik rotasi kemudian klik dan tahan lalu putar di arah yang diinginkan selain itu kalian dapat menambahkan efek tiga dimensi melalui menu 3D effect ada banyak efek yang bisa dipilih.

kik dan drag untuk merotasi shape

Disamping itu kalian juga dapat merubah sudut dari bentuk 3D yang dibuat menggunakan tool tilt, seperti contohnya di sini bintang berkaki lima yang sudah di gambar di tilt ke kanan dan ke atas.

membuat efek 3d dengan tool tilt

Itu tadi adalah tips mempercantik tampilan dokumen yang ditujukan untuk kepentingan promosi atau marketing dan sebagainya secara sederhana dan mudah. Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar masukkan untuk penulis silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terimakasih telah membaca artikel di EL Creative Academy.

2 Komentar

  1. Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy, jangan lupa untuk terus pantau artikel di EL Creative Academy yang terus update setiap hari

      Hapus

Posting Komentar