Tips Ampuh SEO Blogger Blogspot

Mungkin kita semua sudah cukup banyak mengenal tentang Blogspot dan salah satu hal yang tidak saya sukai pada Blogspot adalah terdapat sedikit pembatasan dalam SEO. Terdapat banyak panduan SEO untuk Blog yang menggunakan Google Blogger (Blogspot) di Internet dan kebanyakan berupa tutorial pengeditan template secara keseluruhan, tetapi tidak pada WordPress, disana terdapat Plugin yang dapat memudahkan kita untuk mengoptimalkan Blog atau Website.

Tetapi, disini saya tidak akan membandingkan keduanya karena fungsinya hampir sama dan saya juga memiliki sedikit pengalaman pada Blogspot. Dan juga, disini saya akan menunjukkan beberapa tips SEO untuk Blogspot yang mungkin dapat membantu kalian dalam mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP.

Blogspot adalah Platform Blogging yang gratis untuk digunakan dan telah menjadi Platform yang paling banyak disukai untuk Blogger pemula. Banyak Blogger pada awalnya menggunakan Google Blogger kemudian berpindah/migrasi ke WordPress karena mengeluh tentang kurangnya template atau tema resmi, SEO, plugin, dll.



Tips dan Trik SEO pada Blogspot

Ketika kita membahas tentang SEO, hal pertama yang perlu kita ingat adalah: kita dapat mengontrol On-Site dan Off-Site SEO. On-Page SEO dapat kita buat sendiri yang mencakup kualitas artikel dan seberapa baik Keyword dan Meta pada artikel tersebut dioptimalkan.

Memformat Blogger Post Permalink

Dalam SEO, Permalink merupakan salah satu peran yang cukup besar untuk meningkatkan peringkat postingan pada Search Engine. Terdapat beberapa aturan yang harus diikuti oleh para Blogger antara lain:
  1. Pastikan jumlah karakter pada judul postingan sudah mencapai 50 karakter.
  2. Kurangi penggunaan kata sambung/konjungsi pada Permalink (Contohnya seperti: yang, dan, dengan, atau, dll).

Saat menulis postingan pada Blogger, kalian pasti memiliki pilihan untuk mengedit Permalink. Cukup gunakan pilihan tersebut untuk mengedit Permalink dan menghapus penggunaan karakter/kata yang sudah saya sebutkan diatas.

Mempertahankan Keyword Density

Keyword Density merupakan salah satu aspek terpenting untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Kalian dapat memilih Keyword Density yang cocok untuk artikel dengan cara mempublikasikan artikel yang relevan dengan judul postingtingan dan sertakan Keyword (Kata Kunci) yang diperlukan du dalam postingan.

Mengatur Label Post dan Related Posts

Label pada Blogspot dapat menambah Keyword Density di dalam postingan. Pertimbangkan suatu hal ketika kalian ingin memposting artikel tentang Blogger tetapi menempatkan Labelnya pada Label JavaScript. Dalam hal ini, kalian akan kehilangan Keyword utama kalian yaitu Blogger yang tentu saja tidak akan menambah Keyword Density pada seluruh postingan. Selain itu, Label juga dapat memengaruhi Widget seperti Related Post pada Blogger.

Memformat Judul Postingan pada Blogger

Judul postingan pada Blogger biasanya diikuti dengan judul Homepage. Lihatlah gambar berikut:

Contoh Judul Postingan

Di sini judul postingan harusnya berupa "Contoh Judul Postingan" saja. Tetapi, pada gambar diatas,  judul tersebut termasuk ke dalam judul Homepage "Judul Blog: " dan hal tersebut dapat memperburuk SEO. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya. Masuk ke Blogger, pilih Edit HTML > dan cari kode berikut:

<title><data:blog.pagetitle/></title>


Ubahlah kode diatas menjadi kode berikut:

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


Sekarang masing-masing halaman akan memiliki judul postingan sendiri.

Memformat Gambar pada Blogspot

Optimalisasi gambar pada Blogspot dapat dilakukan dengan menambahkan Tag alt dan title pada setiap gambar. Pada WordPress, hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Plugin. Tetapi tidak Blogspot, disini kita perlu melakukannya secara manual setelah meng-Upload gambar.

Menyertakan Meta Tag

Meta Tag adalah Tag HTML yang dihasilkan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan rincian URL lainnya. Meta Tag tidak memiliki banyak pengaruh bagi Search Engine, tetapi dapat membuat sedikit dampak pada Keyword yang ditargetkan.

Menyertakan Judul, Deskripsi, dan Teks Footer yang Baik

Judul, Teks pada Footer, dan deskripsi memiliki peran penting dalam SEO pada setiap blog. Jika kalian menargetkan beberapa Keyword, pastikan bahwa kalian telah memasukkan Keyword tersebut pada Meta Tag.

Menyertakan Nofollow pada Link External

Nofollow adalah atribut HTML yang dapat diterapkan pada Link untuk memblokir Index Link pada setiap Blog/Website di hasil pencarian Search Engine. Pada Blogger, kalian dapat menambahkan atribut tersebut ketika ingin membuat Link.

Memformat Bagian Komentar

Komentar harus selalui dipantau guna mengurangi Spam. Cobalah untuk memasukkan Keyword postingan ketika kalian membalas komentar dari pengunjung. Hal tersebut juga dapat menambah Keyword Density dari keseluruhan artikel.

Blogspot adalah Platform blogging dari Google, dan jika kalian dapat mempergunakannya dengan benar, pasti kalian akan mendapatkan Traffic yang bisa dibilang bagus.

Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk membagikannya. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis  pada kolom komentar. Terimakasih.

0 Komentar