EL Creative Academy Site of The Month
Trik Aneh pada JavaScript

Dari semua fitur yang dimiliki JavaScript, terdapat beberapa bagian aneh yang mungkin dapat membuat kalian bingung ketika memahaminya. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keanehan serta penjelasan yang ada di JavaScript.



Trik 1: "banana" pada JavaScript


Tweet dari @shadowcheets telah menjadi Trending beberapa bulan belakangan karena telah membuat banyak orang menjadi bingung. Disini kita akan menggali dan mencari tahu mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Penjelasan String "banana"

Huruf "b" dan "a" adalah String yang ditambahkan menjadi "ba". Setelah huruf "a", kita dapat melihat dua tanda tambah "+ +", tanda tambah yang pertama digunakan untuk Concatenation seperti tanda tambah sebelumnya. Tetapi, tanda tambah kedua itu dinamakan Unary Operator yang dapat mengubah String menjadi sebuah angka.

Karena huruf "a" tidak dapat diubah menjadi angka, maka JavaScript akan mengubahnya menjadi "NaN" (Not a Number). Setelah digabungkan, maka akan terbentuk String "BaNaN" kemudian terdapat satu huruf tambahan "a", sehingga akan terbentuk menjadi String "BaNaNa".

Terakhir, kita dapat melihat toLowerCase yang berfungsi untuk mengubah semua karakter menjadi huruf kecil. Dan akhirnya, output akan menjadi "banana"

Trik 2: Menambahkan array pada JavaScript


console.log([1, 2, 3] + [4, 5, 6]);

 Trik 2: Menambahkan array pada JavaScript

Trik ini mungkin dapat terlihat sebagai Statement yang sederhana, tetapi agak sedikit membingungkan bagi siapapun yang tidak mengerti cara kerja JavaScript.

Penjelasan dalam Penambahan array

Array pertama akan diubah menjadi String - "1,2,3" dan "4,5,6". Kemudian, String tersebut akan di gabungkan (Concatenated), sehingga hasilnya akan menjadi "1,2,34,5,6".

"1,2,3" + "4,5,6" //"1,2,34,5,6"


Trik 3: Fungsi parseInt() pada JavaScript

Mungkin trik ini juga akan terlihat sulit, karena membutuhkan waktu untuk memahaminya.

console.log(parseInt(null, 24));

 Trik 3: Fungsi parseInt() pada JavaScript


Pada trik diatas, kita telah menggunakan fungsi parseInt dalam berbagai bahasa termasuk JavaScript. Mungkin beberapa dari kalian tahu bahwa fungsi parseInt memiliki parameter opsional kedua untuk "radix" yang merupakan angka dasar untuk mengubah nilainya.

Penjelesan Fungsi parseInt()

Pada contoh trik diatas, null akan diubah menjadi String "null" kemudian akan diubah lagi menjadi angka dengan base24. Huruf "n" akan ditambahkan kedalam angka base24.

Nilai dari huruf "n" dalam sistem angka adalah 23. Maka dari itu, hasilnya akan menjadi 23.

Sistem Angka Base24
Base24 adalah suatu sistem angka yang menggunakan angka 24 sebagai dasarnya. Karakter yang digunakan dalah sistem ini adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, dan N.

Catatan: Fungsi parseInt akan memparse karakter demi karakter sampai fungsi tersebut tidak mengetahui karakternya.

Itulah beberapa contoh trik serta keanehan yang ada pada JavaScript. Walaupun aneh, tetapi tetap seru untuk dibahas. Semoga artikel ini dapat menambah pengtahuan kalian dan terakhir, terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar