Mengatur Permissions atau Izin pada Linux

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal tentang Permissions atau Izin pada Linux. Aslinya, terdapat banyak sekali hal yang harus kita ketahui tentang Linux. Untuk sementara, saya akan menujukkan poin-poin nya saja.



Mengecek Permissions atau Izin pada Linux

Ketika kita ingin melihat izin dari file atau folder, kita dapat menggunakan perintah ls dikuti dengan perintah -l atau Long Switch. Sebagai contoh, disini saya akan melihat beberapa izin dari file yang ada di direktori /Downloads/Dokumen:

ls -l

ls -l

Pada Screenshot diatas, kita dapat melihat beberapa informasi tentang file yang terdiri dari direktori, izin, jumlah link, pemilik file, pemilik grup, ukuran file, tanggal diubah, dan nama dari file. Sekarang, mari kita ketahui makna dari masing-masingnya.

Mengidentifikasi File atau Direktori

Karakter pertama pada setiap baris merupakan informasi tentang jenis seperti file atau direktori/folder. Jika karakter pertamanya diawali dari dengan huruf  d, maka jenisnya adalah direktori/folder. Jika karakter pertamanya diawali dengan karakter -, maka jenisnya adalah file.

Mengidentifikasi Izin/Permissions dari File atau Direktori

Bagian selanjutnya dari karakter pertama adalah izin dari file tersebut yang teridi dari tiga set: rwx merupakan singkatan dari read, write, dan execute. Karakter tersebutlah yang menentukan apakah terdapat izin untuk menulis file, membaca file, atau menjalankan file. Setiap set dari rwx mewakili izin dari owner, group, dan semua orang.

Jadi, jika kita melihat file teks-03.txt di baris keempat pada contoh gambar berikut:
teks-03.txt

Kita dapat melihat teks -rw-r--r-- yang artinya bahwa file (-) tersebut dapat dibaca (r) dan ditulis (w) oleh pemiliknya, tetapi tidak untuk dijalankan (-).

Selanjutnya adalah set izin yang mewakili group. Disini, kita dapat melihat bahwasannya terdapat izin untuk membaca (r), tetapi tidak ada izin untuk menulis (-) serta tidak ada izin untuk di jalankan (-) oleh group.

Dibagian akhir, izin untuk semua orang. Disini, kita dapat melihat bahwasannya semua orang hanya memiki izin untuk membaca (r) file tersebut.

Mengubah Permissions atau Izin pada Linux

Mari kita bayangkan jika kita ingin agar group dapat menulis dan menjalankan file text-03.txt. Linux memiliki perintah yang dinamakan chmod untuk mengubah izin dari file selama kita yang memiliki file tersebut.

Izin Berdasarkan Angka

Jika kita mengibaratkan izin sebagai saklar on/off dan saklar tersebut berada pada sistem bilangan dua dasar. Saat saklarnya aktif, saklar paling kanan diwakili dengan angka 1, saklar tengah diwakili dengan angka 2, dan saklar paling kiri diwakili dengan angka 4.

Jadi, ketiga izin berdasarkan angka tersebut dapat terlihat seperti berikut

r w x
4 2 1 = 7


Jika kalian menjumlahkan ketiga angka tersebut, kalian akan mendapatkan angka tujuh. Benar Bukan? Pada Linux, untuk mengaktifkan suatu izin, kita dapat mewakilinya dengan angka desimal tujuh. Jadi, jika kita ingin mewakili semua pemilik (7) group (7) dan semua orang (7) untuk memiliki izin. Kita dapat menggunakan angka 777.

Sekarang, mari kita lihat kembali file teks-03.txt dan ingatlah tentang logika izin diatas (rw-r--r--). Jika dijadikan angka, maka akan terlihat seperti berikut:

r w - r - - r - -
4 2 0 4 0 0 4 0 0


Angka tersebut dapat mewakili 644.

Mengubah Izin Asli dari File

Sekarang, jika kita ingin memberikan izin kepada group untuk menulis (4) dan menjalankan (1) file, kita dapat menggunakan perintah chmod. Kita dapat mengubahnya dengan menggunakan perintah berikut:

chmod 774 teks-03.txt

chmod 777

Statement diatas dapat memberikan izin untuk pemilik (4 + 2 + 1 = 7), group (4 + 2 + 1 = 7), dan semua orang untuk membaca file (4 + 0 + 0 = 4). Jika kita menggunakan perintah ls -l, kita dapat melihat hasil perubahannya. Mudah Bukan?

Mengubah Permissions atau Izin dengan UGO pada Linux

Selain metode angka, terdapat metode lain yang dapat digunakan dengan mudah. Metode ini sering disebut dengan penulisan UGO (U = User, G = Group, dan O = Others) serta memiliki tiga operator:
  • + untuk menambahkan izin.
  • - untuk mengurangi izin.
  • = untuk mengatur izin.

Jadi, jika kita ingin mengurangi izin group dalam menulis file, kita dapat menggunakan perintah berikut:

chmod g-w teks-03.txt


Jika diartikan kedalam bahasa manusia, perintah tersebut mengatakan "untuk group (g) kurangi (-) izin penulisan (w) pada file teks-03.txt".
chmod g-w

Pada contoh gambar diatas, kita dapat melihat ketika saya melihat izin file dengan menggunakan perintah ls -l, file teks-03.txt tidak lagi memiliki izin penulisan untuk group.

Jika saya ingin memberikan izin kepada user dan group untuk menjalankan file, saya dapat menuliskan perintah:

chmod u+x,g+x teks-03.txt


Mungkin itu saja beberapa hal yang dapat saya sampaikan, jika kalian memiliki beberapa pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

0 Komentar