Ads by Yasya El Hakim
Menginstal Software atau Aplikasi di Linux

Pada bagian sebelumnya, saya telah menunjukkan beberapa perintah dasar pada linux. Pada artikel ini, kita akan fokus dalam menginstal software baru kedalam Linux, khususnya distro yang sedang saya gunakan saat ini yaitu Kali Linux.



Mengupdate atau Memperbarui Repository pada Linux

Untuk melihat tools yang tersedia pada Kali Linux, kalian bisa melihatnya di kali.org. Di website tersebut kalian dapat menemukan banyak sekali tools yang tersedia (khusunya tools hacking). Sayangnya, tidak banyak tools selain tools hacking yang tersedia pada repository Kali Linux.

Untuk melihat dan mengedit repository, kalian dapat membuka file yang sources.list yang berada di direktori /etc/apt/. Sekarang, mari kita buka Leafpad (Sama seperti Notepad) untuk melihat isi dari file tersebut:

Leafpad

Seperti yang sudah kalian lihat pada gambar diatas, kalian dapat melihat satu source pada file sources.list (sudah saya edit) dan semuanya tertuju pada repository Kali Linux. Selain itu, kita juga dapat menambahkan repository lain.

Package Management dengan Command Line pada Linux

Perintah untuk menjalankan Package Manager pada Ubuntu dinamakan apt. Penulisan dasar untuk menggunakan perintah apt untuk mendownload package adalah seperti contoh berikut:

apt-get install aircrack-ng


Sekarang, mari kita buka Terminal dan masukkan perintah diatas untuk menginstal aircrack-ng (Kalian juga dapat merubah nama Package):

Aircrack-ng

Perintah diatas akan segera dijalankan dan akan mendownload Dependency yang di butuhkan kemudian akan terinstal secara otomatis.

Menginstal Software dari Source pada Linux

Jika kalian ingin mendownload Software yang tidak ada di Repository. Kalian dapat mendownloadnya dari sumber lain. Biasanya, Installernya memiliki format tar atau tarball. File tersebut adalah beberapa file yang di gabungkan menjadi satu file dan di kompress (sama seperti file Zip).

Sebagai contoh, saya tidak memiliki software Sublime Text di dalam Repository. Maka saya harus mendownload file yang berekstensi .tar atau .tar.gz atau .tar.bz2 dari website resmi Sublime Text .

Ketika sudah di download, misal nama file nya adalah sublime_text_3_build_3211_x64.tar.bz2. Langkah selanjutnya adalah kita harus mengekstraknya menggunakan perintah tar:

tar xvf sublime_text_3_build_3211_x64.tar.bz2 


Perintah diatas berfungsi untuk mengekstrak file tersebut. Selanjutnya, kita harus meng-compile dengan menggunakan GNU Compiler. Proses Compile tersebut berfungsi untuk memberikan Binary (File Program) kedalam sistem operasi. Kita dapat meng-compile nya dengan menggunakan perintah berikut:

gcc sublime_text


Jika sudah berhasil, kita dapat menjalankannya dengan menggunakan perintah berikut (Berada di dalam direktori file yang di ekstrak):

./sublime_text


Perlu dicatat bahwasannya dalam menjalankan file, kita harus mengawali perintah dengan ./ untuk menjalankan file langsung dari direktorinya.

Terdapat beberapa cara untuk menginstal Software pada Linux dan saya berharap beberapa contoh diatas tidak membuat kalian bingung. Jika kalian masih bingung dengan menggunakan Command Line, kalian juga bisa menggunakan GUI Package Manager.

Mungkin pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang Jaringan pada Linux khususnya menggunakan Kali Linux. Jika kalian belum siap, pastikan kalian sudah membaca Bagian sebelumnya terlebih dahulu. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya