EL Creative Academy Site of The Month
Cara Menggabungkan File dan Sheet pada Microsoft Excel

Terkadang, data dari Microsoft Excel yang kita butuhkan terbagi menjadi beberapa lembar atau bahkan beberapa file. Jelas jauh lebih nyaman jika kita memiliki semua informasi tersebut dalam dokumen yang sama.

Pada keadaan yang darurat, mungkin kita sering menyalin dan mem-pastekannya dalam beberapa Cell yang dibutuhkan dan menempatkan semuanya pada sheet yang sama. Tetapi, semua itu tergantung pada seberapa banyak data yang kalian kerjakan karena hal tersebut mungkin dapat menghabiskan banyak waktu kalian.

Sebaliknya, kalian juga harus mempertimbangkan beberapa cara untuk menyelesaikan tugas yang sama. Metode tersebut mungkin hanya dapat kalian gunakan untuk melewatkan beberapa pekerjaan yang banyak ketika ingin menggabungkan lembar atau file pada Microsoft Excel.



Cara Menggabungkan Sheets pada Microsoft Excel

Kita dapat menggabungkan file Microsoft Excel yang lebih dari satu lembar ke dalam Workbook baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Buka Sheets yang ingin kalian gabungkan.
  2. Klik Home > Format > Move or Copy Sheet...
  3. Pada menu Dropdown To book, pilih (New Book).
  4. Klik Tombol OK.
 Cara Menggabungkan Sheets pada Microsoft Excel

Menggabungkan Sheets pada Microsoft Excel Menjadi Satu File

Cara termudah untuk menggabungkan Sheets pada Microsoft Excel adalah dengan menggunakan perintah Move or Copy Sheet. Metode ini memiliki beberapa batasan, tetapi dapat digunakan dengan cepat dan mudah.

Pertama, buka Sheets yang ingin kalian gabungkan ke dalam Workbook yang sama. Kemudian ikutilah langkah-langkah berikut:
  1. Klik Menu Home.
  2. Klik Format.
  3. Pilih Move or Copy Sheet.
Kalian akan melihat kontrol untuk tempat memindahkan Sheets yang dipilih beserta urutannya.

Menggabungkan Sheets pada Microsoft Excel Menjadi Satu File

Gunakan menu Dropdown dan pilih (New Book). Hal tersebut berfungsi sebagai master Spreadsheet dimana tempat kalian mengirim masing-masing Sheets. Kalian dapat memilih dan menggunakan pilihan pada Before sheet untuk menentukan urutan dari Sheets.

Ulangilah proses tersebut dengan sisa lembar yang ingin kalian gabungkan. Kemudian simpan dokumen master baru tersebut.

Menggabungkan Data pada Microsoft Excel Menjadi Satu Sheets

Terkadang, kalian mungkin ingin mengambil lebih dari satu set data dan menampilkannya menjadi satu Sheets. Hal tersebut dapat dilakukan pada Excel dengan cara yang mudah selama kalian memiliki sedikit waktu untuk memastikan bahwa data telah diformat dengan benar.

Terdapat dua kondisi penting agar proses tersebut dapat bekerja dengan benar. Pertama, Sheet yang kalian perlukan telah menggunakan Layout yang sama persis dengan header dan jenis data yang identik. Kedua, tidak ada baris atau kolom yang kosong.

Saat kalian ingin mengatur data dengan spesifikasi diatas, buatlah Worksheet baru. Pastikan kalian telah menjalankan prosedur Consolidate pada Sheet yang ada dan memiliki data.

Pada Sheet baru tersebut, klik menu Data > Consolidate. Dari menu Dropdown, pilih Sum dan gunakan tombol pada pilihan Reference untuk mengakses Spreadsheet agar kalian dapat memilih data yang kalian butuhkan.

Menggabungkan Data pada Microsoft Excel Menjadi Satu Sheets

Untuk menambahkan set data selanjutnya, klik tombol Add lalu pilih data dengan cara yang sama. Lakukan hal tersebut pada semua set data yang ingin kalian gabungkan.

Selanjutnya, Centang kotak yang berjudul Create links to source data jika kalian ingin terus memperbarui data pada sheet lain dan ingin sheet tersebut menyamakannya. Kalian juga dapat memilih label mana yang dibawa dengan menggunakan beberapa pilihan pada Use labels in.

Terakhir, klik tombol OK.

Sayangnya, proses tersebut tidak cocok jika kalian ingin menggabungkan Cell dengan teks yang ada di dalamnya — karena hal tersebut hanya dapat bekerja dengan data numerik (Angka). Dalam hal ini, kalian harus menggunakan VBA.

Menggabungkan File Microsoft Excel dengan VBA

Jika kalian ingin menggabungkan Sheet dari beberapa Worksheet dalam sekejap, cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan VBA Macro yang sederhana. Hal tersebut akan sangat berguna jika kalian melakukan suatu tugas secara teratur.

Pertama, pastikan bahwa semua file yang ingin kalian gabungkan berada pada folder yang sama. Lalu, buatlah Spreadsheet baru yang akan digunakan untuk menggabungkan semuanya.

Pilih menu Developer (Jika tidak ada, aktifkan pada menu File > Options > Customize Ribbon > centang kotak Developer > Klik tombol OK) dan pilih Visual Basic. Jika jendela baru sudah terbuka, selanjutnya adalah klik menu Insert > Module.

Menggabungkan File Microsoft Excel dengan VBA

Salin dan pastekan kode berikut kedalamnya:

Sub GetSheets()
    Lokasi = "C:\[PATH ATAU LOKASI FILE]"
    Filename = Dir(Lokasi & "*.xls")
    Do While Filename <> ""
        Workbooks.Open Filename:=Lokasi & Filename, ReadOnly:=True
        For Each Sheet In ActiveWorkbook.Sheets
            Sheet.Copy After:=ThisWorkbook.Sheets(1)
        Next Sheet
        Workbooks(Filename).Close
        Filename = Dir()
    Loop
End Sub


Pastikan kalian sudah mengubah [PATH ATAU LOKASI FILE] menjadi lokasi file tersebut disimpan.

Selanjutnya, simpan Workbook dengan ekstensi XLSM agar Macro dapat diaktifkan. Kemudian jalankan Macro dan kalian akan melihat bahwa kalian akan memiliki satu Workbook yang berisi semua lembar dari semua file yang ada di dalam folder.

Berhati-hatilah Ketika Menggabungkan Data pada Microsoft Excel

Menggabungkan Sheets dan File pada Microsoft Excel bisa menjadi agak sulit dan berantakan.  Menggabungkan sekumpulan data yang berbeda biasanya dapat membuat kita pusing, terutama jika kalian bekerja dengan Spreadsheet dan telah digunakan untuk waktu yang lama.

Semoga  artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar