Mengatasi Masalah WiFi pada Windows 10

WiFi sangatlah baik digunakan karena dapat memberikan kita kebebasan, sementara Ethernet masih mendominasi dalam memberikan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan WiFi. Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan Cara Memperbaiki Masalah WiFi pada Windows 10.


Memperbaiki Masalah WiFi pada Windows 10

Secara teknis, adapter Wi-Fi sangatlah berbeda dengan adapter Ethernet, tetapi secara fungsionalitas, keduanya sama-sama berfungsi untuk adapter jaringan. Berikut adalah beberapa masalah WiFi yang paling sering terjadi di Windows 10:
  • Tidak Bisa Menghidupkan WiFi Adapter.
  • WiFi hilang dari Action Center.
  • WiFi tidak terhubung secara otomatis.
  • Terhubung ke WiFi, tapi tidak atau koneksi Internet terbatasi.
  • Masalah pada Wireless Adapter atau Access Point.
  • Kekuatan sinyal Wi-Fi yang rendah pada Windows 10.
  • WiFi selalu Disconnect.
  • Tidak dapat menemukan jaringan WiFi.
  • dll.

Sebelum kita lanjutkan, pastikan kalian tidak memiliki masalah dengan ISP. Jika masalahnya ada pada ISP dan WiFi Adapter dapat berfungsi dengan baik, maka artikel ini bukanlah tutorial yang cocok untuk memperbaiki masalah yang kalian hadapi.

Mengatasi WiFi yang Hilang dari Action Center

Ketika kalian mengklik pada ikon Globe (WiFi) dan tidak terdapat pilihan untuk mengaktifkan WiFi, maka hal tersebut bisa jadi karena WiFi Adapter yang telah dinonaktifkan. Berikut adalah cara untuk mengatasinya:
  • Klik ikon Globe (WiFi) > Network and Internet Settings > Change adapter options.
  • Setelah itu akan muncul Explorer dan cari dan klik dua kali pada WiFi Adapter.
  • Untuk mengecek masalah lain, kalian dapat mengklik kanan dan pilih Diagnose untuk menjalankan Troubleshooter.

Mengatasi WiFi yang Tidak Dapat Terhubung WiFi Secara Otomatis

Jika kalian sering terhubung ke jaringan, tetapi tidak terhubung secara otomatis setiap kali kalian menghidupkan WiFi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah kalian perlu mengaktifkan pilihan Connect Automatically. Saat menghubungkan ke jaringan baru, pastikan kalian selalu untuk mencentang kotak yang bertuliskan Connect Automatically. Untuk mengaturnya, putuskan koneksi WiFi, lalu sambungkan lagi dan centang pilihan Connect Automatically.

Mengatasi WiFi yang Terhubung tetapi Tanpa atau Koneksi Terbatas

Jika kalian mengalami jaringan yang terhubung tetapi dibatasi padahal koneksi internetnya bekerja pada perangkat lain, biasanya terdapat dua masalah - Tidak Ada Koneksi Internet atau Internet Terbatas. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menjalankan Troubleshooter:
  • Masuk ke Settings > Windows Update and Security > Troubleshoot.
  • Pilih Internet Connection kemudian pilih tombol Run the troubleshooter.

Cara kedua adalah dengan menggunakan Shell:
Buka Command Prompt sebagai admin, dan jalankan perintah berikut satu per satu untuk membersihkan cache DNS, me-reset TCP/IP, dan me-reset Winsock:

netsh winsock reset


netsh int ip reset


ipconfig /flushdns


Netsh adalah perintah Utility berfungsi untuk mengatur koneksi jaringan. Sementara Winsock atau Windows Socket bergungsi untuk memutuskan bagaimana suatu program dapat menangani Request input/output aplikasi Internet. Maka dari itu, me-resetnya adalah salah satu langkah terbaik.

Disini, ipconfig dapat menghapus buffer dan memperbarui koneksi WiFi dengan DHCP.

Kedua perintah tersebut dapat kalian gunakan untuk menyegarkan status WiFi dan dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah pada WiFi.

Mengatasi Masalah Wireless Adapter atau Access Point

Jika kalian menjalankan Troubleshooter dan mendapatkan pesan "Problem with wireless adapter or access point", maka hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan. Tapi, biasanya kalian hanya perlu mengecek daya pada Modem, Router, dan Komputer/Laptop.

Mengatasi Kekuatan Sinyal Wi-Fi yang Rendah

Hal ini sebenarnya bukanlah masalah yang terkait dengan WiFi Adapter atau Windows. Icon WiFi pada Windows biasanya menunjukkan kekuatan sinyal WiFi yang kalian sambungkan, jika rendah, maka kalian harus mendekat ke sumber WiFi tersebut. Jika kalian memiliki Router yang ada di kantor atau rumah, Kalian harus mengatur posisinya agar koneksi dari WiFi tersebut menjadi kuat.

Mengatasi WiFi yang Selalu Disconnect

Sama seperti masalah di sebelumnya, WiFi dapat terus memutuskan koneksi jika kekuatan sinyal yang diterima terlalu lemah. Jika masalahnya bukan itu, maka kalian harus mengecek apakah kalian menggunakan VPN atau tidak.

Mengatasi "Unable to find WiFi Networks"

Terdapat dua hal, Pertama adalah di mana kalian tidak dapat menemukan jaringan WiFi tertentu. Kedua, kalian tidak dapat melihat beberapa jaringan WiFi yang ada, dan terkadang tidak dapat menemukan jaringan.

Kasus pertama dapat berarti bahwa jarak kalian terlalu jauh dari jangkauan atau SSID pada WiFi telah disembunyikan. Tidak jarang orang yang memiliki jaringan WiFi tetapi selalu dijaga agar tidak ada penyusup yang masuk, hehehe. Dalam hal ini, kalian perlu mendapatkan informasi tentang SSID yang tepat, kemudian menyambungkannya secara manual.

Jika kalian termasuk dalam kategori kedua, mungkin kalian perlu memperbarui WiFi Driver.

Saya harap tips diatas dapat memperbaiki masalah WiFi di Windows yang kalian hadapi. Ketahuilah, ini adalah topik yang sangat luas untuk dibahas. Jadi, jika terdapat masalah yang belum tercantum di sini, jangan ragu untuk ditanyakan pada kolom komentar. Terimakasih.

Tulis Komentar

0 Komentar