EL Creative Academy Site of The Month

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui tentang halaman 404 yang merupakan halaman yang tidak ditemukan (Not Found), tetapi menurut saya banyak yang masih belum paham tentang 403: Forbidden. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan membahasnya.



Apa itu Error 403 dan Apakah Maksudnya?

Singkatnya, maksud dari HTTP Error 403 Forbidden adalah kita tidak diizinkan untuk mengakses apapun pada Server.

Berikut adalah penjelasan menurut RFC 7231:

RFC 7231

Penjelasan singkatnya seperti ini:
Status kode 403 (Forbidden) menunjukkan bahwa Server memahami Request tetapi menolak untuk menampilkannya...Jika terdapat authentikasi, Server tetap tidak akan memberikan izin akses karena dianggap informasi tersebut tidaklah cukup.

Response 403 termasuk dalam rentang HTTP Response 4xx yang merupakan kesalahan dari Client. Artinya, Browser yang sedang kita gunakan akan dianggap sedang melakukan kesalahan.

Jika kalian melihat Response ini, biasanya kalian telah mencoba untuk authentikasi ke dalam Server. Dengan kata lain, Kalian telah masuk melalui authentikasi, tetapi informasi yang kalian minta membutuhkan izin akses yang lebih tinggi dari proses authentikasi.

Jika diperjelas dan dipersingkat lagi, Kalian telah masuk sebagai pengguna atau user standar tetapi kalian ingin mengakses halaman yang dikhususkan untuk admin.

Cara Mengatasi Error 403

Jika kalian hanya sebagai pengguna yang tidak memiliki akses ke server, kalian hanya memiliki beberapa pilihan:

Authentikasikan diri kalian dengan akun yang tepat.

Menurut RFC 7231 yang telah saya tunjukkan diatas: Client TIDAK HARUS mengulangi Request Authentikasi yang sama.

Hal tersebut adalah satu-satunya hal yang dapat kalian ketahui untuk dapat memperbaiki masalah tersebut.

Jika kalian memiliki beberapa akun untuk suatu Website dan kalian ingin melakukan suatu hal yang biasa kalian lakukan tetapi kalian tidak dapat melakukannya, pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah masuk dengan akun lain.

Mungkin juga kalian harus menghapus Cache atau Cookie pada Browser, tetapi hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Menghubungi pemilik Website

Jika kalian sudah melakukan pilihan pertama tetapi gagal, pilihan selanjutnya adalah dengan menghubungi pemilik Website, mungkin hal tersebut bisa jadi kesalahan dari pihak mereka.

Penyebab umum dari masalah ini biasanya adalah karena Server menggunakan daftar IP atau Geografis untuk memblokir dan mengisinkan akses dari Website.

Menyerah

Mungkin inilah pilihan terakhir jika pilihan pertama dan kedua tetap saja tidak dapat mengatasi masalah tersebut.

Mungkin artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kalian, jika kalian memiliki beberapa pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

0 Komentar