Ads by Yasya El Hakim
Mencari dan Menemukan File di Linux

Jika kalian baru menggunakan linux, mungkin kalian akan bingung dalam mencari file. Sebelum melanjutnya, alangkah baiknya jika kalian sudah membaca bagian pertama, kedua, dan ketiga.



Mencari File di Direktori pada Linux

Perintah pertama yang akan saya tunjukkan adalah find. Perintah find dapat kita gunakan untuk melihat segala sesuatu yang ada di dalam direktori. Perintah find dapat melihat semua file yang ada di dalam sub-direktori dan menampilkan lokasi dimana file tersebut berada. Contoh, jika kita ingin mencari file teks-01.txt, kita dapat menggunakan perintah berikut:

find -name teks-01.txt

find -name

Perlu diingat bahwasannya kita telah mencari file berdasarkan nama (-name) dan diikuti dengan nama file yang kita cari.

Kemudian, hasil dari pencarian diatas dapat berupa lokasi path. Kita juga dapat menentukan pencarian pada direktori tertentu. Contoh:

find /root/ -name teks-01.txt

find path

Jika diartikan ke dalam bahasa manusia, maka perintah tersebut dapat seperti "carilah semua file yang bernama teks-01.txt yang ada di dalam direktori root".

Sekarang, linux hanya akan menampilkan path dari file tersebut, yaitu di dalam direktori /root/Downloads/Dokumen.

Mencari Program atau Binary pada Variabel Path di Linux

Selanjutnya, mari kita coba dengan menggunakan perintah which. Perintah ini dapat berfungsi untuk mencari binary atau program yang ada di variabel path.

Binary adalah file yang hampir sama dengan file executable (.exe) pada Windows. File tersebutlah yang dapat melakukan sesuatu seperti echo, ls, cd, mv, dll. Biasanya, file binary berada didalam direktori /bin (singkatan dari binary) atau /sbin. Kita dapat mengecek dengan menanyakan linux untuk nilai dari variabel dengan menggunakan perintah echo. Contoh:

echo $PATH

echo

Linux akan menampilkan nilai dari variabel path. Disitulah lokasi which akan mencari binary. Contoh:

which ls

which

Perintah diatas akan menampilkan path ke dalam binary. Bagaimana jika kita menggunakan perintah which untuk mencari aircrack-ng? Mari kita lihat dengan menggunakan perintah berikut:

which aircrack-ng

which 2

Kita dapat melihat bahwasanya linux akan menampilkan path /usr/bin/aircrack-ng. Jika aircrack-ng tidak ada, maka hasilnya tidak akan muncul.

Mencari Semua File yang ada di Dalam Semua Direktori pada Linux

Tidak seperti perintah which, kita dapat menggunakan perintah whereis untuk mencari semua file dan tidak ada batasan dalam mencari path binary. Perintah tersebut dapat menempatkan file pada semua direktori dan sebagai tambahannya, perintah tersebut juga dapat menampilkan file bantuan atau manual. Cobalah perintah berikut:

whereis aircrack-ng

whereis

Pada gambar diatas, kita dapat melihat bahwasannya perintah whereis dapat menampilkan beberapa lokasi path dari aircrack-ng termasuk halaman man (bantuan).

Mencari File Menggunakan Database pada Linux

Kita dapat mencari file dengan database hanya menggunakan perintah locate. Biasanya, perintah ini sering digunakan untuk mencari file dan lebih cepat daripada perintah which atau whereis. Perbedaannya adalah, perintah locate itu menggunakan database dari semua file yang ada di sistem dan mencari lokasinya dengan cepat.

Kelemahannya, kita tidak dapat mencari file baru karena database biasanya hanya diperbarui sehari sekali. Sekarang, mari kita gunakan perintah tersebut:

locate aircrack-ng

locate

Kita dapat melihat pada gambar diatas bahwasanya perintah locate akan menampilkan path setiap kali jika terdapat file yang bernama aircrack-ng.

Saya berharap beberapa penjelasan dan tutorial diatas dapat membantu kalian dalam mencari file yang kalian inginkan. Selanjutnya, pastikan kalian telah membaca bagian 1, 2, dan 3 dari artikel yang saling berhubungan ini.

Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya