Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Bisnis

Memilih serta menentukan Nama Domain untuk suatu Website atau Blog sangatlah penting untuk dilakukan. Tetapi, hal yang lebih penting adalah "Jangan Asal" dalam memilih Domain.

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukan Tips pribadi dalam memilih dan menentukan Domain yang tepat untuk Website atau Blog kalian.

Mungkin kalian sudah bisa menebak apa saja tips yang akan saya tunjukkan. Mungkin juga terdapat beberapa tips yang belum kalian ketahui. Jadi, ikuti dan lakukanlah langkah-langkah serta perhatikanlah semua poin yang akan saya tunjukkan agar kalian dapat menentukan nama Domain yang tepat dan sempurna untuk Website atau Blog kalian.



Memikirkan Ide Domain

Terdapat banyak sekali aspek yang berbeda dalam menentukan nama Domain. Tetapi, hanya sedikit yang masuk akal. Untuk menentukan nama Domain yang tepat, kalian dapat menggunakan poin-poin berikut:

Nama Domain Berdasarkan Brand Personal (Pribadi)

Kalian dapat menggunakan Nama Pribadi sebagai nama domain. Hal ini bisa dikatakan dengan Personal Branding. Contoh, yasyaelhakim.com (Nama saya sendiri), masrinaldo.com (blog rekan saya), dll.

Jika nama Pribadi kalian sudah dipakai oleh orang lain sebagai Personal Branding, maka kalian harus melakukan Keyword Modifier. Contoh, jika nama domain yasyaelhakim.com sudah dipakai, kalian dapat memodifikasinya menjadi blogyasyaelhakim.com.

Nama Domain Berdasarkan Bisnis

Jika kalian memiliki sebuah Website atau Blog Bisnis, maka buatlah nama domain yang sama dengan nama bisnis kalian. Contoh, elcreativeacademy.com, rumahweb.com, dll.

Jika nama bisnis kalian sudah dipakai oleh bisnis milik orang lain, katakanlah nama bisnisnya adalah "Service Komputer". Maka kalian harus melakukan Geographical Modifier agar dapat membedakan nama bisnis yang sama. Contoh, servicekomputer.com menjadi servicekomputerlampung.com.

Nama Domain Berdasarkan Manfaat

Selain menggunakan nama pribadi dan bisnis, kalian juga dapat menggambarkan hasil atau manfaat yang kalian berikan pada Website atau Blog yang kalian miliki. Contoh, belajargitar.com, belajardesain.com, belajarpemrograman.com.

Dalam menentukan nama domain berdasarkan manfaat yang ingin kalian berikan, cobalah untuk merangkai kata yang relavan atau paling banyak dicari oleh pengguna.

Kesimpulan dalam Mencari Ide Domain

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian ingat ketika mencari ide untuk nama domain:
  • Gunakanlah domain .com karena rata-rata pengguna atau user sudah banyak yang mengenalnya. Domain seperti .net atau .org juga bagus untuk digunakan, tetapi menurut saya pribadi, domain .com tetap menjadi pilihan utama.
  • Hindarilah penggunaaan simbol pada nama domain. Mengapa demikian? Menurut beberapa sumber yang saya baca, tidaklah bagus untuk menggunakannya berasamaan dengan nama domain.
  • Berhati-hatilah dengan pelanggaran hak cipta. Inilah salah satu alasan mengapa kalian harus menggunakan nama pribadi atau bisnis sebagai domain.

Catatan Lain

Tidak sedikit orang yang membeli beberapa domain sekaligus seperti .com, .net, dan .org dengan tujuan untuk mengalihkan (Forwarding) ke nama domain utama mereka. Menurut saya, hal tersebut merupakan sebuah pemborosan, karena Search Engine hanya akan menilai sebuah Website dengan konten yang berkualitas.

Pesan Domain Sekarang Juga!

Sekarang, waktunya untuk memilih nama domain sesuai dengan poin-poin dalam memikirkan ide diatas. Pada tahap ini, saya memiliki beberapa tips yang mungkin harus kalian terapkan.

Apakah Nama Domain Tersedia?

Ceklah nama domain yang ingin kalian gunakan dengan mengunjungi rumahweb.com, masukkan nama domain pada kotak input yang sudah disediakan. Dalam beberapa detik, kalian akan melihat apakah nama domain yang kalian tentukan itu tersedia atau tidak. Jika tidak tersedia, lihatlah daftar domain yang tersedia.

Beli Domain Murah di rumahweb.com

Haruskah Kita Membeli Domain?

Terkadang, terdapat domain yang tersedia tetapi dari penjual pribadi yang sudah memiliki nama domain tersebut. Harga yang di tentukan dari penjual pribadi biasanya bisa ribuan, ratusan, atau bahkan jutaan rupiah.

Dalam hal ini, saya menyarankan agar kalian jangan terobsesi untuk membelinya dengan harga yang mahal. Karena saya yakin banyak sekali domain murah yang tersedia di rumahweb.com.

Menggunakan Domain yang Pendek

Semakin pendek nama domainnya, maka semakin baik. Pertimbangkanlah terlebih dahulu nama domain yang ingin kalian gunakan berdasarkan jenis marketing dan promosi.

Nama domain yang terlalu panjang biasanya akan sulit diingat oleh pengunjung setiap Website atau Blog kalian.

Meminta Saran Terlebih Dahulu

Mintalah saran kepada teman atau keluarga kalian. Ketika kalian sudah yakin untuk memilih nama domain yang kalian tentukan, perhatikanlah kesan dan saran dari mereka.

Pilihlah Domain yang Tepat

Gunakanlah nama domain yang menurut kalian cocok dan tepat. Jangan terlalu banyak berfikir panjang karena biasanya pemikiran pertama itu akan selalu tepat.

Itulah beberapa hal sebelum kalian memilih dan memesan nama domain. Selanjutnya, mari kita bahas tentang tahap-tahap dan tips dalam pembelian nama domain.

Membeli Nama Domain untuk Website atau Blog

Jangan terlalu lama menunggu. Jika kalian sudah menentukan nama domain yang cocok, maka belilah domain tersebut sekarang juga sebelum di beli oleh orang lain.

Tempat yang saya rekomendasikan untuk membeli nama domain yang murah adalah di rumahweb.com. Mengapa di rumahweb? Alasan utamanya adalah karena murah dan jarang sekali terdapat customer yang mengeluh dengan layanannnya.

Tips Dalam Membeli Nama Domain

  • Belilah domain yang murah dengan rentang 150 ribu sampai 300 ribu rupiah. Untuk domain .com, di rumahweb.com cuma seharga 120 ribuan! Murah bukan?
  • Dalam membeli domain, pastikan kalian sudah memilih Auto-Renew (Perbarui Otomatis). Jika kalian lupa untuk memperbarui domain, mungkin domain tersebut bisa di beli oleh orang lain.
  • Jika kalian mampu membeli domain dengan jangka waktu 2 tahun keatas, maka belilah (selagi kalian mampu).
  • Jangan membeli domain pada Web Designer atau agen marketing (calo), belilah sendiri dan bayarlah sendiri. Mengapa demikian? karena pemilik dari domain tersebut adalah yang membeli.

Mudah dan simple bukan? Ikutalah saja beberapa tahap diatas dan pastikan agar kalian dapat menemukan nama domain yang tepat.

Blog Competition Rumah Web

Ngomong-ngomong, artikel ini dibuat untuk mengikuti Lomba Kompetisi Blog yang diadakan oleh Rumah Web lho. Kalian juga bisa membantu kami untuk dapat menjadi artikel terbaiknya dengan cara membagikan artikel ini di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dengan menggunakan hastag #rumahweb dan #blogcompetition.

Semoga artikel ini bermanfaat, akhir kata, terimakasih telah membaca dan berkunjung di EL Creative Academy!

Tulis Komentar

0 Komentar