EL Creative Academy Site of The Month
Membuat Icon Jam dengan Adobe Illustrator (Khusus Pemula)

Halo semuanya, kali ini saya tidak membahas segala hal tentang Pemrograman ataupun Web Development, melainkan tutorial Desain Grafis! Pada artikel ini, kita akan belajar cara membuat Icon Jam dengan menggunakan Adobe Illustrator yang dikhususkan bagi para pemula. So, langsung saja kita mulai.

Berikut adalah hasil dari Icon Jam yang ingin kita buat:

Icon Jam



Tahap 1: Membuat File

Untuk membuat project baru, kita harus membuka Adobe Illustrator dan membuat dokumen baru dengan mengeklik menu File > New (Atau dengan menekan tombol CTRL + N pada Keyboard), kemudian atur Property nya seperti berikut:
  • Width (Lebar): 64px (Pixel)
  • Height (Tinggi): 64px (Pixel)
  • Unit: Pixel
  • Artboards: 1

Pada tab Advanced Option, atur seperti berikut:
  • Color Mode: RGB Color
  • Raster Effects: Screen (72 ppi)
  • Preview Mode: Default
Tahap 1: Membuat File

Selanjutnya klik tombol Create.

Tips: Biasanya, pengaturan seperti diatas akan otomatis muncuil jika kita mengatur Documents Profile ke Web. Dan disini, salah satu hal yang harus kalian atur secara manual adalah Ukuran Artboard (Width dan Height).

Tahap 2: Membuat Lingkaran Icon

Setelah mengatur file Project, disini kita dapat langsung membuat Icon Jam. Buatlah sebuah bentuk lingkaran dengan Rectangle Tool dengan ukurun 56px x 56px serta menggunakan warna #1a73e8 kemudian atur Align (Perataan) pada panel Align to Artboard menjadi Horizontal Align Center dan Vertical Align Center.

 Tahap 2: Membuat Lingkaran Icon

Tahap 3: Membuat Lingkaran Jam

Buatlah sebuah bentuk lingkaran untuk badan jam dengan ukuran 28px x 28px serta gunakan warna #ffffff dan atur perataan menjadi Horizontal Align Center dan Vertical Align Center.

Tahap 3: Membuat Lingkaran Jam

Tahap 4: Mengatur Stroke pada Badan Jam

Tambahkanlah Outline dengan menggunakan Stroke. Untuk membuatnya, Salinlah Lingkaran Jam dengan menekan tombol CTRL + C pada Keyboard dan Paste kan di depan Shape dengan menekan tombol CTRL + F pada Keyboard. Kemudian aturlah warnanya menjadi #1c202d dan ubah Fill menjadi Stroke dengan menekan tombol Shift + X pada Keyboard. Pastikan juga ukuran dari Stroke adalah 2pt dengan melihatnya pada panel Stroke. Jika sudah, gabungkan kedua lingkaran yang telah kita buat dengan menekan tombol CTRL + G pada Keyboard.

Tahap 4: Mengatur Stroke pada Badan Jam

Tahap 5: Membuat Jarum Jam

Untuk membuatnya, gunakanlah Pen Tool (tekan tombol P) dan gunakan Stroke setebal 2pt berwarna #1c202d dengan pengaturan Round Cap dan Join. Buatlah arah jam sesuai dengan keinginan kalian atau seperti contoh berikut. Jika sudah, mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Tahap 5: Membuat Jarum Jam

Tahap 6: Membuat Telinga Jam

Buatlah telinga jam dengan menggunakan dua buah bentuk lingkaran dengan ukuran 8px x 8px dengan Stroke 2px berwarna #1c202d. Buatlah telinga jam seperti contoh berikut.

Tahap 6: Membuat Telinga Jam

Tahap 7: Pengaturan Telinga Jam

Atur kedua bentuk lingkaran telinga jam yang telah kita buat sebelumnya dengan menyeleksi Path bagian bawah dengan menggunakan Direct Selection Tool (A) dan hapus dengan menekan tombol Del pada Keyboard. Pastikan juga pengaturan Cap Stoke telah menjadi Round.

Tahap 7: Pengaturan Telinga Jam

Tahap 8: Membuat Kaki Jam

Terakhir, kita harus membuat dua kaki untuk jam dengan menggunakan Pen Tool dengan Stroke setebal 2pt berwarna #1c202d dan Round Cap. Atur posisisnya disisi kanan dan kiri seperti contoh gambar berikut. Jangan lupa untuk menggabungkan semua Shape dengan menekan tombol CTRL + G pada Keyboard.

Tahap 8: Membuat Kaki Jam

Selamat!

Saya berharap kalian bisa mempraktekkan contoh dasar diatas. Semoga artikel ini bermanfaat, jika kalian memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

0 Komentar