Ads by Yasya El Hakim
Tutorial Dasar Membuat File dan Folder pada Linux

Pada bagian sebelumnya, saya telah menunjukkan beberapa dasar dari Linux beserta struktur sistemnya. Pada artikel ini, kita akan mempelajari sedikit tentang cara berpindah direktori, melihat daftar direktori, cara membuat file dan folder/direktori, dan cara mendapatkan bantuan hanya dengan menggunakan terminal.



Berpindah Direktori pada Linux

Kita dapat berpindah direktori dengan menggunakan perintah cd. Seperti pada bagian sebelumnya, kita dapat menggunakan perintah cd .. untuk berpindah satu tingkat ke atas dari direktori. Kita juga dapat langsung berpindah ke direktori root dengan memasukkan perintah cd / dan berpindah ke direktori home dengan memasukkan perintah cd ~.

Selain itu, kita akan menggunakan cd untuk berpindah direktori dengan menggunakan path absolut dari direktori. Artinya, kita harus memasukkan seluruh path dari direktori yang ingin kita buka tepat setelah perintah cd. Kita juga dapat berpindah direktori dengan menggunkan path relatif. Artinya, kita tidak perlu menuliskan seluruh path, tetapi hanya menggunakan lokasi path yang ingin kita buka.

Misalkan, kita sedang berada di direktori root dan kita ingin berpindah ke direktori Downloads. Kita dapat memasukkan perintah berikut:

cd /root/Downloads

root download

Perintah diatas akan membawa kita kedalam direktori Downloads.

Sekarang, katakanlah kita ingin masuk kedalam sub-direktori yang ada di dalam folder Downloads. Kita dapat memasukkan full path ke sub-direktori, tetapi agar semakin simple, kita dapat memasukkan path relatif dari lokasi kita sekarang. Disini, kita telah berada di dalam direktori /root/Downloads. Jadi, jika terdapat folder Dokumen di dalamnya, maka kita dapat menggunakan perintah berikut:

cd Dokumen

cd dokumen

Perintah diatas akan membawa kita untuk masuk kedalam sub-direktori Download yaitu folder Dokumen.

Sekali lagi, perintah pada linux sangatlah sensitif, jadi kita harus memperhatikan besar kecilnya huruf.


Menampilkan Daftar File dan Folder pada Linux

Salah satu dari perintah terpenting pada linux adalah perintah ls atau list. Perintah tersebut dapat kita gunakan untuk menampilkan daftar file atau folder. Perintah tersebut hampir mirip dengan perintah dir pada command prompt di Windows. Jadi, langsung saja mari kita lihat apa yang ada di dalam folder Dokumen:

ls

ls

Kita dapat melihat bahwasanya linux menampilkan daftar semua file dan folder. Kita juga dapat memodifikasi perintahnya dengan menggunakan switches; biasanya terdiri dari huruf yang diawali dengan tanda "-". Dengan menggunakan perintah ls, kita juga dapat menggunakan switches seperti -a dan -l.

Switch -a artinya adalah all. Jadi, ketika kita menggunakannya, Linux akan menampilkan semua file dan direktori walaupun terdapat beberapa yang tersembunyi. Ketika kita menggunakan switch -l, linux akan menampilkan daftar yang panjang. Artinya, linux akan menampilkan semua informasi seperi izin, ukuran file, pemilik file, dll.

Sekarang, mari kita coba perintah berikut:

ls -al

ls -al

Kita akan mempelajari informasi tersebut mungkin pada bagian selanjutnya.

Membuat File pada Linux

Untuk membuat file pada linux sangatlah berbeda dengan Windows. Pada Linux, kita dapat menggunakan perintah touch. Jadi, langsung saja kita buat sebuah file yang bernama filebaru:

touch filebaru


Sekarang, mari kita cek apakah file yang baru kita buat itu ada di dalam direktori dengan menggunakan perintah directory listing:

ls -al

touch ls -al

Kita dapat melihat bawasannya kita telah berhasil membuat file baru yang bernama filebaru.

Membuat Direktori atau Folder pada Linux

Kita dapat membuat direktori baru dengan menggunakan perintah mkdir (Make Directory). Misalnya, kita ingin membuat sebuah folder yang bernama "FolderBaru". Maka gunakanlah perintah berikut:

mkdir FolderBaru


Kemudian, masukkan perintah ls untuk mengeceknya:

ls

mkdir ls

Mendapatkan Bantuan pada Linux

Linux memiliki utility yang sangat berguna dan dinamakan man. Man adalah panduan manual dari setiap perintah yang ada. Jika kalian lupa dengan beberapa perintah yang ada di dalamnya, kalian dapat mengetikkan perintah man dan nama dari perintah. Contoh:

man ls

man ls

Dari perintah yang ada, kita juga dapat menggunakan switch -h atau --help tepat setelah nama perintah. Misalnya, kita ingin menampilkan bantuan dari perintah ls:

ls --help

ls --help

Itulah sedikit hal yang harus kita ketahui dari linux. Pastikan kalian juga sudah melihat bagian sebelumnya yaitu tentang Linux Dasar.

Mungkin pada bagian selanjutnya kita akan masuk lebih dalam lagi. Terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya