EL Creative Academy Site of The Month
Hal Awal Yang Harus Dilakukan Untuk Membuat Dokumen pada Microsoft Word

Mengatur sebuah halaman kerja dalam dokumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar kalian tidak kesulitan dalam penulisan sebuah dokumen, tips ini akan membantu kalian dalam awal pembuatan sebuah dokumen agar lebih mudah dalam menulis.


Apa saja hal yang biasanya pertama yang perlu dan wajib dilakukan sebelum mulai menulis sebuah naskah :

Mengatur Margins

Pertama dan yang paling dasar adalah mengatur Margin. Margin merupakan jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman kertas yang hendak kita tulis. Margin berguna sebagai pengatur dokumen agar dapat di cetak sesuai dengan bentuk yang kita tulis selama pengetikan. perhatikan langkah yang dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah,
Pertama masuk ke Tab Page Layout, Klik Margins pada grup page set up,

Mengatur Margins Dokumen

Yang Kedua, kemudian pilih Custom Margin yang terletak paling bawah pada menu yang tampil, bagian selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog page setup,

Mengatur Margins Dokumen

Ketiga, dari kotak dialog tersebut hanya dapat mengatur margin dari margin atas, bawah, kiri dan kanan sebagai contoh dokumen akan diganti menjadi masing-masing 1,5 cm. Setelah semua yang telah diganti menjadi 1,5 maka klik Ok.


Mengatur Margins Dokumen 1.5 cm

Mengatur Orientasi Kertas

Selain mengatur margin, Kalian juga dapat mengatur orientasi kertas yaitu apakah menggunakan orientasi tegak atau yang disebut potrait atau orientasi memanjang apa yang disebut landscape.
Pertama masuk ke Tab Page Layout, Klik Orientations pada grup page set up,

Mengatur Orientasi Kertas

Kedua  pilih jenis orientasi kertas Portrait atau Landscape, disini saya memilih Portrait.

Mengatur Orientasi Kertas Portrait

Mengatur Ukuran Kertas

Untuk mengatur ukuran kertas. Caranya hampir sama.
Pertama masuk ke Tab Page Layout, Klik Size pada grup page set up,

Mengatur Ukuran Kertas

Kedua pilih jenis kertas yang akan dibuat, ini penting agar sesuai dengan apa yang akan kalian cetak nantinya disini saya memilih A4.

Mengatur Ukuran Kertas Dokumen A4

Dengan demikian halaman kerja memiliki margin atas, bawah, kiri, dan kanan 1,5 cm dengan orientasi kertas portrait dan ukuran halaman kerja menjadi A4. Cara ini bisa kalian lakukan di MS. Word versi berapa saja, itu saja dari saya, Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar