Mengenal Copy, Cut, dan Paste di Microsoft Word (Pemula)

Copy, Cut, dan Paste merupakan perintah yang paling dasar dan sering digunakan di Word. Fungsinya adalah untuk menyalin, memindahkan, dan menempelkan teks dan gambar dalam dokumen, dan ada beberapa cara untuk menerapkannya.

Mengenal Copy, Cut, dan Paste di Microsoft Word (Pemula)

Copy, Cut dan Paste merupakan perintah yang paling dasar dan sering digunakan di Microsoft Word. Fungsinya adalah untuk menyalin, memindahkan dan menempelkan teks dan gambar dalam dokumen dan ada beberapa cara untuk menerapkannya.

Jika kalian sering menggunakan Microsoft Word atau sebagainya, pasti kalian tak jarang menggunakan perintah copy dan cut, perintah ini bisa kalian gunakan untuk bermacam format - bisa digunakan untuk menyalin gambar dari luar dokumen ataupun memindahkan gambar dari dokumen lain - bisa digunakan untuk menerapkan dengan mengklik perintah Copy atau Cut di menu Home.

Copy atau Cut di menu Home

Saat kalian menempelkan teks menggunakan Shortcut kombinasi tombol Ctrl+V pada Keyboar, kalian bisa menyisipkan seperti teks gambar dan juga pemformatan sebuah teks. Microsoft Word akan menyalin tanda pemformatan dalam sebuah teks, inilah sebabnya jika kalian menemukan bahwa teks yang disalin dari web ukurannya lebih besar atau lebih kecil di Microsoft Word. Karena Microsoft Word akan membaca pemformatan didalam sebuah website.

Tombol Kombinasi Copy, Cut dan Paste

  • Ctrl + C - Berfungsi untuk menyalin;
  • Ctrl + X - Berfungsi untuk memotong;
  • Ctrl + P - Berfungsi untuk menempelkan.

Tombol Kombinasi Copy, Cut, dan Paste

Selain menekan tombol kombinasi Ctrl + V pada Keyboard, kalian juga bisa mengklik menu Home > Paste untuk melihat beberapa opsi yang berbeda.

Menu Dropdown (Paste)

Menu Dropdown "Paste" kadang menunjukkan beberapa opsi sebagai ikon di bagian atas. Dari kiri ke kanan ini adalah:

  • Keep Source Formatting - Ini adalah opsi default yang Kalian dapatkan ketika menekan Ctrl + V pada Keyboard, seperti dijelaskan di atas;
  • Merge Formatting - Perintah ini hanya menempelkan teks yang telah Kalian salin tetapi mengubah pemformatan agar sesuai dengan teks di sekitarnya yang Kalian tempelkan;
  • Picture - Perintah ini menyisipkan teks sebagai gambar;
  • Keep Text Only - Perintah ini menghapus semua pemformatan dari teks asli. Teks akan mengambil format default paragraf yang Kalian masukkan teks.

Dropdown Menu

Di menu Dropdown "Paste" ada juga perintah "Paste Special" yang berfungsi menempelkan apa saja yang kalian salin sebagai jenis dokumen khusus. Misal, kalian bisa menempelkan dokumen word, gambar atau HTML. Ini akan ditampilkan sesuai apa yang kalian salin.

"Set Default Paste" di menu ini kalian bisa mengubah format text menjadi default ketika kalian menempelkan sebuah teks.

Paste Special

Penggunaan Copy, Cut dan Paste biasa kita lakukan saat kita menulis dokumen, masih banyak fungsi yang bisa dilakukan untuk artikel ini, tapi saya hanya menjelaskan fungsi yang biasa dilakukukan dan yang menurut saya penting, jika ada hal yang perlu ditambahkan atau perlu ditanyakan silahkan komen artikel ini di kolom komentar dibawah,. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel sampai habis di EL Creative Academy.

Updated: Saturday, 10 April 2021

Diskusikan

0 Diskusi