Cara Mempercepat Kecepatan Internet dengan Menggunakan DNS

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi kecepatan Internet telah meningkat secara drastis. Koneksi Broadband dan Fiber telah menciptakan jaringan yang sangat cepat  bahkan media High Definition (HD) dapat dimuat hanya dalam beberapa detik.

Hal itu bukan berarti tidak ada peluang bagi kita untuk meningkatkannya lagi. Mengubah pengaturan DNS sering digunakan sebagai salah satu cara termudah untuk mengoptimalkan kecepatan Internet. Jadi, mari kita lihat bagaimana cara kerja DNS serta cara mengubahnya.



Apa itu DNS?

Saat kalian memasukkan URL dari suatu Website pada Browser, URL tersebut harus diterjemahkan menjadi IP Address agar dapat mengirim dan menerima data. Domain Name System (DNS) hampir sama seperti buku telepon yang dapat memberikan nomor telepon (IP Address) dari setiap orang (URL).

Misalnya, jika kalian memasukkan URL www.elcreativeacademy.com pada Browser, DNS Server akan menerjemahkannya menjadi IP Address. Misalnya, IP Address dari Blog EL Creative Academy adalah 172.217.9.243. Terdapat lebih dari satu miliar Website yang sedang online, sangat sulit bagi kita untuk menggunakan IP Address sebagai alamat Website. Sebagai gantinya, DNS Server dapat menyimpan Cache untuk beberapa Website.

Jika kalian mencoba untuk mengakses Website yang belum di-Cache, maka DNS Server akan meminta entri dari server lain. DNS Server secara default akan disediakan oleh ISP dan belum ada jaminan bawahasanya server tersebut memiliki kinerja yang baik.

Masalah Letak Geografi

Infrastruktur yang mendukung Internet adalah serangkaian kabel tembaga dan optik yang menghubungkan server di seluruh dunia. Data dapat mengalir melalui kabel-kabel tersebut dalam bentuk gelombang elektromagnetik dengan kecepatan cahaya yang terbatas. Meskipun kita tidak dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan kecepatan tersebut, tetapi kita dapat mengurangi jarak yang harus ditempuh dari gelombang tersebut.

Jika DNS Server yang kalian gunakan letaknya sangat jauh, maka kecepatan pencaraian pada Search Engine akan sangat berpengaruh. Tetapi, realitas dunia Internet lebih rumit daripada perhitungan jarak sederhana yang mungkin sudah kalian ketahui. Google Public DNS adalah salah satu alternatif DNS Server yang paling populer dengan menggunakan dua IP Address (8.8.8.8 dan 8.8.4.4).

Keduanya dikenal sebagai alamat Broadcast dengan beberapa server yang ada di seluruh dunia yang menanggapi Request dari Address tersebut. Kemudian, setiap hari Server menanggapi Request yang bervariasi, tergantung pada kondisi jaringan dan Traffic.

Hal tersebut dapat terjadi dengan cara bekerjasama dengan Content Delivery Networks (CDN) untuk melampirkan data lokasi ke DNS Request. Dalam berbagai kasus, jika kalian menggunakan DNS Server Malaysia, maka CDN akan menganggap bahwa kalian berada di Malaysia.

Hal tersebut akan berdampak pada kecepatan Loading dan konten yang kalian lihat akan dioptimalkan untuk pengunjung khususnya dari Malaysia.

Optimalisasi DNS Route

Saat kita ingin melihat jalanan dengan menggunakan Google Maps, mungkin kalian akan melihat beberapa pilihan perjalanan yang berbeda. Beberapa rute dapat memakan waktu lebih sedikit bahkan jika jaraknya lebih jauh. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti lalu lintas, perubahan transportasi, dan kecepatan rata-rata.

Saat memilih DNS Server untuk meningkatkan kecepatan Internet. Kalian akan dihadapkan dengan berbagai faktor yang serupa. Biasanya, beberapa DNS Server seperti yang disediakan oleh ISP akan mengalami lalu lintas (Traffic) yang padat, terutama pada masa sibuk.

Beberapa server memiliki Record yang dapat kadaluarsa atau merutekan data kalian dengan cara yang tidak efisien. Interaksi yang kompleks antara server dan koneksi telah menjadikan Rute Optimization menjadi salah satu bagian integral untuk meningkatkan kecepatan internet. DNS Server ISP kalian mungkin lokasinya dekat. Tetapi, belum tentu lalu lintasnya lancar.

Di sinilah muncul Tool seperti Google Namebench. Tool tersebut dapat digunakan untuk menguji kecepatan dan dapat sangat membantu kita dalam menemukan DNS yang paling cepat untuk mengoptimalkan kecepatan internet. Namebench juga dapat menganalisis koneksi jaringan dan merekomendasikan DNS Server yang terbaik.

Namebench bukan satu-satunya Tool yang dapat kalian gunakan dan tentu saja terdapat cara lain untuk menemukan DNS tercepat agar dapat digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan internet.

Cara Mengubah Pengaturan DNS

Meskipun ISP kalian memiliki DNS Server sendiri, mungkin hal tersbut bukanlah pilihan terbaik yang tersedia. Sebagai gantinya, Kalian dapat mengubah pengaturan DNS pada sistem operasi yang kalian gunakan. Terdapat beberapa penyedia DNS alternatif terkenal antara lain Google DNS, OpenDNS, dan Cloudflare DNS.

Untuk mengubah DNS pada Windows 10, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center dan klik Change adapter settings pada panel sebelah kiri.

Kalian akan terhubung ke internet baik melalui Ethernet atau melalui Wi-Fi Adapter. Tergantung pada pengaturan yang kalian gunakan, klik kanan pada perangkat yang terhubung internet dan pilih Properties.

Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik tombol Properties. Pilih opsi Use the following DNS server addresses.

Pada kotak input Preferred DNS server, masukkan salah satu layanan berikut, tergantung pada penyedia DNS mana yang ingin kalian gunakan:
  • Google DNS 1: 8.8.8.8
  • Google DNS 2: 8.8.4.4
  • Cloudflare IPv4 1: 1.1.1.1
  • Cloudflare IPv4 2: 1.0.0.1
  • OpenDNS 1: 208.67.222.222
  • OpenDNS 2: 208.67. 220.220

Setelah IP Address diatas telah dimasukkan, kemudian klik tombol OK, dan Pilih Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6). Sekarang dapat mengulangi proses untuk mengatur server DNS IPv6 dengan beberapa layanan berikut:
  • Google DNS 1: 2001:4860:4860::8888
  • Google DNS 2: 2001:4860:4860::8844
  • Cloudflare IPv6 1: 2606:4700:4700::1111
  • Cloudflare IPv6 2: 2606:4700:4700::1001
  • OpenDNS 1: 2620:119:35::35
  • OpenDNS 2: 2620:119:53::53

Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan DNS. Kemudian kalian dapat menutup semua jendela pengaturan dan kembali menggunakan Internet seperti biasa.

Kebutuhan Kecepatan DNS

Meskipun tidak terdapat banyak hal untuk meningkatkan kecepatan internet, kalian dapat membuat banyak penyesuaian dan meningkatkan dari hal yang lebih kecil. Pengaturan tersebut benar-benar dapat meningkatkan kecepatan internet kalian secara keseluruhan dan DNS Server yang kalian pilih juga akan memainkan peran penting. Semoga artikel ini bermanfaat dan Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0 Komentar