Ads by Yasya El Hakim
Code Editor atau Text Editor yang Cocok untuk JavaScript

Code Editor adalah tempat di mana para programmer menghabiskan sebagian besar waktunya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Code Editor atau sering disebut juga dengan Text Editor yang cocok untuk JavaScript.

Terdapat dua jenis Code Editor: IDE dan Lightweigt Editor. Kalian dapat menggunakan salah satunya.



IDE untuk JavaScript

Istilah IDE (Integrated Development Environment) sangat tertuju pada editor yang powerful serta memiliki banyak fitur dan biasanya dapat beroperasi pada keseluruhan project yang sedang dibuat. IDE bukanlah editor biasa, tetapi juga mencakup keseluruhan dalam proses development.

IDE dapat membuka project (yang dapat berupa file apapun), memiliki autocompletion berdasarkan project, dapat terintegrasi dengan Version Control System (seperti git), memiliki testing environment, dan masih banyak kelebihan lainnya.

Jika kalian belum pernah menggunakan IDE, saya menyarankan agar kalian menggunakan IDE seperti:

Pada Windows, terdapat yang namanya Visual Studio, jangan bingung dengan Visual Studio Code. Visual Studio adalah editor khusus Windows yang berbayar, sangat cocok untuk platform .NET dan juga bagus untuk JavaScript. Terdapat juga Visual Studio versi gratis yang dinamakan Visual Studio Community.

Lightweight Editor untuk JavaScript

Lightweight Editor tidak se-powerful dengan IDE, tetapi Lightweight Editor sangatlah cepat, elegan, ringan, dan sederhana.

Tujuan utama dari adanya Lightweight Editor adalah untuk membuka dan mengedit file secara cepat.

Perbedaan utama antara Lightweight Editor dan IDE adalah, IDE bekerja pada tingkat project, sehingga dapat membuka lebih banyak data, menganalisis struktur project dan lain sebagainya. Sedangkan Lightweight Editor jauh lebih cepat dari pada IDE tetapi jika kita tidak membuat project yang termasuk besar.

Biasanya, Lightweight Editor memiliki banyak plugin seperti syntax analyzer, autocompletion, dll sehingga Lightweight Editor dapat terlihat hampir sama dengan IDE.

Berikut adalah contoh Lightweight Editor yang mungkin bisa kalian coba:

Jangan Bingung dengan Editor

Beberapa editor yang sudah saya sebutkan di atas adalah editor yang saya anggap sudah populer dan memang cocok untuk digunakan.

Tentu saja terdapat banyak editor yang lebih canggih dan kalian dapat menentukannya sendiri.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya