Ads by Yasya El Hakim
Memahami sizeOf, typedef, dan Loops pada Bahasa Pemrograman C++

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang operator sizeof, typedef, dan Loops serta cara penggunaannya pada bahasa pemrograman C++.



Operator sizeOf dan typedef pada C++

Operator sizeOf bukanlah sebuah fungsi, operator ini dapat kita gunakan untuk mendapatkan informasi tentang jumlah memori yang dialokasikan untuk tipe data dan objek serta dapat kita gunakan untuk mendapatkan ukuran tipe data yang ditentukan.

Jika kalian menggunakan operator sizeOf pada variabel, maka kalian dapat menggunakan atau tanpa menggunakan tanda kurung. Contoh:

cout << sizeOf(double);   // Akan menampilkan ukuran double
int x = 2;
int i = sizeOf x;


Operator typedef pada C++

typedef adalah salah satu keyword yang dapat kita gunakan pada bahasa C untuk menetapkan nama alternatif kedalam tipe yang ada. Biasanya sering digunakan dengan tipe data yang ditentukan ketika nama dari tipe data agak sedikit rumit. Berikut adalah contoh penulisan dengan menggunakan typedef:

typedef nama_yang_ada nama_lain


Mari kita lihat contoh bagiaman typedef itu bekerja:

typedef unsigned long unsignedlong;


Statement diatas dapat menentukan istilah unsignedlong untuk tipe unsigned long. Sekarang identifier unsignedlong dapat kita gunakan untuk menentukan tipe variabel unsigned long:

unsignedlong i, j;


typedef dan Pointer

typedef juga dapat kita gunakan untuk memberikan sebuah nama lain kedalam pointer. Disini kita memiliki sebuah kasus dimana penggunaan typedef bermanfaat selama deklarasi pointer.

Pointer * membinding ke kanan dan bukan kekiri:

int* x, y ;


Dengan statement deklarasi ini, kita sebenarnya sedang mendeklarasikan x sebagai pointer dari tipe int, dinama y akan dideklarasikan sebagai integer:

typedef int* IntPtr ;
IntPtr x, y, z;


Tetapi jika kita menggunakan typedef seperti contoh diatas, kita dapat mendeklarasikan angka pointer dengan sebuah statement tunggal.

Loops pada C++

Pada semua bahasa pemrograman, Loops dapat kita gunakan untuk menjalankan suatu set statement secara berulang-ulang sampai suatu kondisi tertentu sudah terpenuhi.

Cara Kerja Loops

Cara Kerja Loop
Urutan Statement akan dijalankan sampai kondisinya true. Urutan statement yang dijalankan ini akan disimpan ke dalam tanda buka kurung "{" dan tutup kurung "}" dan dikenal dengan istilah Loop Body. Setelah setiap Loop Body dijalankan, kondisinya akan segera di cek, dan jika kondisi true maka Loop Body akan dijalankan kembali. Sampai kondisi yang cek adalah false, maka Loop Body akan dihentikan.

Tipe Loop pada C++

Terdapat tiga tipe dari loop pada bahasa pemrograman C++, yaitu:
  1. while loop.
  2. for loop.
  3. do-while loop.

while loop

while loop dapat berupa alamat sebagai kontrol entry pada loop dan dapat diselesaikan dengan tiga langkah:
  1. Inisialisasi variabel (Misal: int x = 0;)
  2. Kondisi (Misal: while(x <= 10))
  3. Penambahan (Increment) dan Pengurangan (Decrement) variabel (x++, x--, atau x=x+2)

Contoh penggunaan:

variabel inisialisasi;
while (kondisi)
{
    statement;
    increment atau decrement variabel;
}


for loop

for loop dapat kita gunakan untuk menjalankan suatu set statement secara berulang-ulang sampai kondisi tertentu sudah terpenuhi. Format umumnya adalah seperti berikut:

for(inisialisasi; kondisi; increment/decrement)
{
    block-statement;
}


for loop yang menumpuk/bersarang (Nested)
Kita juga dapat menggunakan for loop bersarang, seperti satu for loop didalam for loop lainnya. Berikut adalah contoh penggunaan dasarnya:

for(inisialisasi; kondisi; increment/decrement)
{
    for(inisialisasi; kondisi; increment/decrement)
    {
        statement;
    }
}


do...while loop

Pada berbagai situasi, terkadang kita perlu menjalankan Loop Body sebelum menguji suatu kondisi. Situasi tersebut dapat diatasi dengan bantuan do-while loop. Statement do dapat mengevaluasi Loop Body diawal dan diakhir, kondisinya dapat dicek dengan menggunakan statement while. Berikut adalah format umum dari do-while loop:

do
{
    // statement
}
while(kondisi);


Melewati Loop

Terkadang ketika menjalankan loop kita perlu untuk melewati beberapa bagian dari loop atau meninggalkan loop setelah kondisinya menjadi true, yaitu melewati atau melompati keluar dari loop.

Statement break

Ketika statement break ada pada loop, maka loop akan segera keluar dan program akan melanjutkan dengan statemet yang ada setelah loop.

Statement continue

Hal ini dapat menyebabkan kontrol untuk langsung menuju ke kondisi pengujian dan kemudian melanjutkan proses loop. Selama masih bertemu, kursor akan meninggalkan siklus dari loop, dan menjalankan siklus berikutnya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya