Ads by Yasya El Hakim
Perbedaan Bahasa Pemrograman Python dengan Java, JavaScript PHP, Perl, Ruby, C++, dan TCL

Python adalah salah satu bahasa pemorgraman yang paling populer. Dari beberapa bahasa pemrograman yang akan kita bandingkan kali ini, fungsi dari bahasa pemrograman tersebut sebenarnya juga sama, yaitu untuk mengembangkan aplikasi Desktop dan Web. Itulah mengapa kita sebagai programmer harus mengetahui hal penting serta perbandingan bahasa pemrograman Python dengan bahasa pemrograman Java, JavaScript PHP, PERL, Ruby, C++, dan TCL.



Perbedaan Python dengan Bahasa Pemrograman Lain


Python vs Java

Untuk mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Python tidaklah memakan banyak waktu ketimbang dengan bahasa pemrograman Java. Karena Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (High-Level), maka bahasa program yang di tulis dengan menggunakan Python akan lebih sedikit ketimbang dengan bahasa pemrograman Java.

Python vs Perl

Meskipun tidak sedikit orang yang mengganggap bahwa kedua bahasa pemrograman tersebut hampir sama, Perl mendukung beberapa tugas yang berorientasi aplikasi seperti membuat laporan, scanning, dll. Sedangkan Python mendukung metodologi pemrograman seperti desain struktur data dan pemrograman yang berorientasi objek (Object Oriented Programming "OOP") bagi programmer yang ingin code miliknya dapat dibaca dengan mudah.

Python vs TCL

TCL adalah bahasa pemrograman yang berdiri sendiri (Standalone) dan banyak orang yang mengganggap bahwa bahasa pemrograman yang satu ini sangat lemah pada struktur data. Jika dibandingkan dengan Python, bahasa pemrograman TCL sangatlah lambat dalam pengeksekusian/penjalanan kode.

Python vs PHP

Kode dari bahasa pemrograman Python sangatlah mudah untuk dibaca ketimbang dengan bahasa pemrograman C, C++ dan Perl. Pada Python, Class dapat kita gunakan secara luas yang berada di library, sangat mendukung penanganan dan pengecualian terstruktur, fitur pengembanganya tersedia pada Add-On, dan sangat mendukung Framework GUI. Sedangkan PHP hanya memiliki SPL yang berbasis Class, tidak menggunakan pengecualian untuk menampilkan error dan tipe pengembangannya hanya built-in.

Python vs Ruby

Jika dibandingkan dengan Ruby, bahasa pemrograman Python memiliki banyak sekali struktur data, fungsi internal, penanganan namespace yang baik, menggunakan module dan iterator, mendukung inheritance, dalam penutupan scope hanya menggunakan baris atau space kosong, serta dapat digunakan untuk pemrograman akademis dan ilmiah. Sedangkan Ruby tidak mendukung inheritance, penutupnya membutuhkan "end" atau "}", hanya sering digunakan dalam Web Development dan Pemrograman Fungsional.

Python vs C++

Kode pada bahasa pemrograman Python lebih pendek dari bahasa pemrograman lain seperti C atau C++ dan Python adalah bahasa pemrograman yang dapat ditulis secara dinamis sedangkan C++ hanya dapat ditulis secara statis.

Python vs JavaScript

Perbedaan yang sangat mencolok adalah Python adalah bahasa pemrograman Server Side dan menggunakan indentation serta whitespace untuk menampilkan block kode. Sedangkan JavaScript adalah bahasa pemrograman Client Side dan menggunakan tanda buka kurung "{" dan tutup kurung "}" untuk menampilkan block kode.

Ditulis oleh: Yasya El Hakim

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya