Ads by Yasya El Hakim
Perbedaan Antara Front-End, Back-End, dan Full Stack Web Development

Web Developer adalah seorang programmer yang menguasai teknik pengembangan (Development) dari web. Terdapat tiga tipe utama dari seorang Web Developer antara lain seseorang yang bekerja di bagian Front-End, Back-End, dan Full-Stack.

Penasaran dengan ketiga tipe tersebut? Mari kita bahas secara singkat dan padat di artikel ini.



Apa itu Front-End?

Istilah "Front-End" sangat tertuju dengan apa yang kalian lihat pada suatu website (dengan kata lain dapat disebut dengan istilah client-side). Artinya, Front-End Developer bertanggungjawab bagi segala hal yang dapat di lihat oleh pengguna. Mulai dari jenis font, warna, menu, slider, dan lain-lain.

UI (User Interface) Developer juga biasanya bekerja pada client-side dan juga menggunakan HTML, CSS, JavaScript, serta teknologi client-side lainnya. Tetapi, lebih sedikit bekerja pada bahasa scripting seperti JavaScript dan banyak bekerja dengan HTML dan CSS. Tujuan atau hal utama yang di fokuskan oleh UI Developer adalah untuk membuat bagaimana tampilan web itu terlihat.

Keahlian atau skill yang dibutuhkan untuk menguasai Front-End antara lain: JavaScript, HTML/HTML5, CSS/CSS3, jQuery, Ajax, UI (User Interfaces), UX (User Experience), JavaScript Framework seperti Angular, React, Vue, Ember, Meteor, dan lain sebagainya.

Apa itu Back-End?

Jika Front-End adalah tentang segala hal yang dapat dilihat oleh pengguna secara langsung, maka Back-End adalah suatu hal yang sangat tertuju pada aplikasi yang berjalan dan hidup di server (dengan kata lain dapat disebut dengan istilah server-side). Back-End dari suatu website terdiri dari Server, Aplikasi, dan Database.

Biasanya, Back-End Developer bekerja sama dengan Front-End Developer guna membuat kode yang dibuat oleh Front-End Developer dapat sinkron dengan tampilan website.

Keahlian atau skill yang dibutuhkan untuk menguasai Back-End antara lain: JavaScript, HTML, CSS, jQuery, SQL, Java, Linux, Python, Ruby, PHP, dll.

Apa itu Full-Stack?

Full Stack Development merupakan kombinasi dari Front-End dan Back-End. Disini, arti kata "Stack" dapat diartikan sebagai layer atau lapisan/gabungan.

Seorang Full-Stack Web Developer telah menguasai semua layer dari Web Development yang pekerjaannya meliputi server, hosting, struktur data atau modeling, user interface, user experience, dll.

Keahlian atau skill yang dibutuhkan untuk menguasai Full-Stack antara lain segala hal yang mencakup tentang Front-End dan Back-End seperti: JavaScript, HTML/HTML5, CSS/CSS3, JQuery, PHP, SQL, Java, Ajax, Linux, Python, Ruby, UI (User interface), dll.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya