Ads by Yasya El Hakim
Panduan dan Spesifikasi JavaScript

Artikel ini merupakan sebuah tutorial yang dapat membantu kalian dalam mempelajari JavaScript secara bertahap. Begitu kalian sudah terbiasa dengan dasar-dasar JavaScript, maka kalian pasti akan membutuhkan beberapa sumber lain.


Spesifikasi JavaScript

ECMA-262 berisi informasi tentang JavaScript yang paling tajam dan sangat detail dalam menjelaskan rincian tentang JavaScript.

Karena penggunaan bahasa yang ada di ECMA-262 terlihat formal, mungkin awalnya kalian akan sulit untuk memahaminya. Jadi, jika kalian membutuhkan sumber informasi paling tepercaya tentang perincian dan spesifikasi JavaScript, ECMA-262 adalah tempat yang tepat bagi kalian.

Setiap tahunya terdapat versi spesifikasi baru yang dirilis. Kalian dapat melihatnya di https://tc39.es/ecma262/.

Untuk melihat tentang fitur baru yang lebih canggih yang disebut dengan Stage 3, kalian dapat melihat proposalnya di https://github.com/tc39/proposals.

Jika kalian sedang mengembangkan JavaScript untuk Browser, maka terdapat spesifikasi lain yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Panduan JavaScript

  • Referensi JavaScript yang ada di MDN (Mozilla) adalah panduan yang memiliki contoh dan informasi penting lainnya. MDN Sangat cocok bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi mendalam tentang fungsi, metode, dll.

    Kalian dapat melihat website MDN di https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/JavaScript/Reference.
  • MSDN adalah panduan dari Microsoft yang memiliki banyak informasi, termasuk JavaScript (sering juga disebut dengan JScript). Kalian dapat mengunjungi MDSN di: http://msdn.microsoft.com/.

Kompabilitas

JavaScript adalah bahasa yang berkembang dan dikembangkan. Artinya, pasti terdapat fitur baru yang ditambahkan secara rutin.

Untuk melihat dukungan JavaScript pada setiap jenis Browser dan Engine lannya, kalian dapat melihatnya di:

Semua sumber diatas sangat berguna dalam proses pengembangan karena mengandung informasi penting tentang rincian bahasa, dukungan, dll.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya