Ads by Yasya El Hakim
Membahas dan Mengenal Dasar dari Repository pada Git

Setiap kali kita ingin membuat suatu project, kita harus menyimpan semua file nya kedalam repository. Jadi, mari kita mulai dengan membuat repository pertama. Disini, saya menyarankan agar kalian bekerja serta menggunakan path yang terpisah.



Membuat Repository pada Git

Untuk membuat sebuah repository, kalian dapat menggunakan perintah git init. Berikut adalah contohnya:

git init repository_pertamaku

 Membuat Repository pada Git

Setelah menggunakan perintah diatas, kalian akan mendapatkan pesan "Initialized empty Git repository in.." dan lokasi dari folder repository. Untuk mengeceknya, kalian dapat memasukkan perintah ls. Setelah itu masukkan perintah berikut:

cd repository_pertamaku


Kemudian cek isi dari folder repository_pertamaku dengan menggunakan perintah berikut:

ls

Git ls cd

Tentu saja kalian tidak akan melihat apapun di dalamnya. Ingatlah, pada bagian sebelumnya, kita telah membahas file yang tersembunyi (Hidden). Untuk mengecek file yang tersembunyi, gunakanlah perintah berikut:

ls -a

Git ls -a

Folder .git adalah repository local dan dapat menyimpan semua history dan informasi version control.

Menginisialisasi Repository pada Git

Bagaimana jika kalian sudah bekerja dengan project yang telah kalian buat tetapi belum menginisialisasikannya kedalam git repository. Jangan khawatir dan tenang saja. Silahkan masuk kedalam folder repository dan masukkan perintah git init tanpa nama dari repository.

menginisialisasikannya kedalam git repository

Git akan mengasumsikan bahwa kalian harus membuat sebuah repository untuk project yang ada di dalam folder tersebut. Jika kalian memasukkan perintah ls, kalian akan melihat folder git yang merupakan hasil dari project kalian.

Mengubah Nama Repository pada Git

Nama dari repository yang kalian buat tidaklah sepenting direktori .git. Kalian dapat mengubah nama repository dengan menggunakan perintah mv. Berikut adalah contohnya:

mv repository_pertamaku project_ku

 Mengubah Nama Repository pada Git

Menghapus Repository pada Git

Menghapus sebuah repository juga sangatlah mudah tapi sangat mematikan. Pikir dua kali ketika kalian ingin mengambil tindakan ini. Jika kalian sudah yakin untuk menghapus repository, kalian dapat menghapus direktori .git atau dengan menggunakan perintah berikut:

rm -r project_ku/.git

 Menghapus Repository pada Git

Selesai, mudah bukan? Mungkin untuk pengenalan tentang repository hanya cukup sampai disini saja. Selanjutnya, kalian akan mempelajari tentang commit. Jadi, selalu pantau artikel dan tutorial di EL Creative Academy ya.

Jika kalian memiliki beberapa pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya